Eid al Fitr Celebrations in UK and Ireland
Eid al Fitr Celebrations in UK and Ireland
1 June 2017
Halal Restaurants Near Naba Domus Academy Campus in Italy
Halal Restaurants Near Naba Domus Academy Campus in Italy
4 June 2017

Unique Tradition of Eid Celebration in China

Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di China

Umat Muslim di China ibadah Idul Fitri bersama / Sumber: Xinhuanet

Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di China

Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di China. Masing-masing negara memiliki keunikan sendiri dalam merayakan Idul Fitri. Seperti di China, salah satunya. Meskipun umat Muslim merupakan minoritas di sana, namun fakta tersebut tidak membuat kemeriahan perayaan Idul Fitri di sana berkurang. Kemeriahan ini diwarnai dengan akulturasi antara budaya Islam dan akar kebudayaan nenek moyang yang dijunjung tinggi di negeri Tirai Bambu ini.


Berikut tradisi perayaan Idul Fitri di China:


  1. Bersembahyang di Area yang Luas

Sama dengan umat Muslim di seluruh dunia, di China mereka juga mengawali perayaan Idul Fitri dengan beribadah. Mereka akan bersembahyang bersama di sebuah masjid atau area yang luas. Biasanya, masjid yang sering dikunjungi umat Muslim di sana adalah Masjid Id Kah di Kashgar, Xinjiang, salah satu masjid terbesar di China yang sudah berusia 500 tahun. Masjid ini banyak didatangi kaum Muslim dari etnis Hui. Selain beribadah, kegiatan unik dilakukan adalah menari bersama selepas beribadah.


Umat Muslims berdansa di depan Masjid Id Kah di Kashgar / Sumber: Xinhuannet


  1. Memanfaatkan Waktu Kebersamaan

Kebersamaan merupakan hal terpenting bagi umat Muslim di China. Termasuk dalam perayaan Idul Fitri, mereka juga memanfaatkan momen kebersamaan keluarga dengan cara yang unik seusai beribadah. Mereka akan menggelar makan bersama di rumah dan menikmati hari raya ini dengan pesta makan, bernyanyi, dan menari bersama sambil diiringi musik.


  1. Mengunjungi Makam dan Upacara Khusus

Umat Muslim di China akan berziarah ke kuburan orang tersayang mereka dan berdoa untuk pengampunan dosa, baik untuk mereka yang sudah tutup usia, maupun mereka yang masih hidup. Selain itu, umat Muslim di China juga menyelipkan upacara khusus saat perayaan Idul Fitri sebagai bentuk penghormatan dengan sesama umat Muslim yang gugur pada masa Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan.


  1. Makanan Khas

Mie Lamian atau mie tarik merupakan menu spesial yang dihidangkan saat tradisi Idul Fitri di China. Mie berukuran panjang ini biasa dibentuk dengan tangan dan disuguhkan di dalam sup daging sapi atau domba. Adapun makna dari penyajian Lamian adalah sebagai lambang panjang umur.


Mie Lamian sebagai makanan spesial saat Idul Fitri di China / Sumber: Imperial Lamian


Tapi, biasanya makanan khas Idul Fitri di China sesuai dengan masing-masing wilayah. Seperti di bagian utara, bahan utama yang digunakan adalah daging sapi. Sedangkan, bagian selatan, umat Muslim di sana lebih senang dengan bahan makanan laut, bebek, ataupun angsa. Hal tersebut juga dipengaruhi peraturan di wilayah China bagian selatan yang melarang warganya untuk menyembelih hewan ternak untuk makanan.


  1. Pakaian Khas

Mayoritas umat Muslim mengenakan pakaian khas yang sama saat perayaan Idul Fitri. Umumnya, busana mereka simple dan bernuansa Islami. Untuk kaum pria, busana yang dikenakan adalah jas dan kopiah putih, sementara para wanita mengenakan baju hangat dan kerudung setengah tertutup sebagai pakaian khas China.


Baju hangat dan kerudung setengah tertutup sebagai pakaian khas Idul Fitri wanita di China / Sumber: China Org


  1. Mendatangi Bazaar

Setelah shalat Id, mengunjungi bazaar menjadi cara alternatif lain untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Bazaar yang didatangi biasanya berada di tempat yang sama dengan tempat ibadah. Seperti halnya bazaar yang berada di dekat Masjid Niujie, masjid tertua dan terbesar di Beijing.

Umat Muslim di sana biasanya langsung menyerbu stand yang menjual makanan dan minuman, busana dan perlengkapan Muslim, dan lainnya, yang ada di bazaar di Distrik Xicheng tersebut.  (SJV)

Leave a Reply

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!