Mahasiswa Naba Domus Ikut Dalam Shoot The Stars
Student Naba Domus Join “Shoots In The Stars”
12 May 2015
Energi Terbaharukan di Universitas Exeter
Renewable Energy di Universitas Exeter: Energy Sources for the Future
18 May 2015

Oceanography Universitas Southampton: Revealing the Mystery of the Ocean

Belajar Oceanography di Universitas Southampton

Belajar Oceanography di Universitas Southampton

Belajar Oceanography di Universitas Southampton. Taukah Anda bahwa meskipun manusia telah berhasil menjelajahi serta menguak sebagian besar misteri di luar angkasa, lautan di muka bumi, ternyata masih menyimpan banyak rahasia. Dalamnya lautan serta teknologi yang masih belum memadai menjadi penghalang terbesar untuk meneliti kehidupan dasar laut dan berbagai misteri lainnya.

Namun, lautan sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga banyak orang yang ingin memperdalam ilmu di bidang ini untuk kemudian dipergunakan dalam meneliti lautan. Jurusan yang mempelajari ilmu mengenai laut adalah Oceanography.

Mengambil Contoh Air. Sumber foto: Southampton

Mengambil Contoh Air. Sumber foto: Southampton

Apa itu Oceanography? Oceanography merupakan studi ilmiah mengenai laut, pantai, pesisir pantai, muara, landas dan dasar laut. Ilmu ini adalah ilmu interdisipliner yang mengintegrasikan prinsip-prinsip biologi, kimia, geologi, meteorologi, dan fisika. Ilmu ini sangat berguna bagi negara-negara berkembang dengan perairan luas seperti Indonesia.  Studi  di dalam bidang ini mencakup berbagai topik, termasuk kehidupan dan ekosistem laut, sirkulasi laut, lempeng tektonik dan geologi dasar laut, serta sifat fisik dan kimia dari laut. Sama seperti jurusan kesehatan, ada banyak disiplin ilmu dalam Oceanography.


Jurusan Oceanography di Universitas Southampton membantu mereka yang ingin mempelajari ilmu mengenai cara memprediksi badai dan gelombang pasang, proses yang menyebabkan erosi pantai, menilai bagaimana rekayasa lepas pantai mempengaruhi lingkungan, dan cara mengelola perikanan untuk keberlanjutan jangka panjang. Akreditasi profesional telah diberikan oleh The Institute of Marine Engineering, Science, and Technology (IMarEST) kepada jurusan Oceanography Universitas Southampton.


University of Southampton. Sumber foto: Southampton

University of Southampton. Sumber foto: Southampton

Universitas Southampton memiliki armada kapal sendiri untuk penelitian di daerah pantai, yang digunakan untuk studi lapangan di sekitar Selat Solent dan juga untuk studi lapangan yang jauh dari Southampton. Siswa akan mendapatkan pengalaman langsung dengan melakukan penelitian lapangan seperti ini.


Callista, kapal khusus milik University of Southampton untuk penelitian di laut. Sumber foto: NationalOceanographyCentre

Callista, kapal khusus milik University of Southampton untuk penelitian di laut. Sumber foto: NationalOceanographyCentre

Pilihan karir juga terbuka luas bagi lulusan bidang Oceanography. Contohnya Anda bisa menjadi peneliti lingkungan laut seperti salah satu alumni, Julie Doran, yang saat ini bekerja sebagai marine scientist di Sea Star Survey Ltd. Pekerjaannya mencakup survei hidrografi pesisir pantai, analisis laboratorium, pengolahan data/interpretasi, dan pelaporan.


Untuk syarat masuk jurusan ini, Anda memerlukan:

  • Nilai AAB untuk A level atau setara, termasuk dua ilmu pasti dari Biologi, Kimia, Geologi, Matematika, Ilmu Lingkungan, Geografi, atau Fisika.
  • Nilai IELTS rata-rata 6.5 dan tidak ada subjek di bawah 5.5


Tertarik? Kunjungi website Universitas Southampton untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai program yang tersedia. Untuk bantuan dalam mendaftar untuk belajar ke luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (SUN)

Leave a Reply