Humber College Pilihan Terjangkau Bagi Calon Pekerja Unggulan
17 November 2016
International Relations Program in Florida International University
17 November 2016

Ingin Kuliah Sambil Kerja di Amerika? Cermati Dulu Jenis Visanya

Kuliah ke luar negeri sambil kerja merupakan hal yang umum terutama di negara adidaya Amerika Serikat. Banyak siswa yang memutuskan untuk melakukan kerja sambilan baik untuk membantu biaya kuliah, biaya hidup, ingin mendapat pengalaman bekerja, atau ingin lebih mudah beradaptasi dengan masyarakat dan lingkungan lokal.


Sebagai pelajar internasional biasanya siswa diberikan kesempatan bekerja sambilan. Rata-rata visa yang dipegang oleh siswa mengizinkan mereka untuk bekerja lebih kurang 20 jam per minggu pada masa perkuliahan dan 40 jam per minggu saat masa libur. Namun ada pula visa yang tidak mengizinkan siswanya untuk bekerja. Lalu, apa saja sih jenis visa pelajar bagi siswa internasional di Amerika?

Baca Juga: Mendapatkan Pengalaman Kerja Sebagai Siswa Internasional di UK


Figured 1. Student Visa F-1. Sumber:

Figured 1. Student Visa F-1. Sumber: freepik

  1. Visa F-1

Visa F-1 diberikan pada mahasiswa yang mengambil kuliah purna waktu di baik di universitas maupun sekolah tinggi. Siswa tahun pertama yang memegang visa ini tidak diizinkan untuk bekerja di luar kampus. Setelah menyelesaikan tahun pertama, siswa berhak mengambil kerja sambilan selama 20 jam per minggu pada masa kuliah dan 40 jam per minggu saat libur panjang. Namun, bagi siswa yang memang mengalami kesulitan finansial atau kondisi lain yang mengharuskan mereka bekerja, US Citizenship & Immigration Services (USCIS) dapat memberikan izin kerja bagi siswa tahun pertama yang memegang visa F-1. Siswa yang mendapatkan izin ini harus membuktikan tidak tersedianya lowongan di kampus dan harus membayar biaya permohonan sebesar USD380.


Pada tahun pertama, USCIS dapat memberi pemegang visa F-1 izin untuk mengikuti Curricula Practical Training (CPT) atau Optional Practical Training (OPT) selama 1 tahun.


Curricular Practical Training (CPT)

Untuk mempertahankan status visa, siswa yang mengikuti CPT wajib mempertahankan kredit nilai utuh. Ada dua (2) jenis CPT yaitu:


  • Academic Programme CPT: siswa wajib memiliki pengalaman kerja untuk memenuhi persyaratan program kuliah yang diambil.
  • Non-Required CPT: siswa tidak wajib memiliki pengalaman kerja namun diperlukan jika ingin melengkapi kredit nilai.


Figured 2. CPT dan OPT. Sumber: www.visavoice.com

Figured 2. CPT dan OPT. Sumber: www.visavoice.com


Optional Practical Training (OPT)

OPT biasanya berdurasi satu (1) tahun di mana siswa bekerja di bidang yang berkaitan dengan program kuliah yang diambil. Siswa bisa bekerja selama 20 jam per minggu selama masa perkuliahan dan 40 jam per minggu saat masa libur. Bagi siswa yang mengambil jurusan di bidang Science, Technology, Engineering, atau Mathematics (STEM), siswa bisa mendapatkan izin mulai dari satu (1) tahun hingga 17 bulan.


  1. Visa M-1

Visa ini diberikan bagi siswa yang mengambil program kejuruan di Amerika. Bagi siswa yang memiliki visa M-1 tidak diizinkan bekerja selain pelatihan praktek yang berkaitan dengan program kuliah yang diambil selama enam (6) bulan setelah program kuliah berakhir. Pemegang visa M-1 dapat mengikuti program OPT dengan durasi yang disesuaikan dengan durasi perkuliahan. Contohnya jika siswa berkuliah selama empat (4) bulan, siswa dapat mengikuti OPT selama satu (1) bulan, dan jika program yang diambil berdurasi satu (1) tahun, siswa diizinkan mengikuti OPT selama tiga (3) bulan.


  1. Visa J-1

Visa ini dimiliki oleh para mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar. Visa ini memperbolehkan siswa untuk bekerja selama 20 jam per minggu pada masa perkuliahan dan 40 jam per minggu pada saat libur jika siswa dapat mempertahankan nilai yang baik dan mengambil mata kuliah penuh. Jika siswa mengalami kesulitan finansial, mereka diizinkan untuk bekerja di luar kampus.

Baca Juga: 6 Tips Untuk Pengurusan Visa yang Lebih Efektif

Untuk bantuan dalam kepengurusan visa, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (NRK)

 

Tinggalkan Balasan