Testimonial Study in Malaysia
Josephine Cynthia Halim
1 February 2017
ERC Institute Singapore Terima Sertifikasi EduTrust 4 Years
ERC Institute Singapore Receive EduTrust 4 Years Certification
2 February 2017

Master Advanced Engineering at Monash University Malaysia

S-2 Advanced Engineering di Monash University Malaysia

S-2 Advanced Engineering di Monash University Malaysia

S-2 Advanced Engineering di Monash University Malaysia. Monash University Malaysia kini membuka jurusan kuliah baru, Master of Advanced Engineering (Energy and Sustainability), yang akan memperluas kesempatan siswa memilih jurusan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Program baru ini dirancang untuk para insinyur baik yang telah bekerja maupun yang baru lulus, untuk mengatasi permintaan tenaga kerja yang tinggi di bidang pengembangan energi berkelanjutan (sustainable energy development).

Jurusan Master of Advanced Engineering ini adalah hasil dari meningkatnya permintaan tenaga kerja ahli di bidang sustainability. Sustainability atau keberlanjutan sendiri adalah bidang yang sedang tren saat ini di negara maju dan industrialis. Tren ini ada karena para pemerintah di negara tersebut berusaha untuk menemukan sumber-sumber energi baru dan mengoptimalkan efisiensi.

[wc_spacing size=”20px”]

Figure 1. Kampus Monash di Sunway, Malaysia. Sumber foto: Intenv

Figure 1. Kampus Monash di Sunway, Malaysia. Sumber foto: Intenv

Program Master of Advanced Engineering dapat membantu siswa dalam mempelajari teori yang dapat diaplikasikan dalam pekerjaan. Dalam mempelajari jurusan ini, siswa akan memperoleh pemahaman yang lebih baik dalam bidang energi dan sustainability serta kemampuan untuk mengembangkan solusi untuk masalah teknik yang rumit. Siswa dapat mempelajari mata kuliah inti seperti engineering leadership dan engineering analysis untuk memperkuat kemampuan mereka dalam penalaran kritis (critical reasoning), inovasi, dan strategic thinking.

[wc_spacing size=”20px”]

Figure 2. Mencari solusi untuk kelangkaan air dunia. Sumber foto: MonashMY

Figure 2. Mencari solusi untuk kelangkaan air dunia. Sumber foto: MonashMY

Negara Malaysia telah mengakui pentingnya isu energi berkelanjutan ini dengan mendirikan Departemen Energi (Ministry of Energy), mengadakan program Green Technology and Water 2009, dan Renewable Energy Act 2011 untuk menghasilkan listrik dari sumber yang berkelanjutan, mengurangi emisi karbon dan mendorong kemajuan dalam green technologies.

[wc_spacing size=”20px”]

Salah satu syarat masuk program ini adalah memiliki gelar Sarjana di bidang teknik apapun karena program ini akan mempelajari dasar-dasar teknik listrik, teknik kimia, dan teknik mesin. Hal ini akan memberikan para siswanya pengetahuan dasar di bidang yang berkaitan dengan energi dan sustainability.

[wc_spacing size=”20px”]

Jurusan kuliah ini juga menawarkan mata kuliah unik seperti Intelligent Lighting, dan Engineering Entrepreneurship, dimana siswa diajarkan bagaimana menjual ide dan inovasi. Jurusan ini bisa diselesaikan dalam waktu satu (1) tahun dan kelas akan diajarkan pada jam enam (6) hingga sembilan (9) malam.

[wc_spacing size=”20px”]

Tertarik? Kunjungi website Monash University Malaysia untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai program yang tersedia. Untuk bantuan dalam mendaftar dan pengurusan keperluan studi di luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (NRK)

 

Leave a Reply