Testimonial Dari Mr. David Thornber
Durham University, UK
11 September 2016
Tempat Tes IELTS Resmi
Mau Skor IELTS Speaking 7.0? Ini Tips dan Trik yang Bisa Kamu Ikuti (Bagian 2)
15 September 2016

Mau Skor IELTS Speaking 7.0? Ini Tips dan Trik yang Bisa Kamu Ikuti (Bagian 1)

Tips To get IELTS Speaking 7.0 Score (Part 2)

Tips dan Trik seputar IELTS (Bagian 1)

Sama seperti tes IELTS™ lainnya, untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam Speaking kandidat harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Dengan mengikuti kriteria ini, kandidat mendapat panduan yang jelas untuk mencapai nilai speaking tertinggi. Namun, trik dan tips apa yang diperlukan untuk mencapainya?Berikut adalah beberapa Tips dan Trik seputar IELTS (Bagian 1) yang disusun oleh tim SUN English untuk membantu siswa mendapatkan nilai 7.0 untuk speaking di tes IELTS.


Fasih Berbicara Bahasa inggris. Sumber: yourieltstutor.com

Fasih Berbicara Bahasa inggris. Sumber: yourieltstutor.com

Kefasihan & Koherensi

Biasanya kandidat akan menjawab pertanyaan wawancara dengan memberi penjelasan, alasan, contoh, dan lainnya tanpa ragu atau jeda panjang. Hal yang mungkin tidak disadari kandidat adalah:


  • Meskipun dalam Bagian 1 dari Speaking Module pertanyaan yang diajukan biasanya sangat umum atau terkadang terlihat sepele, tidak masalah untuk menunjukkan keraguan ataupun memberi jeda dalam jawaban. Namun, tidak disarankan untuk mengulangi pertanyaan karena dianggap berlebihan, misalnya:

Q: “What do young people do in their leisure time where you live?”

A: “Young people where I live like to spend their leisure time by …”


Agar jawaban terlihat lebih wajar, kandidat bisa menggunakan filler (pengisi) atau ekspresi umum dalam bahasa Inggris yang menunjukkan keraguan seperti “Well..”, “Let me see..”, “I suppose they enjoy..”, dan lainnya.


Figure 2. Persiapkan daftar kata kunci. Sumber: business2community.com

Figure 2. Persiapkan daftar kata kunci. Sumber: business2community.com

  • Mempersiapkan diri untuk memberi penjelasan singkat mengenai suatu topik dalam Bagian ke-2 dari Speaking Module dengan menuliskan kata kunci yang terdiri atas kata-kata/frasa yang sulit dapat membantu menggambarkan ide secara efektif. Menguraikan jawaban dan ide dapat memberikan gambaran bagi pewawancara dengan menggunakan memori dan semua indera. Ceritakan apa yang Anda lihat, dengar, bau, dan rasa mengenai pengalaman/objek/ rang yang Anda gambarkan.


  • Pertanyaan paling kompleks dan berat di Bagian ke-3 dari Speaking Module dapat dijawab dengan cara yang sangat sederhana. Contohnya:

Q: “How has young people’s attitude towards learning their traditional culture changed over the past 10 years?”

A: “Hmm… That’s a difficult question to answer. I’m not quite sure, but as far as I’m concerned it has changed quite a lot. ..”


Contoh di atas menunjukkan bahwa tidak masalah jika Anda memberikan jawaban dengan jujur, menunjukkan keraguan, dan hanya memberikan jawaban yang lugas (sebelum mencoba memberikan rincian yang mendukung). Banyak kandidat yang panik sehingga memberikan rincian yang terlalu banyak dan cenderung memaksa otak mereka untuk memberi jawaban yang mengesankan.


Penasaran dengan tips dan trik lainnya? Simak Bagian ke-2 dari artikel ini. Ingin memperlancar kemampuan bahasa Inggris Anda? Hubungi kantor SUN English di (62-21) 4585 5238 untuk belajar bahasa Inggris, khususnya IELTS. (Disadur dari How to Get Band 7.0 and above in IELTS Speaking Module oleh tim SUN English) (NRK)

 

Comments are closed.