SUN Dengan Bangga Menghadirkan Universitas British Columbia
23 Juli 2016
Kuliah Sambil Kerja Pertimbangkan Dulu Untung Ruginya
25 Juli 2016

Intip Serunya Masa Orientasi Siswa di Luar Negeri

Saat berbicara mengenai kuliah di luar negeri, tentunya tidak lepas dari masa orientasi pada hari pertama perkuliahan. Kegiatan ini diadakan per tiap tahun ajaran untuk mengenalkan lingkungan kampus, kehidupan kampus, serta sistem akademik pada siswa baru.


Curtin Australia O-Week

Figure 1. Orientation Week di Curtin Australia. Sumber: Curtin Australia

Jika di Indonesia masa orientasi ini lekat dengan kata kekerasan, di beberapa negara, kegiatan ini lebih mengarahkan siswa untuk mengenal lingkungan kampus mereka, melakukan kegiatan sosial, mengadakan kerja kelompok, dan tidak ada aksi senioritas yang sering terjadi di dunia pendidikan Indonesia.


Lalu, kegiatan orientasi seperti apa yang dilakukan negara tersebut? Yuk, intip keseruan masa orientasi siswa di negara-negara berikut ini.


1. Belanda: Wisata Budaya
Uniknya masa orientasi di Belanda di mana mahasiswa baru diajak berkeliling lingkunagn kampus dan sekitarnya terutama yang memiliki sejarah, menjadi salah satu hal menarik bagi siswa baru terutama mahasiswa internasional. Bagi siswa internasional, pengenalan budaya Belanda juga menjadi kegiatan wajib dalam masa orientasi ini.

Baca Juga: Semua Hal Tentang Kuliah di Eropa


2. Amerika Serikat: Masa Orientasi Penuh Diskusi
Di University of New Mexico, Amerika Serikat, siswa menerima pelajaran berharga mengenai ilmu keuangan, konsultasi, kasus pelecehan seksual, dan ilmu mengenai minuman beralkohol. Selain diskusi, mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk kemudian melakukan berbagai kegiatan seperti tur mengelilingi lingkungan kampus, bermain games, serta pesta penyambutan mahasiswa baru.


3. Australia: O-Week Penuh Guna
Pekan orientasi atau biasa disebut O-Week di negara kangguru ini menjadi pekan untuk membantu siswa dalam beradaptasi dengan lingkungan kampus dan kehidupan sebagai mahasiswa. Bagi siswa internasional, O-Week sangat berguna karena mahasiswa diberikan sejumlah pelatihan mengenai cara menulis esai atau makalah dalam bahasa Inggris, dan bagaimana cara menyadur sebuah karya akademis.


Frosh Week 1

Figure 2. Frosh Week di Kanada. Sumber: Dalhousie Gazette

4. Kanada: Frosh Week yang Bervariasi
Di Kanada, pekan orientasi mahasiswa bervariasi di tiap perguruan tinggi. Misalnya di University of British Columbia, perkuliahan sengaja ditiadakan untuk seluruh mahasiswa dalam rangka menyambut mahasiswa baru yang disebut sebagai Imagine Day. Frosh Week terunik terjadi di Queen University karena kegiatannya diadakan dengan sangat rahasia dan hanya mahasiswa dan alumni yang merasakan pengalaman Frosh Week tersebut.

Baca Juga: Semua Hal Tentang Kuliah di Kanada


5. Singapura: Kindness Campaign
Pekan orientasi yang diadakan oleh Nanyang Technology University (NTU) Singapura sempat menjadi tren di media. Kegiatan yang diberi nama kindness campaign diadakan dengan cara melakukan kegiatan positif untuk membuat orang lebih bahagia. Kegiatan tersebut bervariasi mulai dari yang sederhana seperti memberi semangat pada para penumpang mass rapid transit (MRT), membantu bersih-bersih stasiun, terminal, dan toilet umum, hingga membantu pekerjaan para manula.


Orientasi harus lebih menekankan pada pengenalan sistem akademik dan lingkungan perguruan tinggi agar membantu proses adaptasi siswa. Jadi, proses kuliah pun jadi terasa lebih nyaman dan mudah. Jika kamu suka artikel ini, jangan lupa untuk share dan beri komentar ya.

(NRK)

 

Tinggalkan Balasan