More Effective Way of Learning English Using Lexical Approach
More Effective Way of Learning English Using Lexical Approach (Greater Emphasis on Vocabulary Building)
23 December 2016
Thanksgiving Luncheon at Marymount California University
Learning One of American Tradition through Thanksgiving Luncheon at Marymount California University
6 January 2017

10 Best Higher Education Countries in the World

10 Negara Pendidikan Tinggi Terbaik di Dunia

10 Negara Pendidikan Tinggi Terbaik di Dunia

World Economic Forum dalam Global Competitiveness Report 2016 mengemukakan bahwa pendidikan merupakan salah satu pilar yang menopang kemajuan bangsa. Mengetahui pentingnya peranan pendidikan dalam memajukan bangsa, setiap negara di dunia berarti harus memprioritaskan penerapan sistem pendidikan dasar yang tepat dan efektif untuk dijadikan pedoman anak bangsanya. Dalam laporan tersebut, terdapat 10 negara dari 138 negara yang menempati ranking tertinggi dalam pendidikan tinggi dan pelatihan. Hal ini diukur dari tingkat pendaftaran sekolah serta kualitas pendidikan. Selain itu diukur juga dari pentingnya sekolah kejuruan dan pelatihan kerja yang dilakukan di negara tersebut. Berikut ini adalah 10 Negara Pendidikan Tinggi Terbaik di Dunia.

  1. Singapura

Pemerintah Singapura sangat memprioritaskan kualitas pendidikan di negaranya. Dari sekolah dasar hingga universitas, siswa sudah dipantau dan diarahkan untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai. Jadi, tidak semua warga layak atau bebas masuk universitas di Singapura karena dapat melewati tes tertentu.

               Sumber: bing.com

  1. Finlandia

Kunci kesuksesan Finlandia dalam memperbaiki sistem pendidikannya adalah mereka tidak mengejar keunggulan akademis (excellence), tapi kesetaraan (equity). Setiap anak harus memiliki kesempatan yang sama untuk belajar, tanpa melihat latar belakang keluarga, pendapatan, atau lokasi geografis. Pendidikan utamanya menjadi cara untuk meratakan kesenjangan sosial.\

  1. Belanda

Sumber: bing.com

Pendidikan tinggi di Belanda terkenal berkat kualitasnya yang tinggi dan merupakan lingkungan studi internasional. Dengan lebih dari 2.100 program dan kursus, pendidikan tinggi di Belanda memiliki program pendidikan berbahasa Inggris terbesar di Eropa.

  1. Swiss

Pemerintah Swiss sangat mengutamakan pendidikan warganya. Pemerintah Swiss yakin, hanya dengan pendidikan yang baik, Swiss bisa mempertahankan tingkat inovasi dan kemajuan industrinya. Pemerintah Swiss juga mendorong siswa mengambil sekolah keterampilan atau vocational training dengan melibatkan kalangan industri sehingga siswa bisa mandiri atau bekerja di perusahaan yang mengasuhnya.

  1. Belgia

Pendidikan di Belgia wajib bagi anak yang berumur 6-18 tahun. Selama masa wajib belajar ini (plus masa TK), semua pendidikan GRATIS. Hanya ada beberapa hal yang harus mengeluarkan biaya seperti baju olah raga serta peralatan penunjang lainnya.

  1. Denmark

Pendidikan tinggi di Denmark gratis untuk mahasiswa dari Uni Eropa/EEA dan biaya untuk mahasiswa yang berpartisipasi dalam program pertukaran juga tidak terlalu tinggi. Selain itu banyak mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa Inggris (seperti di negara-negara Nordik lainnya, penduduk Denmark umumnya berbicara bahasa Inggris dengan cukup baik).

  1. Norwegia

Pendidikan umum di Norwegia tidak dikenakan biaya hingga tingkat upper secondary. Biaya pendidikan tinggi di semua institusi negara umumnya tidak mahal. Di samping kegiatan belajar mengajar, semua institusi pendidikan tinggi, terutama universitas memiliki tanggung jawab khusus untuk melakukan penelitian dan memberikan pelatihan penelitian, terutama untuk tingkat sarjana dan gelar doktor.

  1. Amerika Serikat

Institusi pendidikan tinggi di Amerika Serikat menawarkan banyak program belajar yang fleksibel dan multifungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan para mahasiswa internasional  lewat penelitian, praktek dan  teknik pengajaran. Dibandingkan dengan negara-negara lain, Amerika menghasilkan banyak pemimpin dalam bidang medis, teknologi, dan sains.

               Sumber: bing.com

  1. Australia

Lembaga pendidikan Australia menawarkan beragam bidang studi. Lembaga pendidikan Australia mendapatkan peringkat di antara yang terbaik di dunia dalam hal bidang studi, terutama dalam teknik dan teknologi, kedokteran, ilmu lingkungan, serta akuntansi dan keuangan.

  1. New Zealand

Pemerintah New Zealand terus menjaga kualitas pendidikan dengan mengawasi secara ketat mutu pendidikan yang ada baik.  Dari staf pengajar ahli sampai fasilitas-fasilitas kelas dunia serta memiliki sumber daya alam yang kaya, Selandia Baru populer di kalangan siswa internasional yang mencari lingkungan belajar yang aman dan gaya hidup petualangan.

Lantas Indonesia berada di ranking berapa? Indonesia masih menempati posisi ke-63 dari 138 negara di dunia. Masih banyak pe-er yang harus dibenahi pemerintah untuk memajukan mutu pendidikan tinggi negara ini. (JFS)

Leave a Reply