IRLANDIA

Ireland atau Irlandia merupakan salah satu bagian dari Kepulauan Britania. Negara kecil ini memiliki pemandangan alam yang indah, masyarakat yang ramah, dan bangunan-bangunan kuno seperti kastil dan katedral. Negara ini juga dikenal sebagai lokasi pembuatan seri televisi terkenal Game of Thrones.

INFO PENDIDIKAN DI IRLANDIA

  • Banyak institusi pendidikan tinggi Irlandia mendapat peringkat internasional dengan
    beragam program yang kuat (5000+) di berbagai wilayah.
  • Irlandia memiliki kekayaan budaya, pemandangan yang menakjubkan, dan orang-orang
    yang ramah, sehingga memberikan pengalaman luar biasa bagi pelajar internasional.
  • Terdapat banyak peluang pekerjaan di perusahaan-perusahaan terkemuka dunia. Banyak merek seperti Google, HP, Apple, IBM, Facebook, Linkedin, Twitter, Pfizer, GSK, dan Genzyme menjadikan Irlandia sebagai destinasi kantor utama mereka untuk operasi Eropa.
  • Aturan pemerintah yang baru memungkinkan siswa untuk tinggal selama 6 bulan dalam deklarasi hasil untuk mencari pekerjaan. Begitu siswa mendapatkan pekerjaan, siswa tersebut berhak mengajukan permohonan Izin Kerja / Green Card.
  • Keuntungan belajar di negara Eropa adalah kemudahan travelling dari satu negara ke negara Eropa berikutnya.

1. Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah


Pendidikan dasar meliputi sekolah dasar yang didanai oleh negara, sekolah khusus, dan sekolah dasar swasta. Sekolah yang didanai oleh negara termasuk sekolah-sekolah agama, sekolah non-denominasi, sekolah multi-denominasi dan Gaelscoileanna (sekolah menengah Irlandia).


Pendidikan sekolah menengah pertama terdiri dari sekolah menengah, kejuruan, dan sekolah masyarakat dan komprehensif (community and comprehensive schools). Pendidikan sekolah menengah terdiri dari 3 tahun sekolah menengah pertama dan 2 atau 3 tahun sekolah menengah atas tergantung program Transition Year (TY) apa yang diambil.


2. Pendidikan Lanjutan dan Pelatihan

Pendidikan lanjutan meliputi pendidikan dan pelatihan yang dimulai setelah sekolah tingkat kedua (second-level education). Ada sejumlah penyedia pendidikan dan pelatihan lanjutan yang memberikan pendidikan lanjutan bagi lulusan sekolah dan orang dewasa.

3. Pendidikan Tinggi


Penyedia pendidikan tinggi di Irlandia terdiri dari 7 universitas, 14 institusi teknologi, termasuk Dublin Institute of Technology, dan 7 sekolah tinggi. Selain itu, sejumlah institusi menyediakan pendidikan spesialis di bidang seperti seni dan desain, obat-obatan, bisnis, pembangunan pedesaan, teologi, musik, dan hukum.

1. Visa dan Asuransi


Untuk mendapatkan visa pelajar, siswa harus mendaftar program dengan durasi lebih dari 3 bulan. Siswa bisa mengajukan permohonan visa pelajar 3 bulan sebelum siswa berangkat ke Irlandia  arena proses visa bisa berlangsung hingga 8 minggu sejak tanggal permohonan. Siswa internasional juga wajib mendaftar ke Garda National Immigration Bureau (GNIB) untuk mendapatkan kartu GNIB.


Siswa internasional diwajibkan mengikuti asuransi kesehatan yang akan dibutuhkan pada saat pendaftaran ke pihak imigrasi. Siswa bisa menggunakan asuransi kesehatan dari negara asal yang memenuhi standar Irish Naturalisastion and Immigration Service (INIS).


Pemerintah Irlandia mengijinkan siswa internasional (non EU, non EEA, dan non-Switzerland) yang telah menamatkan pendidikan tingkat Sarjana untuk tinggal di negara tersebut selama 12 bulan untuk mencari lapangan kerja. Skema ini dinamakan Third Level Graduate Scheme Permission. Setelah melewati masa 12 bulan tersebut, siswa dapat mengajukan Green Card atau Work Permit Scheme.


2. Akomodasi


Siswa bisa memilih akomodasi on-campus atau off-campus tergantung kebutuhan masing-masing.  Komodasi on-campus biasanya selalu dalam permintaan dengan harga yang cukup mahal dan sulit untuk mendapatkan tempat. Untuk akomodasi off-campus, biaya yang diperlukan beragam mulai dari EUR 350 per bulan untuk kamar lebih dari 1 orang hingga EUR 700 per bulan untuk kamar pribadi di kota besar seperti Dublin.

3. Kerja Sambilan


Per 1 September 2016, siswa internasional yang memegang kartu GNIB diperbolehkan bekerja paruh waktu selama 20 jam per minggu dan penuh waktu selama 40 jam per minggu saat libur musim panas dan musim dingin. Upah kerja sambilan di Irlandia mulai dari EUR 9 per jam. 

Biaya hidup sebagai siswa di Irlandia termasuk biaya akomodasi, listrik, makanan, buku, binatu, dan obat-obatan serta biaya lainnya adalah sekitar EUR 1.200 hingga EUR 2.000 per bulan. Biaya ini bisa berkurang jika siswa tinggal di luar kota Dublin. Siswa internasional yang akan belajar di Irlandia perlu menyisihkan keuangan untuk membeli hal-hal seperti peralatan dapur, sprei, telepon genggam, dan lainnya.

GEO & CULTURE

LOKASI IRLANDIA

Irlandia adalah sebuah pulau di Atlantik Utara dan merupakan pulau terbesar kedua di Kepulauan Britania. Secara politik, Irlandia dibagi menjadi 2 bagian yaitu Republic of Ireland (atau Irlandia) yang meliputi 5/6 bagian pulau, dan Irlandia Utara, yang merupakan bagian dari Britania Raya, di sebelah timur laut pulau.

IKLIM IRLANDIA

Iklim di Irlandia adalah sedang dan dipengaruhi oleh arus Atlantik Utara. Musim panasnya tidak begitu panas (maksimal 20°C) dan musim dinginnya juga tidak terlalu dingin (minimal 4°C).


Beberapa bagian Irlandia mendapatkan 275 hari dengan hujan dalam setahun. Irlandia memiliki 4 musim dengan pembagian periode sebagai berikut:


• Summer (musim panas) : Mei – Juli
• Fall (musim gugur) : Agustus – Oktober
• Winter (musim dingin) : November – Januari
• Spring (musim semi) : Februari – April

ZONA WAKTU IRLANDIA

Irlandia menggunakan Irish Standard Time (UTC+01:00) di musim panas dan Greenwich Mean Time (UTC+0) di musim dingin.

MASYARAKAT IRLANDIA

Irish merupakan sebutan masyarakat asli Irlandia yang berasal dari leluhur, identitas, dan budaya yang sama. Penduduk di Irlandia berasal dari kebangsaan berbeda termasuk Irlandia, Irlandia Utara, dan Inggris.


Irlandia memiliki adat, bahasa, musik, tarian, olahraga, masakan, dan mitologi sendiri. Meskipun Irish (Gaelic) merupakan bahasa ibu mereka di masa lalu, kini penduduk Irlandia lebih banyak menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

TRANSPORTASI DI IRLANDIA

Transportasi umum di Irlandia tersedia dalam bentuk kereta api, bus, taksi, dan pesawat. Bus merupakan transportasi publik yang umum tersebar di seluruh kota. Bus juga merupakan pilihan transportasi yang lebih murah dibandingkan dengan kereta api. Jika pelajar membutuhkan kendaraan yang tersedia setiap saat, taksi bisa menjadi pilihan namun dengan harga di atas harga tiket bus.

PEMERINTAHAN IRLANDIA

Irlandia merupakan negara demokrasi dengan Kepala Pemerintah yang disebut Taoiseach dan Wakil Perdana Menteri yang disebut Tanaiste. Irlandia memiliki 15 Departemen Pemerintahan.
Taoiseach dan para Menteri secara kolektif membentuk pemerintahan di bawah konstitusi Irlandia di mana mereka memegang kekuasaan eksekutif.

TUJUAN WISATA DI IRLANDIA

1. Trinity College Dublin


Merupakan universitas tertua di Irlandia yang dibangun pada tahun 1592 oleh Queen Elizabeth I. Institusi ini terkenal oleh “harta karun” berharganya seperti Book of Kells (buku gospel dalam bahasa Latin) dan Long Room (yang menjadi inspirasi perpustakaan film Harry Potter pertama).


2. Grafton Street Area, Dublin

Selain sebagai salah satu pusat perbelanjaan, Grafton Street juga dipenuhi pengamen, penjual bunga, dan seniman jalanan. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang di sini. Nikmati sarapan pagi legendaris Irlandia di Bewley’s Oriental Café atau nikmati berjalan menelusuri lorong-lorong di sepanjang Grafton Street Area.


3. Cliffs of Moher


Cliff of Moher terletak di tepi barat daya wiayah Burren di County Clare, Irlandia. Dari tebing  setinggi 120 meter ini, pengunjung dapat melihat Kepulauan Aran di Galway Bay dan Gunung Maumturks and Twelve Pins.

FAKTA MENARIK MENGENAI IRLANDIA
  • Bulan Mei merupakan bulan dengan cuaca paling kering di Irlandia.
  •  Irlandia merupakan satu-satunya negara yang menggunakan alat musik – harpa – sebagai simbol nasionalnya.
  • Irlandia merupakan pulau terbesar ketiga di Eropa dan ke-20 di dunia.
  • Nama tempat terpanjang di Irlandia adalah Muckanaghederdauhaulia, di County Galway.
  • Pusara Newgrange di County Meath dibangun SM 3200 yang menjadikannya 600 tahun lebih tua dibandingkan Piramida Giza di Mesir dan 1.000 tahun lebih tua dibandingkan Stonehenge.
Chat di WhatsApp