Testimonial Les Roches - Gruyere University of Applied Sciences
Emilio Wibisono
25 August 2011
Testimonial Newcastle University
Testimoni Tentang SUN Education
8 September 2011

Tips For Study Abroad

Poin Penting Sebelum Melanjutkan Studi Ke Luar Negeri

Tips Untuk Kuliah di Luar Negeri

Berikut ini adalah tips untuk kuliah di luar negeri. Bagaimana cara mengetahui informasi tentang universitas. Untuk belajar di luar negeri, khususnya Amerika, dibutuhkan informasi yang sangat efisien.
Cara cepat untuk mengetahui informasi mengenai universitas di Amerika adalah memutuskan syarat yang paling rendah tentang diri sendiri, lalu mengumpulkan informasi dengan mendasar pada syarat tersebut. Pertama, cobalah untuk mencari dua atau tiga universitas yang anda inginkan.

Setelah mencari-cari, apakah anda sudah mengerti bagaimana perbedaan antara universitas yang satu dengan yang lainnya? Lalu, mengenai masing-masing universitas anda dapat melihat site universitas tersebut atau meminta konseling kepada institut kami.

Memilih Universitas
Apa yang anda ingin pelajari, mengecek kemampuan diri sendiri, anggaran yang ada dan lain-lainnya. Untuk memilih universitas terdapat banyak sekali faktor-faktor yang penting, misalnya hal-hal yang perlu dipikirkan apabila orang Indonesia akan belajar di Amerika:

Memilih universitas swasta atau universitas negara bagian?
Di Amerika, belajar di universitas yang biayanya mahal pasti akan mendapatkan ilmu yang berkualitas, dan universitas yang berkualitas itu kebanyakan adalah universitas swasta. Hal ini sudah tidak asing lagi bagi orang disana. Maka dari itu, belajar di universitas swasta memerlukan biaya yang sangat tinggi, tetapi pendidikan yang didpatkan sangat bermutu dan memberikan pelayanan yang sangat bagus bagi pelajarnya.

Lain halnya dengan universitas negara bagian, biaya kuliahnya sangat murah tetapi pelayanan terhadap pelajarnya tidak sebagus universitas swasta, tidak dapat memberikan support terhadap siswa perorang karena kebanyakan universitas negara bagian berskala besar dan mengutamakan pelajar yang berasal dari negara bagian tersebut (daripada pelajar asing atau pelajar yang datang dari luar negara baigian).

Meskipun universitas swasta berskala kecil, kebanyakan dari mereka diberi sebutan Liberal Arts College karena memiliki jumlah pelajar yang sedikit, dimana pihak universitas dapat memberikan bimbingan yang sangat santun dan care yang bagus sekali yang sangat cocok sekali untuk pelajar asing.

Skala Universitas
Di Amerika, ada universitas berskala kecil yang jumlah siswanya tidak sampai 1.000 orang, ada juga yang universitas berskala besar yang jumlah siswanya lebih dari 30.000 orang. Di Amerika, untuk menempuh program S1 biasanya College (universitas) berskala kecil, dan untuk menempuh program S2 keatas biasanya universitas berskala besar sangat direkomendasikan.

Hanya, bagi mereka yang ingin mengambil jurusan seperti olahraga, mungkin lebih baik untuk memilih universitas berskala besar yang perlengkapan dan fasilitasnya lengkap. Namun universitas berskala besar biasanya lebih memfokuskan penilitiannya daripada pendidikannya, dan biasanya tutor kuliahnya adalah TA (Teaching Assistant, Pembantu Dosen) bukan dosennya sendiri.

Daerah
Biasanya universitas di Amerika bagian timur atau timur laut pendidikannya berkualitas tinggi, khususnya untuk universitas yang berada daerah-daerah New England (Maine, New Hampshire, Vermont, Massachusetts, Rhode Island, Connecticut) banyak sekali yang terkenal bermutu kualitas pendidikannya. Apabila belum ada universitas yang dituju, ada baiknya untuk melihat informasi universitas di daerah New England.

Sementara untuk bagian barat atau selatan, banyak sekali universitas-universitas baru milik negara bagian (atau Communication College) yang sedang berkembang. Banyak sekali orang minority (selain kulit putih), khususnya orang Hispanic dan Imigran dari Asia yang bertempat tinggal di sekitar daerah ini.

Level Ujian Masuk Universitas
Level ujian masuk universitas di Amerika dapat anda ketahui dengan cara dibawah ini.

Nilai rata-rata ujian masuk SAT* (ACT).
Penilaian ujian masuk Barron’s atau Peterson’s (*).
Nilai rata-rata (report, GPA) siswa yang akan masuk.
Nilai ujian TOEFL® yang dibutuhkan.
Presentase kelulusan.

Tetapi, nilai-nilai diatas hanyalah sebatas nilai standar, dan dengan hanya nilai-nilai diatas anda tidak dapat mengukur potensial kelulusan anda. Ujian masuk universitas di Amerika tidak hanya ditentukan oleh satu faktor saja, melainkan beberapa faktor. Khususnya untuk universitas swasta, anda dapat mengapilkan (merekomendasikan) diri anda dengan menulis suatu essay (karangan), atau prestasi non-akademis (misalnya mempunyai prestasi di bidang olahraga atau seni), dan lain-lain dimana syarat-syarat tersebut tidak harus berupa nilai karena universitas swasta di Amerika menerima pelajar beraneka ragam. Jangan menyerah apabila level universitas yang ingin anda tujui sangat susah. Cobalah berkonsultasi dengan kami.
Anggaran biaya kuliah
Untuk dapat belajar di Amerika, dibutuhkan biaya sekitar $30.000 sampai $40.000 pertahunnya. Biaya kuliah untuk universitas swasta sekitar $ 15.000 sampai $32.000, dan untuk universitas negara bagian dibutuhkan sekitar $10.000 sampai $26.000. Untuk biaya makan dan asrama dibutuhkan biaya sekitar $5.000 sampai $10.000. Selain itu dibutuhkan juga biaya untuk membeli buku pelajaran, biaya telefon dan lain-lain sekitar $10.000 pertahunnya. Sudah pasti anda berpikir bahwa biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan di Amerika sangatlah mahal, dan anda tentu ingin menghematnya. Namun sangatlah berbahaya apabila anda memilih universitas hanya dengan karena murahnya biaya kuliah suatu universitas itu saja. Hanya dengan karena biaya kuliah murah, anda tidak dapat menerima pendidikan yang bermutu dan berkualitas, dan banyak sekali universitas seperti ini yang tidak menyediakan asrama untuk pelajarnya, malahan akan dibutuhkan biaya yang lebih mahal daripada yang anda bayangkan karena anda harus tinggal di apartemen dan harus mengeluarkan biaya untuk transportasi. Maka dari kami, sangatlah baik apabila anda mencari universitas yang mempunyai lingkungan baik dan cocok dengan yang anda inginkan.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!