Marine Science, Policy, and Law
Marine Science, Policy, and Law
22 Januari 2019
Layanan Kami
Pelayanan Kami
8 Februari 2019

Baldwin Street, Selandia Baru: Jalan Tercuram di Dunia

Apakah Kamu pernah mendengar tentang Baldwin Street?

Jalan unik ini terletak di Dunedin, Selandia Baru dan memenangkan jalan perumahan paling curam di dunia menurut Guinness World Records. Dengan panjang 350 m (1.150 kaki), Baldwin Street memanjang ke arah timur dari lembah Lindsey Creek ke sisi Signal Hill menuju Opoho. Jalan yang curam ini diberi nama William Baldwin karena beliau merupakan seorang anggota Dewan Provinsi Otago yang berperan dalam membagi daerah ini.

Sumber: The Independent

Di balik rekor dunia yang menjadi sorotan, kecuraman jalanan sebenarnya tidak direncanakan. Jalanan ini pertama kali dibangun oleh perancang asal London dengan pola grid tanpa mempertimbangkan medan. Permukaan bagian bawahnya merupakan aspal yang cukup curam tetapi di bagian atas cul-de-sacnya juga jauh lebih curam dan terbuat dari beton sepanjang 660 kaki.

Sumber: The Province

Baldwin Street juga digunakan sebagai tempat acara tahunan di Dunedin. Setiap tahun di musim panas, Baldwin Street Gutbuster diadakan untuk menyelenggarakan aktifitas kebugaran dan latihan keseimbangan. Para atlet yang berpartisipasi akan berlari dari pangkal jalan menuju ke atas dan kembali turun. Selain itu, acara ini berhasil menarik beberapa ratus pesaing setiap tahunnya.

Tempat-tempat lain yang dapat dikunjungi, seperti, restoran, museum, kebun raya, ataupun tempat pembuatan bir,  dapat dengan mudah ditemukan disekitarnya. Dan di area ini, mereka juga memiliki universitas yang berdiri paling pertama, yaitu University of Otago dengan reputasi lingkungan belajar yang sangat baik.

Sumber: Amusing Planet

Oleh karena itu, Baldwin Street tentunya bukan hanya daerah yang unik loh. Tetapi juga memiliki banyak destinasi yang menarik dan bermanfaat bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu untuk melakukan kegiatan mereka masing-masing.

Comments are closed.