Tips Mengatasi Culture Shock saat Kuliah di Luar Negeri
How To Manage Culture Shock
15 November 2013
Crash Course Business English Communication 2 Dec 2013
25 November 2013

Money Saving Tips for Study Overseas

Tips Cara Berhemat Kuliah Di Luar Negeri

TIPS CARA BERHEMAT KULIAH DI LUAR NEGERI

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya kuliah di luar negeri memang sangat mahal. Bila dibandingkan dengan ongkos hidup di Indonesia, tentunya tingginya biaya sehari-hari di luar negeri sangat mengejutkan. Mungkin jika kita analisa, biaya hidup di luar negeri  semuanya “serba mahal”, dan berikut ini adalah tips cara berhemat kuliah di luar negeri

1.    Gunakan sistem pengeluaran per hari.

Di bulan-bulan pertama mungkin kita sempat kaget melihat jumlah uang yang tersisa di rekening bank. Karena terlalu heboh menyesuaikan diri dengan situasi baru, membeli kebutuhan dan menjelajahi sudut kota ynag kita tinggali, mungkin tanpa disadari uang yang kita tetapkan untuk menghidupi kita selama satu bulan habis dalam satu setengah minggu. Nah, untuk menghindari hal ini, bulatkanlah tekad untuk membatasi pengeluaran kamu setiap hari, misalnya £10 atau $20. Apabila kamu tidak menghabiskan seluruh “daily budget” kamu, (misalnya dengan budget per hari £10, kamu hanya memakai £5), sisanya dapat kamu pakai pada hari-hari berikutnya. Hal ini akan memotivasi kamu untuk menggunakan sesedikit mungkin setiap harinya, dan pada akhir bulan uang yang tersisa sudah menumpuk.

2.    Carilah toko alternatif untuk memuaskan hobi belanjamu tanpa harus boros.

Belanja adalah salah satu kegiatan yang wajar dilakukan setiap orang, namun tentunya apabila kita belanja terus-terusan, uang bulanan kita tidak akan cukup. Setelah mengitari seluruh kota mungkin kita dapat menemukan tempat atau toko alternatif ang menjual barang yang relatif murah. Misalnya jika di London – Inggris, Primark adalah toko department store dengan harga murah meriah, atau Camden Town dan Portobello Market, pasar yang menjual barang unik vintage. Ada juga sample sale, yaitu toko yang menjual barang bermerk dengan harga diskon 70%-an.

Pada intinya,k ita harus cermat dan mengali info dari teman tentang toko atau departement store yang menjual barang barang kebutuhan dengan harga miring.

3.    Usahakan untuk masak dirumah sendiri.

Membeli bahan makanan dan memasak di rumah adalah pilihan yang sangat hemat. Satu kali makan restoran di Inggris bisa mencapai £10, sedangkan uang yang sama cukup untuk bahan makanan selama 2-3 hari. Hal ini juga dapat mengembangkan kreatifitas dan kemampuanmu dalam memasak dan mencoba resep-resep baru yang menyenangkan!

4.    Membeli buku bekas

Uang mahasiswa sering habis di buku dan peralatan kuliah yang harganya memang tidak murah. Hal yang biasa saya lakukan adalah meminjam buku-buku yang dibutuhkan dari perpustakaan. Apabila hal ini tidak memungkinkan karena stock buku habis, atau buku tersebut dibutuhkan sepanjang tahun, kamu bisa membeli buku bekas di situs online seperti Amazon. Kamu juga bisa bertanya kepada mahasiswa di angkatan diatas mu, karena biasanya mereka akan menjual buku mereka setelah selesai dipakai.5.    Menjelajahi kota

Bagi kamu yang hobi travelling dan menjelajahi kota, sebenarnya kegiatan kesukaanmu tidak memakai biaya yang mahal! Banyak sekali tempat dan daerah yang bisa kamu telurusi tanpa harus membayar apapun. Bila kamu akan kuliah di kota yang besar, gunakan waktu luangmu untuk menjelajahi kota. Banyak museum dan atraksi yang juga ditawarkan dengan gratis oleh pemerintah. Jika kamu berencana untuk travelling ke luar kota, belilah tiket dari jauh-jauh hari dan gunakan student discounts untuk mendapatkan harga yang murah.

 6.    Bekerja Part Time

Carilah kerja paruh waktu untuk menambah uang saku kamu. Berbagai situs situs online sering mengeluarkan daftar pekerjaan paruh waktu yang dapat kamu ambil, dimulai dari posisi sales toko, pelayan di restoran, atau bahkan babysitting! Banyak pekerjaan paruh waktu yang tidak meminta ijazah atau pengalaman sebelumnya, dan umumnya waktu berkerja akan fleksibel ke jadwal kuliah kamu. Dan di beberapa negara, pelajar internasional di izinkan bekerja part time antara 4 sampai 7 jam dengan pendapatan berkisar $10 sampai $13 per jam.

7.    Bergaya hidup hemat

Banyak hal yang dapat kamu ganti dalam gaya hidup kamu agar dapat hidup hemat di luar negeri. Contohnya, penggunaan listrik dan air yang minimal dapat mengurangi jumlah tagihan yang harus kamu bayar pada akhir bulan. Atau, kamu bisa bersepeda atau jalan kaki selama beraktifitas agar tidak harus membayar biaya transport. Semua dapat menjadi pengalaman yang menarik dan menyenangkan, apalagi jika kamu melalui itu semua dengan teman-teman kamu!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!