Kuliah S1 di ‘Era Sekarang’ Ada Berapa Macam Semester Ya?
25 Maret 2021
Kiat dan Strategi untuk Meningkatkan iBT TOEFL Score Kamu!
26 Maret 2021

Criminal Justice and Law Enforcement / Hukum Tindak Kriminal

Sumber: Unsplash

Jurusan Criminal Justice and Law Enforcement berfokus pada bagaimana reaksi lingkungan terhadap suatu tindakan kriminal. Ilmu yang dipelajari dalam jurusan ini mencakup ilmu yang mempelajari sikap manusia terutama sosiologi, psikologi, dan pekerjaan sosial. Kamu akan mempelajari teori tentang penyebab-penyebab tindakan kriminal dan juga cara mengatur pelayanan publik baik untuk pencegahan tindak kriminal serta pengendalian tindak kriminal. Kelas tentang metode penelitian dan statistik kriminal pun akan sering diperlukan.

Jurusan ini berbeda dengan kriminologi yang hanya terfokus pada sosiologi dan psikologi yang didasari tindakan kriminal. Sangat cocok jika kamu senang bekerjasama dengan orang lain, membantu orang lain, menjadi anggota dalam suatu komunitas atau keagamaan, berbicara di depan umum, berdebat, suka permainan misteri, dan suka cerita kriminal. Kamu juga bisa mempertimbangkan jurusan ini jika kamu kuat dalam perhatian ke detil, konseling, kepemimpinan, berorganisasi, mempengaruhi orang lain, memecahkan masalah, bekerjasama dalam tim atau punya inisiatif, punya ketahanan menghadapi tekanan, kesabaran, serta kemampuan lisan dan tulisan yang baik.

Lulusan Criminal Justice and Law Enforcement dapat berkarir sebagai polisi, petugas keamanan, petugas penjaga hukuman percobaan, petugas penjaga hukuman bebas bersyarat, konselor hukuman perbaikan, agen FBI, CIA, pemerintahan maupun swasta, dan juga bisa masuk ke dalam militer.

Sumber:

Academy of Criminal Justice Sciences (ACJS)
www.acjs.org

American Correctional Association (ACA)
www.aca.org

American Probation and Parole Association (APPA)
www.appa-net.org

Comments are closed.