tips belajar bahasa inggris
Tips Belajar Bahasa Inggris Melalui Film
15 Mei 2019
5 Pemain Film Ternama ini Lulusan Edith Cowan University!
16 Mei 2019

Jurusan Ilmu Kelautan University of Southampton

marine sciences

Sumber: University of Southampton

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki 17.499 pulau dari Sabang sampai Merauke. Luas total wilayah Indonesia adalah 7,81 juta km2 yang terdiri dari 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 lautan, dan 2,55 juta km2 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Angka tersebut mengukuhkan bahwa Indonesia merupakan Negara Maritim dengan wilayah lautan yang lebih luas daripada daratan. Luasnya wilayah laut tersebut juga diiringi dengan kekayaan bahari yang berlimpah baik berupa binatang, tumbuhan maupun terumbu karang.

marine sciences

Sumber: istock

Untuk mengelola semua kekayaan laut tersebut dibutuhkan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang ilmu kelautan. Tenaga ahli tersebut dihasilkan melalui pendidikan dalam bidang-bidang kelautan yang lebih spesifik, seperti jurusan Biologi Kelautan dan Oseanografi. Kedua jurusan tersebut memiliki fokus yang berbeda meskipun sama-sama merupakan bidang dalam ilmu kelautan.

University of Southampton bisa kamu jadikan pilihan jika kamu tertarik untuk mengambil studi bidang ilmu kelautan di luar negeri, tepatnya di United Kingdom. Ada beberapa program gelar yang ditawarkan untuk kedua jurusan tersebut dalam tingkat sarjana maupun magister. Mengambil program gelar ilmu kelautan di University of Southampton berarti belajar di salah satu Departemen Ilmu Kelautan peringkat tertinggi di Inggris (REF 2014) dengan National Oceanography Centre Southampton (NOCS) yang terkemuka di dunia.

marine sciences

Sumber: University of Southampton

Jurusan Biologi Kelautan atau Marine Biology di University of Southampton merupakan studi untuk memahami pola keanekaragaman hayati dan mengukur perubahan dalam ekosistem laut. Hal tersebut dilakukan dengan mempelajari bagaimana organisme berinteraksi dengan lingkungannya dan merespons perubahan. Beberapa program gelar di jurusan Marine Biologi di University of Southampton yaitu:

1. MSci Biology and Marine Biology
2. MSci Marine Biology
3. BSc Marine Biology with Oceanography
4. MSci Marine Biology with study abroad
5. Foundation Year in Science
6. BSc Biology and Marine Biology
7. BSc Marine Biology
8. MSci Marine Biology with Oceanography

marine sciences

Sumber: University of Southampton

Sementara itu, Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari proses fisik, kimia, geologi, dan biologi di dalam samudera. Hal-hal yang dipelajari pada jurusan Oceanography di University of Southampton antara lain bagaimana memprediksi gelombang badai atau gelombang pasang yang mengancam wilayah pesisir, mempelajari proses yang menyebabkan erosi pantai, menilai bagaimana rekayasa lepas pantai mempengaruhi lingkungan dan mengelola perikanan untuk keberlanjutan jangka panjang. Program gelar yang bisa kamu pilih yaitu:

1. MSci Marine Biology with Oceanography
2. BSc Marine Biology with Oceanography
3. MSci Oceanography
4. BSc Oceanography (single honours)
5. MSci Oceanography with French
6. BSc Oceanography with Physical Geography
7. MSci Oceanography with study abroad

Keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mengambil bidang ilmu kelautan di University of Southampton adalah keseimbangan teori dan praktik. Universitas ini memiliki perpustakaan ilmu kelautan terbesar di Eropa yang tentunya akan mempermudah siswa dalam mencari referensi studi. Tersedia pula fasilitas studi praktik yang mumpuni sehingga setiap siswa memiliki pengalaman dan keterlibatan langsung dengan apa yang dipelajari.

marine sciences

Sumber: University of Southampton

Informasi lebih lanjut mengenai masing-masing program jurusan Marine Biology dan Oceanography University of Southampton dapat kamu temukan di bagian Course Finder aplikasi ini. Kamu bisa mencari tahu mulai dari biaya kuliah, durasi, hingga persyaratan masuk. Kamu juga dapat membandingkan hingga tiga program gelar dan memutuskan program mana yang terbaik untukmu.

Comments are closed.