testimonial kuliah luar negeri
Elbert Widjaja
1 Maret 2017
University of Twente: “Most Entrepreneurial University” di Belanda untuk Kedua Kalinya
1 Maret 2017

Kuliah di Irlandia: Dublin atau Cork?

Irlandia, negara kecil dengan pemandangan luar biasa ini mampu menarik minat mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan kuliah ke Irlandia. Kota Dublin yang merupakan ibukota negara yang dijuluki sebagai Pulau Zamrud ini adalah salah satu kota terpopuler sebagai destinasi pendidikan bagi siswa internasional. Namun, jangan langsung berasumsi bahwa Dublin adalah tempat terbaik untuk belajar di Irlandia. Kini banyak siswa yang mulai melirik Cork sebagai kota studi alternatif di Irlandia. Kedua kota ini memiliki kelebihan tersendiri untuk tipe siswa yang berbeda.


Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Irlandia Adalah Pilihan Tepat Untuk Kuliah Di Luar Negeri

Figure 1. Dublin atau Cork?. Sumber: EazyCity Blog

Figure 1. Dublin atau Cork?. Sumber: EazyCity Blog

Dublin


Ibukota Irlandia ini merupakan rumah bagi 1.3 juta orang. Meskipun Dublin kota besar, namun kota ini lebih memberikan suasana seperti kota kecil sehingga tidak aneh jika warganya secara konstan bertemu dengan orang yang mereka kenal.


Cork


Disebut sebagai “ibukota sebenarnya” oleh warga lokal, Cork merupakan kota terbesar kedua dan memiliki sekitar 120.000 orang. Berlokasi di Irlandia bagian selatan, Cork juga dikenal sebagai kota di mana kehidupan modern berpadu dengan arsitektur tradisional dan kuno.


Lalu, kota mana yang akan kamu pilih? Ada beberapa faktor yang bisa membantumu memilih lokasi belajar di Irlandia.


  1. Cuaca


Dengan jarak hanya sekitar tiga (3) jam dari satu sama lain, tidak ada perbedaan cuaca yang signifikan. Meskipun Cork lebih sering hujan dan lebih dingin, namun keduanya tetap mendapatkan kehangatan matahari dengan jumlah yang sama (Dublin rata-rata menerima 3,9 jam dan Cork menerima 3,8). Memang kelihatannya keduanya tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, namun Irlandia dikenal dengan pelanginya.


  1. Akademik


Figure 2. University of College Dublin. SUmber: University of College Dublin

Figure 2. University of College Dublin. SUmber: University of College Dublin

Meskipun dikenal dengan Trinity College, namun Dublin memiliki 20 universitas lainnya yang bisa kamu pilih seperti University of College Dublin (UCD). UCD juga telah mencetak lima (5) pemenang Nobel Laureates serta masuk dalam top 1% universitas di dunia.


Figure 2. University of College Cork. Sumber: University of College Cork

Figure 2. University of College Cork. Sumber: University of College Cork

Cork juga merupakan rumah bagi 10 universitas berbeda, salah satunya adalah University of College Cork (UCC). Ada lebih dari 30.000 mahasiswa di kota Cork dan UCC sendiri menjadi rumah bagi lebih dari 3000 siswa internasional dari lebih 100 negara berbeda setiap tahunnya. Dengan ukuran kota yang lebih kecil dibanding Dublin dan populasi mahasiswa yang besar, kota ini lebih terasa sebagai kota pelajar.


  1. Hiburan


Sebagai ibukota, Dublin bisa disebut sebagai kota yang tidak pernah tidur karena selalu ada kegiatan yang terjadi baik siang maupun malam, akhir pekan atau hari biasa. Dublin terkenal dengan pertunjukan musiknya sehingga kamu bisa mencari hiburan musik dengan mengunjungi bar, konser, festival, dan pertunjukan di sudut-sudut jalan.


Tidak kalah dengan Dublin, Cork juga menawarkan banyak hiburan. Sebagi kota pelajar, akhir pekan di mulai semenjak Kamis malam, jadi pastikan mengunjungi pub atau klub untuk bertemu dengan beberapa penduduk lokal. Ingin sesuatu yang lebih santai? Kunjungi bioskop do Triskel Christchurch yang merupakan bioskop dan pusat seni. Cork juga menawarkan acara English Market yang buka setiap hari kecuali hari minggu di mana kamu bisa membeli berbagai macam makanan


  1. Transportasi


Untuk berjalan di dalam kota, kedua kota ini menawarkan bus sebagai transportasi publik. Di Cork, siswa bisa berjalan kemana saja karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Untuk perjalanan internasional, kedua kota ini memiliki bandara yang baik. Perjalanan internasional memang lebih mudah melalui bandara Dublin namun bandara Cork juga memiliki cukup banyak perjalanan internasional. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kereta untuk transportasi menuju kota lain di Inggris.


  1. Petualangan


Figure 3. Wicklow. Sumber: gotravelaz

Figure 3. Wicklow. Sumber: gotravelaz

Tidak lengkap rasanya jika tidak berpetualang di Pulau Zamrud yang dilengkapi dengan pemandangan yang memukau. Di Dublin kamu bisa mengunjungi area seperti Wicklow, Glendalough, dan Kilkenny. Di sana kamu bisa menemukan perbukitan hijau, reruntuhan biara, istana, rumah-rumah mewah, dan banyak kota-kota kuno.


Baca Juga: Apa Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Figure 4. Blarney Castle. Sumber: flyynhotels.com

Figure 4. Blarney Castle. Sumber: flyynhotels.com

Cork menawarkan salah satu area terpopuler yaitu Blarney Castle di mana pengunjung dapat mencium Blarney Stone yang terkenal. Tempat berpetualang populer lainnya seperti Killarney, Ring of Kerry, dan juga Cliffs of Moher. Kamu juga bisa mengunjungi kota Wales dengan menaiki kapal ferry.


Meskipun memeliki perbedaan, baik Dublin dan Cork menawarkan satu (1) hal yang sama yaitu kesempatan memiliki pengalaman belajar yang unik dan luar biasa bagi siswa internasional.


Masih bingung untuk memilih? Konsultasikan keinginanmu dengan salah satu konselor kami di kantor SUN Education terdekat. (NRK)

Tinggalkan Balasan