BELANDA

Kualitas pendidikan tinggi di Belanda tidak perlu diragukan karena adanya sistem kontrol kualitas nasional dan kode etik yang harus ditandatangani universitas, banyak universitas riset di Belanda yang selalu masuk ke berbagai ranking universitas terbaik di dunia.

INFO PENDIDIKAN DI BELANDA

  • Orang Belanda adalah wirausahawan dan penemu dan negara ini menjadi tempat lahirnya para pemenang hadiah Nobel, filsuf, dan seniman, serta ilmuwan.
  • Pendidikan tinggi di Belanda memiliki reputasi di seluruh dunia berkat kualitasnya yang tinggi.
  • Biaya hidup terjangkau jika dibandingkan dengan negara berbahasa Inggris lainnya. Biaya pendidikan juga relatif terjangkau.
  • Bahasa Belanda sudah banyak diserap dalam bahasa Indonesia. Makanan Indonesia pun mudah didapatkan di negara tulip ini.

Pengeluaran harian mencakup makanan, transportasi umum, buku, biaya akomodasi, dan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara dan pelajar internasional di Belanda. Umumnya pelajar menghabiskan sekitar EUR 800 hingga EUR 1.100 sebulan. Ada baiknya pelajar menggunakan keuntungan diskon pelajar untuk pembelian tiket bioskop, makanan di bar dan restoran, serta tiket masuk museum yang sebagian besar meminta bukti berupa kartu pelajar dari lembaga tempat Anda belajar.

  1. Visa Pelajar & Asuransi Kesehatan

Pelajar akan membutuhkan visa masuk (MVV) ditambah izin tinggal (VVR) institusi di Belanda. Nantinya, pelajar perlu mengumpulkan visa di Kedutaan Besar Belanda atau Konsulat terdekat. Izin tinggal berlaku untuk durasi program studi Anda, asalkan Anda mendapatkan 50% dari kredit studi Anda setiap tahun. Setelah memiliki visa VVR, Anda bebas untuk melakukan perjalanan dari Belanda ke negara Schengen lainnya untuk maksimal 90 hari dalam jangka waktu 180 hari.

Pemerintah Belanda memberikan kesempatan bekerja bagi para pelajar yang telah menyelesaikan program studi S-1 atau S-2. Syaratnya adalah dengan mengajukan Zoekjaar Permit / Search Year Permit yaitu izin masa orientasi yang berlaku selama satu (1) tahun di mana pelajar dapat bekerja tanpa surat izin kerja. Masa orientasi ini dapat diubah menjadi izin tinggal bagi pendatang berketerampilan tinggi / Residence Permit for Highly Skilled Migrants.

  1. Akomodasi

Belanda tidak memiliki tradisi akomodasi di dalam kampus. Sebagian besar pelajar tinggal di dalam atau di dekat kota tempat universitas mereka berada. Rata-rata biaya kamar di Belanda sekitar EUR 300 hingga EUR 600 per bulan. Akomodasi di kota besar seperti Amsterdam biasanya lebih mahal dibanding di kota-kota kecil.

  1. Kerja Sambilan

Jika program studi mengharuskan Anda melakukan internship atau magang, maka Anda tidak membutuhkan izin bekerja. Jika berencana bekerja di luar, maka Anda harus mengajukan izin kerja yang dibatasi maksimal sepuluh (10) jam seminggu dan penuh waktu selama musim panas yaitu Juni, Juli, dan Agustus.

Perlu diketahui bahwa segera setelah mendapatkan pekerjaan, Anda wajib mengambil asuransi kesehatan dasar Belanda. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan ini, Anda berisiko terkena denda dalam jumlah besar.

Dengan lebih dari 1.700 program, kursus, dan pendidikan tinggi, Belanda merupakan negara pertama di Eropa (di luar UK) yang menawarkan program pendidikan berbahasa Inggris pertama dan terbesar di Eropa.

Pada tahun 2014, ada 12 universitas di Belanda yang masuk ke dalam 200 Perguruan Tinggi Teratas dalam Times Higher Education World Ranking University Rankings.

Saat ini di Belanda terdapat sekitar 81.700 pelajar internasional dengan setengahnya berasal dari negara-negara European Union, disusul oleh China dan negara lainnya. Bidang studi populer yang banyak diambil oleh pelajar internasional baik Universitas Riset ataupun Universitas Ilmu Terapan adalah Economics, Business & Finance, Engineering, Social Studies, dan Language & Culture.

Sistem Biner

Pendidikan tinggi di Belanda memiliki sistem biner yang berarti Anda dapat memilih dua (2) jenis pendidikan :

  • Pendidikan berorientasi pendidikan yang ditawarkan oleh universitas riset;
  • Pendidikan profesional tinggi yang ditawarkan oleh universitas ilmu terapan.

Banyak pelajar yang melakukan internship atau magang sebagai bagian dari program studi mereka. Sebagai pelajar asing, jika Anda berminat, Anda juga dapat melakukan program ini.

LOKASI BELANDA

Country Netherlands map

Netherlands atau Belanda terdiri atas negara Belanda serta enam (6) kepulauan Aruba dan Netherlands Antilles di Laut Karibia. Nama resmi negara ini adalah Nederland yang berarti ‘negara yang berada di tanah rendah’, karena sebagian besar tanahnya berada di bawah ketinggian permukaan laut.

Belanda terletak di persimpangan bertemunya budaya Jerman, Inggris, dan Perancis. Negara kecil ini memiliki 12 provinsi dengan luas wilayah 41.543 km2 (sebanding dengan luas Jakarta plus Yogyakarta) dengan populasi penduduk 16 juta jiwa. Ibu kota Belanda adalah Amsterdam, dengan kota pemerintahan dan tempat tinggal Ratu / Raja di Den Haag.

IKLIM BELANDA

Belanda memiliki empat (4) musim yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Musim dingin hingga bersalju di bawah 00C biasanya terjadi antara bulan Desember- Februari. Sedangkan Maret-Mei biasanya merupakan musim semi (bulan Maret-Mei), dimana bunga-bunga tulip yang indah sedang bermekaran. Musim panas biasanya terjadi di bulan Juni – September, dan di mana temperatur paling panas dapat mencapai 300C. Musim gugur biasanya terjadi di bulan Oktober – November disertai dengan angin dan hujan.

ZONA WAKTU BELANDA

Pada musim panas, Belanda menggunakan Daylight Saving Time GMT +1 atau enam (6) jam lebih awal daripada waktu Indonesia. Di luar itu, perbedaan waktunya adalah Belanda lima (5) jam lebih awal daripada waktu Indonesia.

MASYARAKAT BELANDA

Masyarakat Belanda kini menjadi tempat asal bagi lebih dari 190 bangsa yang berbeda. Hubungan yang unik dengan Indonesia tidak dipungkiri membawa asimilasi bagi kedua negara ini. Di Belanda sendiri populasi orang Indonesia yang menetap di sana adalah nomor dua (2) setelah populasi Uni Eropa. Walaupun Belanda menjadi bahasa nasional, bahasa asing seperti Inggris, Jerman, dan Perancis juga sering digunakan.

TRANSPORTASI DI BELANDA

Luas negaranya yang kecil membuat sistem transportasinya sangat efisien sangat dan sangat baik seperti kereta api, bis, tram, dan metro. Tiket bus biayanya sekitar EUR 1,60 untuk sekali perjalanan dalam kota. Anda dapat membeli kartu diskon sebesar 40% untuk tiket kereta api yang dapat dipakai di luar jam sibuk. Dengan kereta api, anda dengan mudah dapat bepergian hampir ke semua kota di Belanda, termasuk ke negara Jerman, Belgia, dan Perancis. Untuk mendapatkan informasi perjalanan menggunakan transportasi umum, termasuk petunjuk arah perjalanan, website www.9292.nl sangat mudah untuk dimengerti dan digunakan

Jika ingin berhemat, anda bisa mencoba menggunakan sepeda di jalur khusus sepeda. Sebagian besar orang Belanda, apa pun profesi atau status mereka, memiliki sepeda. Belilah sepeda bekas untuk menghemat uang dan pastikan untuk membeli satu kunci yang kuat.

PEMERINTAHAN DI BELANDA

Politik di Belanda berada di bawah pemerintahan demokrasi perwakilan parlementer, monarki konstitusional, dan negara kesatuan yang terdesentralisasi. Belanda digambarkan sebagai negara consociational yang identik dengan pembagian kekuasaan, meskipun secara teknis hanya satu bentuk pembagian kekuasaan.

TUJUAN WISATA DI BELANDA
  1. Museum Van Gogh

Seperti namanya, museum ini merupakan tempat koleksi lukisan-lukisan seorang pelukis ternama Belanda, Vincent van Gogh (1853-1890) yang merupakan seniman ternama kelahiran kota Zundert. Museum ini memiliki lebih dari 200 lukisan, mulai dari awal karirnya hingga mahakaryanya yang bernilai ratusan juta rupiah.

  1. The Venice of Holland

Belanda ternyata juga memiliki Venesia-nya sendiri yang sering disebut “Venice of the North” atau “The Venice of Holland” – sungai bersih nan indah dengan kapal kayu kecil dan rumah-rumah beratap jerami sepanjang kanal yang berada di Giethoorn, sebuah desa di provinsi Overijssel.

  1. Kinderdijk

Salah satu ikon Belanda adalah kincir angin. Kinderdijk merupakan desa di daerah provinsi Zuid-Holland (Belanda Selatan) yang memiliki paling banyak kincir angin. Kincir angin ini awalnya dibangun untuk memindahkan air sungai yang meluap agar daratan tetap kering.

FAKTA MENARIK MENGENAI BELANDA
  • Banyak bahasa Belanda yang diserap ke bahasa Indonesia seperti gratis, tas, kantoor untuk kantor, docent untuk dosen, dan lainnya.
  • Bandara Internasional Schiphol terletak 6,5 meter di bawah permukaan laut.
Chat di WhatsApp