ITALIA

Italia merupakan negara di sebelah selatan Eropa yang berbentuk seperti sepatu boots. Luasnya sekitar 301.338 km2 dan memiliki iklim mediterania. Dengan 61 juta penduduk, negara Casanova ini memiliki populasi terbanyak keempat di Eropa. Italia adalah salah satu negara maju dengan ekonomi terbesar ketiga di Eurozone dan terbesar kedelapan di dunia (IMF 2014).
Italia memainkan peranan penting dalam pendidikan tinggi di Eropa : sebagai salah satu dari empat (4) negara yang mencetuskan “European Area of Higher Education” (Sorbonne Declaration, Mei 1998), sebagai dasar dari reformasi pendidikan tinggi “Bologna Process” (Bologna Declaration, Juni 1999) yang diterapkan di seluruh Eropa.

INFO PENDIDIKAN DI ITALIA

  • Italia berada di garda depan dalam setiap bidang pendidikan yang lebih tinggi, khususnya di bidang desain, arsitektur, ilmu terapan, dan seni.
  • Penelitian ilmiah sangat dihargai di negara ini, terutama yang menyangkut energi, lingkungan, dan transportasi.
  • Belajar di Italia lebih murah karena banyak terdapat beasiswa dan bantuan finansial serta potongan harga untuk makanan dan akomodasi bagi pelajar.
  • Ada lebih dari 32.000 pelajar internasional sehingga jaringan perkenalan Anda akan meluas dan bisa mempelajari kebudayaan negara lain.

Besaran pengeluaran harian di kota turis dan kota besar, terutama di bagian utara Italia, akan lebih mahal daripada kota kecil. Pelajar memerlukan sekitar EUR 1.000 hingga EUR 1.500 per bulan tergantung kota yang ditempati. Biaya ini meliputi biaya akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, dan keperluan sehari-hari lainnya.

  1. Visa & Asuransi

Student Visa diperlukan hanya bagi mereka yang akan menjalani perkuliahan lebih dari 90 hari yang berlaku selama masa studi berlangsung. Asuransi wajib dimiliki oleh pelajar internasional kecuali bagi mereka dengan masa studi kurang dari enam (6) bulan.

  1. Akomodasi

Pelajar bisa memilih untuk tinggal di akomodasi dalam atau luar kampus. Jika memilih tinggal di luar kampus, pertimbangkan jarak, harga, dan fasilitas yang didapat. Biaya sewa tempat tinggal di luar kota berkisar antara EUR 450 hingga EUR 800 per bulannya dan EUR 600 hingga EUR 1.200 per bulan bagi yang tinggal di kota.

  1. Kerja Sambilan

Pelajar yang bisa bekerja sambilan hanyalah pelajar Italia dan pelajar dari anggota European Union. Sedangkan bagi pelajar internasional, mereka wajib memiliki surat izin bekerja yang sangat sulit untuk didapatkan. Perusahaan wajib mengirimkan surat kerja ke Kantor Polisi Italia “Questura” namun birokrasi membuat proses ini menjadi lama dan visa Anda bisa jadi tidak memungkinkan Anda untuk bekerja di Italia.

  1. Sekolah Dasar & Sekolah Menengah

Umumnya diawali dengan tiga (3) tahun sekolah TK, berlanjut ke Sekolah Dasar selama lima (5) tahun.

Sekolah Menengah Pertama yang berlangsung selama tiga (3) tahun dan Sekolah Menengah Atas yang berlangsung selama lima (5) tahun. Setiap tingkatan akan ada ujian di akhir tahun bernama esame di maturità, yang diperlukan untuk masuk ke universitas.

  1. Pendidikan Tinggi

Universitas di Italia termasuk dalam universitas tertua di dunia, seperti University of Bologna (didirikan tahun 1088), University of Padua (didirikan tahun 1222), dan University of Naples (didirikan tahun 1224).

Program Sarjana di Italia biasanya berlangsung selama tiga (3) tahun, Master selama dua (2) tahun, dan Doktoral selama tiga (3) hingga lima (5) tahun.

GEO & CULTURE

LOKASI ITALIA

Country Italia map

Berlokasi di Eropa Selatan, Italia adalah sebuah semenanjung yang meluas hingga Laut Tengah Mediterania. Italia berbatasan dengan Perancis di sebelah barat, Swiss dan Austria di sebelah utara, dan Slovenia di timur. Ibukotanya, Roma terletak di pantai barat negara pasta ini.

IKLIM ITALIA

Berbeda dengan negara Eropa lainnya, Italia memiliki perbedaan iklim tergantung area tempat Anda tinggal. Bagian utara memiliki musim dingin yang dingin dan musim panas yang sangat panas. Di bagian selatan, musim gugur, musim semi dan musim panas tampaknya berbaur bersama-sama dan berbeda sedikit. Iklim di Italia tengah lebih ringan dan memiliki suhu rata-rata sepanjang tahun.

  • Summer (Musim panas) : Juni – Agustus
  • Fall (Musim gugur) : September – November
  • Winter (Musim dingin) : Desember – Februari
  • Spring (Musim semi) : Maret – Mei
ZONA WAKTU ITALIA

Italia memiliki waktu standar GMT +1 yang berarti negara ini lebih lambat lima (5) jam dari Indonesia. Selain itu, negara ini juga memiliki Daylight Saving Time yang membuat waktunya maju satu (1) jam lebih awal dari biasanya. DST ini berlangsung dari akhir bulan Maret hingga akhir bulan Oktober di mana waktu kemudian akan kembali normal.

MASYARAKAT ITALIA

Masyarakat Italia biasa disebut Italian adalah penduduk Republik Italia, terlepas dari keturunan atau negara tempat tinggal, dan dibedakan dari orang-orang keturunan Italia dan dari etnis Italia yang tinggal di wilayah yang berdekatan dengan Semenanjung Italia.

TRANSPORTASI DI ITALIA

Berkeliling Italia secara umum mudah dan efisien karena adanya jaringan kereta api yang sangat baik seperti kereta berkecepatan tinggi (Elettero Treno Rapido), kereta antar kota (Eurostar dan InterCity), dan kereta regional (Inter Regionale, Regionale dan Diretto). Italia juga memiliki sejumlah besar pelabuhan untuk transportasi barang dan untuk membawa penumpang ke beberapa pulau utama di Italia.

Untuk jalur darat, Anda bisa menggunakan bis, metro, dan taksi. Untuk tiket bis dan metro, tiket harus divalidasi saat Anda telah naik. Pembelian tiket bisa dilakukan di toko rokok, toko koran, atau mesin tiket di stasiun bus dan metro. Tiket biasanya berharga sekitar EUR 1,30 hingga EUR 1,80.

PEMERINTAHAN ITALIA

Italia awalnya menggunakan sistem pemerintahan monarki selama paruh kedua abad ke-19 hingga 1946. Pada 2 Juni 1946, sistem ini dihapus dan digantikan dengan sistem pemerintahan demokrat republik. Kekuasaan eksekutif dilaksanakan secara kolektif oleh Dewan Menteri, yang dipimpin oleh Perdana Menteri, yang secara resmi disebut sebagai Presiden Dewan (Presidente del Consiglio).

TUJUAN WISATA DI ITALIA
  1. Canal of Venice

Venesia adalah kota romantis dengan gondolanya yang melaju di atas kanal-kanal kecil menyusuri kota kecil ini sambil mendengarkan gondolier (pengendali gondola) bernyanyi. Kota ini kini memiliki lebih banyak wisatawan dibanding penduduknya.

  1. Colosseum

Colosseum yang terletak di Roma ini adalah amphitheatre terbesar dan terkenal sejak zaman Romawi. Bangunan ini mampu menampung sekitar 50.000 penonton dengan pintu masuk tidak kurang dari 80 pintu.

  1. Pompeii

Kota yang terkena letusan gunung Vesuvius dan terkubur abu dan tanah ini, kini menjadi salah satu lokasi wisata terkenal di Italia. Ada lebih kurang 2,5 juta pengunjung tiap tahunnya.

FAKTA MENARIK MENGENAI ITALIA
  • Ibukotanya Roma, berusia hampir 3.000 tahun dan telah menjadi ibukota sejak 1871.
  • Konon Italia memiliki lebih banyak mahakarya per mil persegi dibanding negara lain di dunia.
  • Banyak penemuan terkenal ditemukan oleh orang Italia seperti mesin espresso ditemukan oleh Angelo Moriondo, mobil oleh Francesco Di Giorgio Martini, kacamata oleh Salvino Armati, dan kamus terjemahan oleh Ambrogio Calepino.
  • Italia juga terkenal atas adibusana dengan merek-merek ternama dilahirkan di sana seperti Gucci, Benetton, dan Armani, serta Prada, Versace, dan Dolce & Gabbana. Merek mobil ternama seperti Ferrari, Lamborghini, dan Maserati juga diproduksi di sana.
Chat di WhatsApp