Pengalaman Kuliah S2 di Australia? ‘Should’ or ‘Not’?
26 Februari 2021
TOTAL ONE STOP SOLUTION FOR STUDY IN USA
26 Februari 2021

Applied Physics / Fisika Terapan

Sumber: Freepik

Fisika Terapan menggabungkan fisika murni dengan matematika, ilmu pengetahuan, dan prinsip teknik. Jurusan ini menerapkannya pembelajarannya dalam praktek yang biasa diarahkan menuju perkembangan teknologi yang lebih modern seperti nanoteknologi, medis, penyediaan gambar/rontgen yang lebih canggih, serta energi terbarukan.

Fisika Terapan cocok bagi kamu yang suka mempelajari bagaimana cara kerja sesuatu benda, bekerjasama dalam tim, mempelajari teknologi baru, menyukai teori yang berhubungan dengan prakteknya, berpartisipasi dalam pameran teknologi,  hingga menyukai perkemahan praktek teknologi.

Saat menempuh bidang ini kamu dituntut untuk berpikir kritis dan kreatif, memahami matematika, analisis kuantitatif, analisis spatial/penempatan ruang, detil, suka meneliti, punya inisiatif, keingintahuan yang kuat, serta kemampuan berbicara dan menulis yang baik.

Seorang Ahli Fisika Terapan tidak merancang suatu penemuan bentuk baru, karena itu adalah tugas insinyur/ahli teknik. Sebaliknya tugas seorang Ahli Fisika Terapan adalah menggunakan konsep ilmu Fisika untuk meneliti dan membuat teknologi baru serta menyelesaikan masalah yang dialami oleh seorang insinyur.

Perbedaan ilmu Fisika Terapan dengan Fisika biasa yang lama adalah lebih luas dan fleksibelnya jurusan ini. Tahun pertama dan kedua jurusan ini menggabungkan berbagai ilmu jurusan lain yang berhubungan seperti teknik, ilmu komputer, kimia, dan biologi. Jadi, kamu akan mempunyai banyak pilihan untuk fokus ilmu yang ingin ditekuni di tahun berikutnya.

Misalnya untuk jurusan optik terapan, kamu akan menggabungkan pengetahuan dari serat optik, laser, LED, dengan alat-alat listrik, pengendali, dan sistem komunikasi untuk meneliti cara meningkatkan kecepatan transmisi data. Selain itu bisa juga untuk jurusan material terapan, kamu akan menggabungkan ilmu fisika untuk elektronik, magnetik, dan bahan optik dengan ilmu teknik yang mendorong proses material untuk memeriksa kemungkinan penerapan Nanoteknologi.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja menjadi ahli teknik optik, ahli fisika bidang obat-obatan, peneliti, ahli peneliti material, maupun ahli teknologi laser.

Saat ini menurut data statistik Badan Tenaga Kerja Amerika, perkembangan lowongan pekerjaan terbesar ada dalam bidang biomedikal, lingkungan hidup, energi terbarukan, dan pengembangan serta pembaharuan teknologi yang sudah ada.

Sumber:

American Institute of Physics (AIP)
www.aip.org

American Physical Society (APS)
www.aps.org

Tinggalkan Balasan