Belajar Sports Science di University of Central Lancashire
10 Juli 2015
Urban Planning University of Sheffield: Seni Tata Kota
10 Juli 2015

Civil & Coastal Engineering in Plymouth University

Mulai dari menyediakan pasokan air bersih hingga perlindungan terhadap badai dan banjir, civil and coastal engineering mempersiapkan siswa untuk karir yang dapat membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Jurusan ini akan membantu siswa dalam merancang dan menghasilkan solusi berkelanjutan untuk hal-hal mulai dari perubahan iklim hingga menjaga pertahanan pantai.

Figure 1. Coastal Tank di Plymouth. Sumber foto: Edesign

Figure 1. Coastal Tank di Plymouth. Sumber foto: Edesign

Selain itu, terjadinya erosi pantai akibat badai besar, kenaikan permukaan laut, polusi muara sungai, dan tingginya biaya pembangunan dan pemeliharaan saluran navigasi dan pelabuhan membuat permintaan untuk lulusan jurusan coastal engineering menguat.


Coastal engineering adalah cabang dari teknik sipil berkaitan dengan pembangunan di kawasan pesisir, serta pengembangan pantai.  Bidang ini meliputi aspek oseanografi tepi pantai, geologi laut, dan teknik sipil. Tidak banyak universitas yang menawarkan program yang unik ini. Salah satu universitas terkenal yang menawarkan jurusan ini adalah Plymouth University di UK.


Figure 2. Restorasi pantai. Sumber foto: CoastalEngineering

Figure 2. Restorasi pantai. Sumber foto: CoastalEngineering

Jurusan ini sudah diakreditasi oleh lembaga profesional Engineering Council termasuk Institution of Civil Engineers ( ICE) dan Institution of Structural Engineers (IStructE). Jurusan civil engineering Plymouth University ini menempati peringkat ke-32 di UK dengan tingkat kepuasan siswa yang cukup tinggi dengan skor 4,17.


Hal yang unik dari jurusan ini adalah siswa bisa memilih untuk mengambil kualifikasi menyelam profesional sebagai bagian dari program ini yang memungkinkan siswa bekerja secara profesional di bawah air. Jika tertarik, siswa bisa memilih untuk mengikuti program magang berbayar selama setahun untuk menambah pengalaman bekerja. Dengan mempelajari coastal engineering, siswa dapat mengembangkan keahlian di bidang teknik survei, geoteknik, hidrolika, manajemen, dan analisis struktural.

Figure 3. Kampus University of Plymouth. Sumber foto: Plymouth

Figure 3. Kampus University of Plymouth. Sumber foto: Plymouth

Salah satu lulusan jurusan ini, Clifford Phang, kini bekerja sebagai Assistant Coastal Engineer untuk URS Infrastructure & Environment UK Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan desain dan konstruksi internasional. Pelajaran yang diterimanya selama kuliah memberinya pengetahuan dan keterampilan yang bisa langsung diaplikasikan dalam pekerjaannya saat ini. Hal yang senada juga diungkapkan oleh Ben Rumble yang bekerja sebagai Project Engineer di Babcock International Group. Semua pengetahuan dan kemampuan yang diperolehnya dari perkuliahan sangat berguna dalam pekerjaannya.

Tertarik? Kunjungi website Plymouth University untuk informasi lebih lanjut mengenai jurusan civil and coastal engineering yang tersedia. Untuk bantuan dalam mendaftar untuk belajar ke luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat.

 

Tinggalkan Balasan