Keuntungan Belajar di Politeknik di Selandia Baru
Keuntungan Belajar di Politeknik di Selandia Baru
7 Januari 2017
Kenali ICA & IPA Letter Sebelum Belajar di Singapura
Kenali ICA & IPA Letter Sebelum Belajar di Singapura
10 Januari 2017

Kerja Part Time di Australia

Kerja Part Time di Australia

Kerja Part Time di Australia

Kerja Part Time di Australia. Bekerja paruh waktu sambil kuliah di Australia merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh mahasiswa internasional. Ada sejumlah alasan para mahasiswa ingin melakukan pekerjaan paruh waktu selama belajar di Australia. Selain untuk menambah uang saku, kesempatan bekerja ini akan sangat menambah pengalaman, wawasan, dan kemandirian pelajar. Semua kelebihan ini dapat menjadi modal awal untuk masuk ke dunia kerja setelah lulus kuliah.


Kerja Paruh Waktu

Pada saat ini, visa pelajar yang baru dikeluarkan langsung memiliki izin bekerja terbatas (limited work condition). Pelajar internasional boleh bekerja paruh waktu 40 jam per dua (2) minggu selama masa kuliah dan bekerja full time selama masa liburan. Khusus bagi pelajar Pascasarjana (Postgraduate students), ijin bekerja diberikan tanpa batasan waktu maksimum.


Australia memiliki berbagai jenis pekerjaan dan banyak kesempatan kerja paruh waktu, termasuk:


  • Ritel: supermarket, department store, dan toko pakaian
  • Perhotelan: kafe, bar, dan restoran
  • Pariwisata: hotel dan motel
  • Agrikultur: pertanian dan pemetik buah
  • Penjualan dan telemarketing
  • Administrasi atau tata usaha
  • Guru les


Baca Juga: Ingin Kuliah Sambil Kerja di Amerika? Cermati Dulu Jenis Visanya


Jika kamu memiliki kualifikasi yang sesuai dan/atau pengalaman kerja profesional, ada kemungkinan kamu bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan kualifikasi tersebut.


Figured 2. Kerja magang sebagai mahasiswa. Sumber: www.sasquatchbooks.com

Figured 2. Kerja magang sebagai mahasiswa. Sumber: www.sasquatchbooks.com

Magang

Magang merupakan penempatan kerja sementara baik di perusahaan atau institusi pendidikan. Magang bisa berupa kerja berbayar ataupun tidak tergantung pada industri dan durasi pekerjaan, dan ini merupakan kesempatan besar untuk mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan bidang studi kamu.


Ada beberapa visa mahasiswa dan visa bekerja yang memungkinkan siswa internasional untuk magang di Australia. Persyaratan yang berbeda dapat berlaku untuk magang, termasuk: durasi magang per hari/minggu, dan apakah kamu bisa magang berbayar atau tidak. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa melihat di laman Department of Immigration and Border Protection.


Sukarelawan

Ada banyak organisasi amal dan organisasi non-pemerintah (LSM) di Australia yang selalu membutuhkan tenaga sukarela untuk membantu. Bekerja sebagai sukarelawan dapat menjadi cara yang baik untuk memperluas jaringan dan mendapatkan pengalaman kerja secara langsung serta membantu masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi laman govolunteer.


Figured 2. Kerja sukarelawan untuk masyarakat. Sumber: www.agendaleua.tk

Figured 2. Kerja sukarelawan untuk masyarakat. Sumber: www.agendaleua.tk


Baca Juga: Kuliah Sambil Kerja? Pertimbangkan Dulu Untung Ruginya


Ada banyak cara untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan atau bidang studi kamu:


  • Melalui koran atau laman lowongan kerja di internet
  • Beberapa institusi memiliki papan pengumuman untuk lowongan kerja ataupun melalui laman di internet. Hubungi staf siswa internasional di kampusmu untuk mengetahui pilihan yang ditawarkan oleh institusi tersebut.
  • Daftarkan diri kamu di perusahaan perekrutan recruitment yang banyak membantu dalam mencarikan pekerjaan sementara. (NRK)

(Artikel ini disadur dari https://www.studyinaustralia.gov.au/global/live-in-australia/working)

Comments are closed.