macam macam visa
Mau Keluar Negeri? Kenali Dulu Macam-macam Visa Berikut
20 November 2020
cara mendaftar kuliah di Inggris
Sudah Tahu Cara Mendaftar Kuliah di Inggris Belum?
22 November 2020

‘2020 still on Hi-Tech!’: Universitas Luar Negeri dengan Computer Science Terbaik

Sumber: Unsplash

Menorehkan pengalaman studi di luar negeri? Hmm.. salah satu pilihan besar dan merupakan target serta impian banyak pelajar di seluruh dunia! Sudah bukan rahasia lagi bahwa berkuliah di universitas luar negeri memberikan berbagai macam manfaat. Kamu bisa mendapatkan pendidikan berkualitas dunia, menambah teman baru dan networking, hingga mengeksplorasi banyak hal. Beberapa bidang studi yang menjadi pilihan tak luput reputasi kualitas tinggi dan popularitas yang ada di luar sana. Mulai dari Law, Business, Medicine, hingga Computer Sciencesalah satunya!

Sumber: Unsplash

Quick fact, hampir seluruh industri dan individu di seluruh dunia mengandalkan komputer dan IT dalam kehidupan sehari-hari mereka. Bidang Computer Science pun menjadi esensial dan perannya dibutuhkan dimana saja. Computer Science adalah bidang studi yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware), maupun perangkat lunak (software). Saat berkuliah nanti, kamu akan belajar banyak hal. Mulai dari yang berkaitan dengan komputer, analisa abstrak algoritma, hingga pemrograman.

Mempelajari Computer Science di luar negeri gak hanya sekadar belajar saja. Kamu bisa melihat permukaan yang lebih luas dan memahami isi yang lebih dalam. Kamu akan memahami bagaimana komputer digunakan di berbagai belahan dunia serta bagaimana teknologi mempengaruhi budaya yang berbeda. Apalagi, universitas luar negeri dengan program studi Computer Science punya kualitas serta fasilitas yang gak main-main!

Sumber: Unsplash

Mereka punya akreditasi program yang terjamin karena telah terbukti dari sisi pembelajaran dan pengajaran yang sangat baik. Belum lagi, kamu yang menempuh program ini pasti membutuhkan peralatan, media, serta tempat belajar yang lengkap dan hi-tech kan? The great thing is, they got it all for you! Kamu bisa melihat deretan universitas luar negeri dengan Computer Science terbaik berikut ini. Siapa tahu, salah satunya bisa menjadi referensi kamu dalam menempuh pendidikan terbaik di bidang inovatif tersebut!

University of Waterloo

University of Waterloo adalah salah satu sekolah terbaik di dunia untuk Computer Science. Bisa dibilang mereka adalah pusatnya world-changing research dan pengajaran berkualitas. Cheriton School of Computer Science menawarkan lebih dari 70 courses yang menantang dan mengajarkan ilmu komputer teoritis serta teknik pemrograman praktis. Selain itu, sekolah ini terkenal di industrinya dan lulusannya sangat dihormati. 

Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari ruang kelas elektronik, Center for Teaching Excellence (CTE), IST Computer Help and Information Place (CHIP), dan Perpustakaan. Waterloo bahkan memiliki beberapa pendukung Computer Science terbesar di negaranya. Mereka menjalankan kompetisi Computer Science terbesar untuk siswa sekolah menengah di Kanada.

University of Sydney

University of Sydney. Sumber: IT Design

Jurusan Computer Science di University of Sydney mencakup konsep utama komputasi dan memiliki penelitian yang berfokus dalam menemukan solusi tantangan terbesar masyarakat. Kegiatan penelitian dan pengajaran mereka berfokus pada Artificial Intelligence dan pembelajaran mesin, algoritma dan visualisasi, informatika kesehatan, teknologi yang berpusat pada manusia, hingga platform dan keamanan jaringan. Nantinya kamu akan mempelajari prinsip dan teknik yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas secara efisien dengan komputasi dan bagaimana mengekspresikan solusi tersebut dalam perangkat lunak. Gedung USYD melengkapi siswa dengan fasilitas canggih termasuk akses ke superkomputer Dell EMC Artemis 3.

Duke University

Duke adalah universitas Kristen swasta elit yang berlokasi di Durham, North Carolina di Raleigh Area dan terkenal dengan program Computer Science nya. Computer Science Department di Duke merupakan leader internasional dalam penelitian dan pendidikan. 

Kamu bisa menempuh studi ilmu komputer yang komprehensif, berkesempatan terlibat dalam penelitian mutakhir, dan membangun fondasi yang kuat untuk studi masa depan maupun bekerja di berbagai bidang. Duke juga memberikan keunggulan lain dimana kamu bisa berpartisipasi dalam Hackathons yang dikelola siswa, seperti HackDuke, atau Kompetisi Pemrograman Perguruan Tinggi Internasionaldi mana Duke sendiri telah maju di World Final dalam sembilan dari 13 tahun terakhir.

King’s College London

Sumber: King’s College London

Computer Science di King’s akan membimbingmu dalam mengembangkan pemahaman serta keahlian di berbagai disiplin ilmu komputasi dan teknologi, hingga mengembangkan spesialisasi untuk menerapkan keahlian komputasi pada konteks industri dan komersial. Terletak di pusat kota London, fasilitas programnya memberikan akses ke perpustakaan utama dan perkumpulan ilmiah terkemuka, termasuk BCS Chartered Institute for IT, dan Institution of Engineering and Technology (IET). King’s juga memiliki reputasi yang patut ditiru dalam menghasilkan lulusan teknologi berkualitas tinggi! Sudah banyak alumni yang mengembangkan karir sukses di berbagai sektor termasuk perbankan dan keuangan, dirgantara, fintech dan pengembangan perangkat lunak serta robotika.

Monash University

Monash University merupakan universitas terbesar di Australia dan anggota dari Group of Eight yang bergengsi. Sebelum menjalani dunia karir Computer Science, Fakultas IT terkemuka Australia yang ada di Monash University ini bisa menjadi awal dari perjalanan kamu. Kamu akan belajar untuk berpikir kreatif dan analitis, lulus dengan keterampilan merancang algoritma (instruksi untuk komputer) dan struktur data (penyimpanan informasi), membuat perangkat lunak, hingga spesialisasi di bidang Advanced Computer Science, Data Science.

The University of Auckland

Sumber: Freepik

Universitas luar negeri terbaik tentu ada hingga Selandia Barumalah negara ini memang menjadi salah satu dengan pendidikan berkualitas di dunia! Mengambil program Computer Science di University of Auckland akan memberikanmu studi tentang komputer serta konsepnya: sistem, desain, pengembangan, dan penggunaannya. 

The School of Computer Science Auckland memiliki staf dengan penelitian yang sangat aktif serta hubungan nasional dan internasional yang sangat baik. Beberapa organisasi yang menjalin kerja sama dengan universitas seperti Cyber Security Foundry, Centre for Discrete Mathematics dan Theoretical Computer Science.

The University of Manchester

The University of Manchester adalah universitas bergengsi asal Inggris dan anggota dari Russell Group. Universitas in berada pada garis depan penelitian mutakhir dalam bidang sains dan teknik. Mereka bahkan memegang peran utama dalam perkembangan dan evolusi komputasi. As a quick fact, program komputer tersimpan pertama di dunia dikembangkan di sini pada tahun 1948!

Dalam program Computer Science Manchester, kamu akan dibekali dengan keterampilan di laboratorium kerja kolaboratif, keterampilan penting saat di dunia industri nanti, dan menikmati pendekatan langsung dengan menggunakan berbagai peralatan dan fasilitas spesialis yang hi-tech!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.