Horologi: Uniknya Belajar Seni dan Ilmu Penunjuk Waktu
12 Juni 2019
Deretan Fakta Ini Membuktikan Keunggulan Selandia Baru Sebagai Destinasi Studi
13 Juni 2019

User Experience Design dan Persaingan Bisnis di Era Digital

user experience

sumber: istock

Dalam dunia pengembangan teknologi informasi, kita sering mendengar istilah user experience (UX) atau yang biasa disebut ‘pengalaman pengguna’ dalam bahasa Indonesia. Secara sederhana, user experience adalah bagaimana pengalaman pengguna dalam mengakses suatu web atau aplikasi sebagai produk digital. Beberapa komponen yang diperhatikan dalam hal tersebut antara lain adalah kemudahan akses fitur, proses transaksi, hingga tampilan web atau aplikasi itu sendiri.

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, keinginan pengguna akan pengalaman menggunakan produk digital juga semakin kompleks. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para perancang pengalaman pengguna atau yang biasa disebut sebagai UX designer. Untuk memenuhi kebutuhan akan inovasi di bidang tersebut, saat ini mulai bermunculan program studi spesifik baik dalam bentuk program gelar, maupun program seritifikasi.

user experience

Sumber: istock

Salah satu program sertifikasi di bidang ini adalah User Experience (UX) Design Programme yang tersedia di Humber College School of Media Studies, Kanada. Jika kamu lulusan sarjana dan tertarik dalam pengembangan teknologi informasi, program sertifikasi berdurasi dua semester ini layak untuk kamu pertimbangkan. Ada banyak profesi yang sesuai untukmu jika bersertifikasi dalam bidang ini, antara lain adalah UX designer, UX researcher, content strategist, dan communication designer.

Program sertifikasi User Experience (UX) Design di Humber College adalah program yang menyimulasikan pendekatan multidisiplin yang dibutuhkan untuk berinovasi dengan fokus pada kebutuhan desain, kelayakan teknologi, serta kelayakan bisnis. Program ini akan mempersiapkan kamu untuk berinovasi dengan menemukan, memahami dan memecahkan masalah melalui pengalaman desain dan pembuatan prototipe. Kamu juga akan diarahkan untuk membuat program yang berdasarkan pada standar industri dan keinginan publik, serta sesuai dengan strategi perusahaan.

Bidang ini akan selalu membutuhkan penyesuaian serta inovasi, program sertifikasi User Experience Design di Humber College ini akan mempersiapkan kamu untuk menghadapi hal tersebut. Selain itu, perpaduan antara pemahaman konsep serta kerja praktek akan meningkatkan keterampilanmu sebagai seorang UX designer. Pada bagian akhir program ini kamu juga akan memiliki sebuah portofolio yang akan mendukung karir profesionalmu.

user experience

Sumber: istock

Sebagaimana kita ketahui, dalam persaingan bisnis di era digital terutama dengan maraknya e-commerce, pelaku bisnis berlomba-lomba memberikan pengalaman pengguna yang berkesan guna menarik serta mempertahankan loyalitas pelanggan. Survei mengenai pentingnya pengalaman pengguna ini telah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis digital. Mereka berkesimpulan bahwa pengalaman pengguna berpengaruh terhadap jumlah akses bahkan jumlah penjualan yang dilakukan melalui web atau aplikasi. Hal tersebut membuktikan bahwa pengalaman pengguna yang baik akan memberikan kesan positif yang penting bagi strategi marketing dan branding suatu perusahaan.

Info mengenai persyaratan hingga biaya program sertifikasi User Experience (UX) Design di Humber College dapat kamu temukan di bagian Study Guide > Countries > Kanada > Humber College > User Experience (UX) Design pada aplikasi ini. Kamu juga dapat secara langsung menghubungi konselor di cabang SUN Education terdekat.

Comments are closed.