Amerika Serikat


Country USA

Amerika Serikat (USA) adalah negara yang luas dan kompleks, yang terdiri dari 50 negara bagian (states) ditambah dengan kota Washington, DC – ibukota negara – yang semuanya memiliki identitas regional yang berbeda. Negara Paman Sam (Uncle Sam) ini menjadi rumah bagi berbagai etnis yaitu mayoritas adalah etnis Eropa, lalu etnis Meksiko, Latin, Afrika, Cina, India dan lain sebagainya.  Walaupun ditempati oleh berbagai orang dari suku yang berbeda, mereka tetap memiliki budaya Amerika (American Culture) tersendiri; yang dapat Anda alami ketika tinggal di Amerika Serikat.

  • Amerika Serikat adalah negara adikuasa yang berteknologi canggih dan up-to-date.
  • Masyarakat dan budaya Amerika Serikat yang bersifat multi budaya.
  • Mutu pendidikan yang tinggi dan mempunyai standar internasional. Menurut Times Higher Education 2016, sekitar 50% dari universitas ranking 100 besar di dunia berasal dari Amerika Serikat.
  • Lingkungan tinggal dan belajar yang nyaman dan aman.
  • Biaya studi yang sangat kompetitif.
  • Ijin bekerja part time 20 jam per minggu saat sekolah dan full-time40 jam saat liburan sekolah.
  • Kesempatan untuk OPT (magang), bekerja full-timesampai dengan dua belas hingga tujuh belas bulan di Amerika Serikat setelah kelulusan (tergantung dari jurusan yang diambil).
  • Sebuah negara yang sangat modern dan memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan indah.

*Partner List Updated by 24 April 2017>/em>

ACADEMY OF ART UNIVERSITY NAVITAS @UNIVERSITY OF MASSACHUSETTS LOWELL
ADELPHI UNIVERSITY/td> NAVITAS @UNIVERSITY OF NEW HAMPSHIRE
AMERICAN UNIVERSITY NAVITAS @FLORIDA ATLANTIC UNIVERSITY
AUBURN UNIVERSITY NEW JERSEY INSTITUTE OF TECHNOLOGY
BELLEVUE COMMUNITY COLLEGE NEW YORK FILM ACADEMY (NYFA)
BRANDEIS INTERNATIONAL BUSINESS SCHOOL NEW SCHOOL OF ARCHITECTURE AND DESIGN (NSAD)
CASCADIA COMMUNITY COLLEGE NORTH SEATTLE COMMUNITY COLLEGE
CATS ACADEMY BOSTON OREGON STATE UNIVERSITY (OSU)
CITY UNIVERSITY OF SEATTLE SAINT LOUIS UNIVERSITY
CLAREMONT GRADUATE UNIVERSITY SANTA BARBARA CITY COLLEGE (SBCC)
COLORADO STATE UNIVERSITY SANTA FE UNIVERSITY OF ART AND DESIGN
DE ANZA COLLEGE SANTA MONICA COLLEGE
DIABLO VALLEY COLLEGE SEATTLE CENTRAL COMMUNITY COLLEGE (SCCC)
DREW UNIVERSITY SEATTLE PACIFIC UNIVERSITY
EDMONDS COMMUNITY COLLEGE SHORELINE COMMUNITY COLLEGE
FLORIDA INTERNATIONAL UNIVERSITY SOUTH SEATTLE COMMUNITY COLLEGE
FOOTHILL COLLEGE SOUTHWESTERN ACADEMY
GEORGE MASON UNIVERSITY STUDY GROUP USA (JAMES MADISON UNIVERSITY
GLENDALE COMMUNITY COLLEGE STUDY GROUP USA (MERRIMACK COLLEGE)
GREEN RIVER COMMUNITY COLLEGE STUDY GROUP USA (ROOSEVELT UNIVERSITY)
IONA COLLEGE STUDY GROUP USA (TEXAS A&M CORPUS CHRISTI)
INTO COLORADO STATE UNIVERSITY STUDY GROUP USA (THE CITY UNIVERSITY OF NEW YORK)
INTO DREW UNIVERSITY STUDY GROUP USA (UNIVERSITY OF VERMONT)
INTO GEORGE MASON UNIVERSITY STUDY GROUP USA (WIDENER UNIVERSITY)
INTO MARSHALL UNIVERSITY UCLA EXTENSION
INTO OREGON STATE UNIVERSITY UNIVERSITY OF ALABAMA AT BIRMINGHAM
INTO SAINT LOUIS UNIVERSITY UNIVERSITY OF NEBRASKA LINCOLN
INTO UNIVERSITY OF ALABAMA AT BIRMINGHAM UNIVERSITY OF CENTRAL FLORIDA
INTO UNIVERSITY OF SOUTH FLORIDA UNIVERSITY OF ILLINOIS AT CHICAGO
KENDALL COLLEGE UNIVERSITY OF KANSAS
KINGS EDUCATION USA UNIVERSITY OF MARYLAND BALTIMORE COUNTY
LOUISIANA STATE UNIVERSIY UNIVERSITY OF THE PACIFIC
MARSHALL UNIVERSITY UNIVERSITY OF SAINT THOMAS
MURRAY STATE UNIVERSITY UNIVERSITY OF SOUTH CAROLINA
NAVITAS @UNIVERSITY OF MASSACHUSETTS DARTMOUTH

Biaya hidup seperti layaknya di tempat lain, akan bervariasi sesuai dengan kota di mana penduduk tinggal dan gaya hidup masing-masing pribadi. Kota-kota besar seperti New York, San Francisco, Los Angeles misalnya, memiliki tingkat biaya hidup yang lebih tinggi dibandingkan kota lainnya.

Rata-rata yang diperlukan oleh setiap pelajar umumnya berkisar antara USD 1.500 hingga USD 2.500 per bulan, termasuk biaya akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, dan keperluan sehari-hari lainnya (sumber: New York University (2015 – 2016)).

  1. Visa Pelajar & Asuransi Kesehatan

Pelajar internasional harus mengambil full-time study sebagai persyaratan visa pelajar. Semua pelajar internasional di Amerika Serikat, baik di universitas maupun hanya mengambil sekolah bahasa harus memiliki F-1 student visa. Selain itu, ada juga yang disebut sebagai J-1 visa, yaitu visa bagi pertukaran pelajar baik itu akademik maupun kebudayaan; dan M-1 visa bagi orang yang mengambil perkuliahan non-akademik atau kursus di Amerika Serikat.

Sebelum mendapatkan visa pelajar, dokumen SEVIS – generated document yaitu I-20 harus dikeluarkan oleh institusi di Amerika Serikat sebagai bukti penerimaan pelajar tersebut. SEVIS (The Student and Exchange Visitor Information System) merupakan data online dari seluruh pelajar internasional yang dikeluarkan oleh Department of Homeland Security (DHS).

Dokumen penunjang lainnya adalah bukti akademis, keuangan, TOEFL™/IELTS® akte lahir, kartu keluarga dan membayar uang visa USD 160 lewat bank yang ditunjuk oleh kedubes Amerika dan biaya SEVIS sebesar USD 200 dibayarkan secara online. Pendaftaran visa sendiri dapat dilakukan 120 hari sebelum intake (tanggal masuk sekolah). Tetapi, pelajar baru diperkenankan untuk memasuki Amerika Serikat terhitung 30 hari sebelum intake. Sesampainya di Amerika Serikat, pelajar harus melaporkan diri ke bagian International Office di kampusnya, supaya sekolah dapat segera melengkapi SEVIS sistem. Kelalaian jika tidak melapor dapat menyebabkan visa pelajar tersebut dicabut.

Siswa internasional yang belajar di Amerika Serikat harus memiliki asuransi kesehatan selama masa studinya. Hal ini juga diwajibkan oleh pihak sekolah agar setiap siswa yang berangkat ke Amerika Serikat telah memiliki perlindungan asuransi untuk menjamin kesehatannya, sebab biaya perawatan di Amerika Serikat dikenal sangat mahal. Oleh karena itu, sekolah mengeluarkan kebijakan untuk menggabungkan biaya asuransi dengan tuition fee, sehingga setiap siswa yang berangkat dipastikan memiliki asuransi kesehatan selama masa studinya. Biaya asuransi yang termasuk di dalam tuition fee berkisar antara USD 600 – USD 1.500 per tahun.


  1. Akomodasi

Banyak pilihan akomodasi yang tersedia bagi pelajar internasional di Amerika Serikat, mulai dari akomodasi di dalam universitas, menyewa apartemen atau rumah, dan pilihan untuk tinggal dengan local family yang disebut dengan homestay.

Untuk asrama yang disediakan oleh universitas, pemesanan harus dilakukan sesegera mungkin sekitar dua (2) atau tiga (3) bulan sebelumnya. Bagi pelajar yang datang lebih cepat, mereka dapat tinggal di hotel, motel, atau YMCA hostel para pemuda, dan international houses.

Biaya akomodasi di Amerika Serikat berkisar antara USD 800 – USD 3.000 per bulan.


  1. Kerja Sambilan

Peraturan yang ditetapkan oleh US Citizenship and Immigration Services (USCIS) sangat ketat. Ijin kerja ditentukan oleh jenis visa pelajar. Terdapat 3 tipe visa: F-1, M-1, dan J-1. Pemegang visa F-1 dan J-1 dapat bekerja dalam kampus selama maksimal 20 jam per minggu semasa perkuliahan dan dapat bekerja hingga 40 jam kerja pada masa liburan. Pemegang visa M-1 tidak diijinkan untuk bekerja.

Siswa tahun pertama hanya dapat bekerja dalam kampus, misalnya sebagai staf di toko buku, perpustakaan, kantin dan tempat lain di dalam kampus. Pelajar dapat bekerja di luar kampus, namun pekerjaan tersebut haruslah merupakan bagian dari program kuliah, misalnya magang atau penempatan kerja. Pada tahun pertama perkuliahan, USCIS juga dapat memberikan pemegang visa F-1 ijin untuk mengikuti Curricular Practical Training (CPT) atau Optional Practical Training (OPT) selama satu (1) tahun. Jika Anda berkuliah di bidang Science, Technology, Engineering atau Mathematics (STEM), maka Anda bisa mendapatkan ijin kerja mulai dari 1 tahun hingga 17 bulan.

Setelah tahun pertama, siswa dapat mendaftar ke USCIS untuk ijin bekerja di luar kampus.

Mahasiswa Pascasarjana dapat bekerja di bidang yang lebih berfokus pada akademis, seperti asisten dosen atau professor, atau asisten penelitian untuk penelitian dan proyek. Untuk dapat bekerja di bidang ini, mahasiswa harus memiliki tingkat keahlian berbahasa Inggris yang tinggi. Keuntungan dari bekerja di bidang ini adalah pengalaman kerja ini dapat menambah pengalaman dan nilai plus terutama jika siswa tersebut ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat Doktorat atau ingin mengejar karir dalam bidang akademis..

  1. Sekolah Dasar & Menengah

Secara umum, lamanya pendidikan dasar dan menengah di Amerika Serikat sama dengan di Indonesia yaitu 12 tahun. Pendidikan dasar di primary school adalah lima (5) tahun, lalu melanjutkan secondary school selama tujuh (7) tahun. Setelah lulus dari kelas 12, pelajar akan mendapatkan High School Diploma; yang diakui untuk masuk ke college dan universitas di Amerika Serikat. Primary dan Secondary School milik pemerintah Amerika Serikat membebaskan biaya studi bagi penduduknya. Sedangkan Private School atau sekolah swasta menawarkan pendidikan untuk pelajar internasional dengan kisaran harga USD40.000 – USD50.000 per tahun.

  1. Program Sarjana Profesional (Undergraduate Degree)

Menurut data di National Center for Education Statistics (NCES) tahun 2012, Amerika Serikat memiliki total 4.726 institusi pendidikan tinggi swasta dan negeri yang mencakup pendidikan dua (2) tahun dan empat (4) tahun.

Setelah mendapatkan high school diploma, pelajar dapat meneruskan studi untuk meraih gelar Bachelor selama empat (4) tahun. Pelajar diharapkan untuk menentukan jurusan yang diminati selambat-lambatnya pada tahun kedua.

Istilah yang digunakan untuk pelajar tahun pertama adalah freshman, pada tahun kedua menjadi sophomore, lalu junior di tahun ketiga dan senior pada tahun terakhir.

College dan Universitas menawarkan berbagai jurusan dari jenjang S-1 sampai S-3. Institusi jenis ini dijalankan dan dimiliki oleh pemerintah negara bagian atau pemerintah setempat. Biasanya sekolah pemerintah ini menggunakan kata “State“ atau dengan penggunaan nama wilayah, seperti University of Washington.

Community College menawarkan dua (2) tahun pertama dari pendidikan S-1 (setara dengan dua (2) tahun pertama di Universitas). Banyak pelajar internasional yang memilih moda institusi ini karena adanya program bahasa Inggris intensif atau ESL dan pelayanan spesial seperti free tutoring.

Biaya kuliah di universitas terkemuka sekitar USD20.000 – USD55.000 per tahun; sedangkan di community college biayanya lebih murah berkisar antara USD8.500 – USD10.000 per tahun.

Sekolah pemerintah menawarkan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sekolah swasta; dan community college menghadirkan pilihan biaya termurah di antara sekolah pemerintah lainnya.

Sekilas adalah beberapa contoh perbedaan antara Community College dengan Universitas:

Community College

–   Uang sekolah berkisar antara USD 6.500 – USD 10.000

–   Staf pengajar adalah profesor.

–   Proses aplikasi yang lebih mudah (tanpa SAT).

–   Fasilitas memadai.

–   Harus transfer ke universitas untuk mendapatkan gelar sarjana.

–   dan lain-lain.

Universitas

–   Uang sekolah berkisar antara USD 20.000 – USD 55.000.

–   Staf pengajar untuk dua (2) tahun pertama adalah biasanya asisten dosen.

–   Proses aplikasi yang lebih kompetitif (seringkali dibutuhkan SAT).

–   Fasilitas yang jauh di atas rata-rata.

–   Bergengsi.

–   Tidak perlu transfer ke sekolah lain untuk mendapatkan gelar sarjana.

–   dan lain-lain.

Perkuliahan di Amerika Serikat biasanya dimulai di bulan Agustus atau September dan berlangsung sampai bulan Mei atau Juni. Kebanyakan institusi menawarkan dua (2) term per tahun (sistem semester), tetapi adapula yang memiliki tiga (3) term (trimester) ataupun empat (4) term yaitu caturwulan (sistem quarter).

Sistem  penghitungan credit di Amerika Serikat sangatlah umum, di mana setiap mata kuliah terdiri dari beberapa jumlah credit, umumnya tiga (3) sampai lima (5) credit. Program Sarjana Full time di universitas umumnya terdiri dari 12 sampai 15 credit hours untuk empat (4) atau lima (5) mata kuliah per semesternya. Sedangkan untuk program Pascasarjana Full time adalah minimum sembilan (9) credit hours per semester.

  1. Program Pascasarjana Profesional (Graduate Degree)

Setelah menyelesaikan Bachelor Degree, pelajar dapat melanjutkan ke program Master yang rata-rata berdurasi dua (2) tahun. Seringkali pelajar dapat diterima di program Master jurusan tertentu jika mereka mendapatkan gelar Bachelor dengan jurusan yang berkaitan. Tetapi, banyak pengecualian diberikan untuk pelajar yang ingin melanjutkan ke Master of Business Administration (MBA) program.

Selanjutnya, pelajar dapat menyelesaikan gelar PhD yang berdurasi sekitar tiga (3) sampai enam (6) tahun tergantung dari jurusan yang didalami, kemampuan pelajar tersebut dan tesis yang dipilih. Tesis merupakan tugas riset yang mendalam dan dibutuhkan sebagai tugas kelulusan; terkadang untuk lulus dari Master Degree pun tesis diperlukan. Khususnya untuk jurusan hukum, kedokteran dan kedokteran gigi.

Biaya kuliah untuk Pascasarjana Profesional (Graduate Degree) rata-rata USD 22.000 – USD 60.000 per tahun.

Negara yang terletak di benua Amerika ini memiliki luas lebih dari sembilan (9) juta km2; dengan total 50 negara bagian (state). Negara bagian Alaska adalah state terbesar yang terletak di timur Kanada; sedangkan negara bagian Hawaii adalah yang terkecil berlokasi di Samudera Pasifik. Setelah Rusia dan Kanada, Amerika menduduki peringkat ketiga terbesar dilihat dari total keseluruhan luas daratan dan lautan.

Pada dasarnya Amerika Serikat memiliki empat (4) musim; tetapi karena luasnya area Amerika Serikat, iklim negara ini pun bervariasi dan terjadi perbedaan temperatur yang cukup signifikan. Mulai dari panasnya gurun di Nevada, iklim tropis di Florida, salju yang turun di New York, sampai dengan iklim subarctic Alaska.

Periode empat (4) musim di Amerika adalah sebagai berikut :

– Summer (musim panas) : Juni – Agustus

– Fall (musim gugur) : September – November

– Winter (musim dingin) : Desember – Februari

– Spring (musim semi) : Maret – Mei

Amerika memiliki enam (6) zona waktu yang berbeda. Adapula halnya dalam satu (1) state terdapat dua (2) zona waktu yang berbeda, seperti di Alabama, Alaska, Florida, Idaho dan lainnya. Hampir semua tempat di Amerika Serikat, diterapkan adanya Daylight Saving Time di musim panas dari minggu kedua Maret sampai minggu pertama November, dengan menyesuaikan waktu menjadi satu (1) jam lebih awal.

Hawaiian Standard Time (EST) : GMT-10 atau WIB-17

Alaska Standard Time (AKST) : GMT-9 atau WIB-16

Pacific Standard Time (PST) : GMT-8 atau WIB-15

Mountain Standard Time (MST) : GMT-7 atau WIB-14

Central Standard Time (CST) : GMT-6 atau WIB-13

Eastern Standard Time (WST) : GMT-5 atau WIB-12

Populasi Amerika Serikat menduduki urutan ketiga di dunia, setelah Cina dan India dengan jumlah lebih dari 310 juta jiwa dan sebagian besar tinggal di pinggiran kota (suburb). Sebagian penduduk Amerika Serikat berasal dari keturunan Jerman, Irlandia, dan Inggris, diikuti oleh Afrika, Cina, dan Filipina, serta Latin, dan lainnya. Hal ini menjadikan Amerika Serikat sebuah negara dengan keranekaragaman budayanya.

Bahasa kenegaraan adalah bahasa Inggris, dengan minoritas berbahasa Spanyol.

Lain halnya dengan Australia, Singapura ataupun Inggris, transportasi yang banyak digunakan sehari-hari di Amerika Serikat adalah mobil. Tetapi, untuk kota-kota besar dan metropolitan, sistem transportasi umum seperti bis, subway atau tram dapat diandalkan. Pelajar dapat menggunakan tiket berlangganan yang harganya lebih murah dan mudah dibeli di kantor transportasi umum, toko obat atau kantor pos. Untuk transportasi antar kota, bepergian menggunakan kereta sangatlah nyaman.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan transportasi umum, biayanya cukup terjangkau, yaitu kisaran USD 100 – USD 200 per bulan.

Ingat, mengendarai kendaraan dalam keadaan mabuk karena alkohol maupun obat-obatan terlarang adalah pelanggaran serius. Penggunaan sabuk pengaman bagi pengemudi dan penumpang adalah wajib secara hukum.

Pemerintah Amerika Serikat menjalankan sistem federal yang tertua di dunia. Pemerintahannya berbentuk republik konstitusional dan demokrasi representatif, dengan tiga (3) tingkatan: Legislatif (Kongres Parlemen), Eksekutif (Presiden), dan Kejaksaan (Mahkamah Agung).

Amerika Serikat terdiri dari 50 negara bagian (state) yang terletak di dataran Amerika, termasuk di dalamnya Alaska dan Hawaii. Selain itu, negara adikuasa ini juga memiliki lima (5) wilayah (territory) di luar daratan Amerika, yakni Puerto Rico, the United States Virgin Islands di Karibia, American Samoa, Guam dan Northern Mariana Islands di Samudera Pasifik. Bayi yang terlahir di wilayah – wilayah ini akan mendapatkan kewarganegaraan Amerika, kecuali di American Samoa.

Amerika Serikat adalah tanah impian untuk hiburan yang tiada habisnya. Setiap kota besar mulai dari pesisir barat sampai timur, menawarkan ciri khas daerah mereka. Oleh karena itu, selama belajar di Amerika Serikat, sempatkanlah waktu untuk mengunjungi kota-kota lainnya di negara asal mobil Ford dan GE ini.

  1. Times Square, Museum Metropolitan & Central Park di New York City

Times Square adalah nama persimpangan jalan utama di Manhattan, New York City (NYC). Persis di tengah area ini terdapat gedung One Times Square tempat dilangsungkan upacara tahunan penurunan Bola Times Square setiap malam tahun baru. Sering disebut sebagai Persimpangan Dunia atau Great White WayTimes Square adalah simbol kota New York dan Amerika Serikat.

Museum Metropolitan merupakan museum seni Amerika Serikat yang tertua dan terbesar dengan lebih dari dua (2) juta koleksi karya seni, menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata populer di NYC dengan total pengunjung hampir lima (5) juta orang setiap tahunnya.

Central Park adalah taman umum yang sangat luas di area Manhattan, di dalamnya terdapat danau, patung yang indah, flora dan fauna, serta pohon-pohon yang rindang. Tak heran jika setiap tahunnya taman ini dikunjungi sekitar 25 juta orang sekaligus menjadikannya taman yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat.

  1. National Mall & Memorial Parks di Washington DC

National Mall dan Memorial Parks merupakan simbol identitas nasional dan sejarah taman nasional dari Amerika Serikat yang berharga serta untuk mengenang sejarah nasional. National Mall merupakan contoh yang unik penggabungan dari sejarah nasional dengan gaya hidup santai dan kebutuhan hidup saat ini.

  1. Faneuil Hall Marketplace di Boston, MA

Faneuil Hall Marketplace atau sering disebut Quincy Market merupakan pasar yang menawarkan segala macam makanan, perbelanjaan dan hiburan hidup. Bangunan yang pernah terbakar di tahun 1761 dan telah dibangun kembali tahun 1762 ini sekarang merupakan salah satu bangunan bersejarah di Amerika Serikat.

  1. Disney World’s Magic Kingdom di Lake Buena Vista, FL

Walt Disney World Resort juga disebut Walt Disney World atau Disney World merupakan salah satu perusahaan hiburan dan media terbesar, dibuka untuk umum sejak tahun 1971. Perusahaan ini diawali oleh Walt Disney yang memiliki visi untuk membuat “community of tomorrow”, dan adiknya Roy Oliver Disney yang meneruskan pembangunan dunia hiburan ini setelah Walt meninggal. Empat theme parks yang sangat menarik dan merupakan impian anak-anak untuk berkunjung adalah Magic Kingdom, Epcot, Disney’s Hollywood Studios, dan Disney’s Animal Kingdom. Selain itu, fasilitas seperti golf, water park, resort, tempat berkemah, dan lainnya semua tersedia di sini.

  1. Great Smoky Mountains National Park di Tennessee, NC

Great Smoky Mountains National Park merupakan taman nasional yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan hidup di masa depan. Selain itu, banyak aktifitas yang dapat dilakukan seperti mendaki, memancing, berkuda, bersepeda dan lain-lain.

  1. Grand Canyon di Arizona

Grand Canyon adalah sebuah ngarai tebing terjal yang ‘diukir’ oleh sungai Colorado di Utara Arizona. Ngarai ini merupakan satu dari tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon, salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Ngarai ini dibentuk dari aliran sungai Colorado yang memotong sebuah selat selama jutaan tahun. Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada tahun 1540, namun jauh sebelum masa itu wilayah ini telah ditempati oleh penduduk asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok ngarai ini.

  • The GirlScouts dulu disebut The American Girl Guides.
  • Rata-rata orang di Amerika menggunakan 80-100 galon air setiap hari.
  • Selama Civil War, para pria lebih banyak meninggal karena terserang penyakit daripada terserang tembakan atau terlibat perkelahian
  • Es teh pertama disajikan pada tahun 1904 di pameran St Louis World’s Fair.
  • Negara bagian Florida lebih besar dari negara Inggris.
  • Amerika Serikat memiliki reputasi yang sangat kuat di bidang riset ilmiah, penemuan teknologi, dan merupakan pemimpin di bidang iptek seperti Information Technology(IT), penelitian ruang angkasa, bioteknologi.
  • Penghargaan Nobel paling banyak diperoleh Amerika Serikat dengan total 320 penghargaan. Penemuan di bidang teknologi sudah dimulai sejak tahun 1876 yaitu telepon olehAlexander Graham Bell, bohlam lampu oleh Thomas EdisonWright Brothers untuk pesawat terbang dan lain-lain.