Mau Skor IELTS Speaking 7.0? Ini Tips dan Trik yang Bisa Kamu Ikuti (Bagian 1)
14 September 2016
Mau Skor IELTS Speaking 7.0? Ini Tips dan Trik yang Bisa Kamu Ikuti (Bagian 3)
16 September 2016

Mau Skor IELTS Speaking 7.0? Ini Tips dan Trik yang Bisa Kamu Ikuti (Bagian 2)

Sama seperti tes IELTS™ lainnya, untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam Speaking kandidat harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Dengan mengikuti kriteria ini, kandidat mendapat panduan yang jelas untuk mencapai nilai speaking tertinggi. Inilah bagian ke-2 dari trik dan tips yang disusun oleh tim SUN English untuk membantu siswa mendapatkan nilai 7.0 untuk speaking di tes IELTS.

Figure 1. Vocabularies. Sumber: thebestlearner.wordpress.com

Figure 1. Vocabularies. Sumber: thebestlearner.wordpress.com

Referensi Kosakata/Leksikal

Hal yang banyak tidak disadari oleh kandidat saat menjawab pertanyaan adalah bahasa Inggris menawarkan berbagai ekspresi sehingga seseorang dapat memberikan jawaban spesifik saat menyatakan gagasan, pendapat pribadi, dan perasaan mereka. Salah satu contoh yang baik adalah bagaimana seorang penutur asli bahasa inggris dapat menggunakan berbagai ekspresi yang berbeda untuk menjawab pertanyaan ya/tidak (yes/no question) mengenai preferensi mereka:


Q: “Do you like watching TV?


Jawaban siswa Asia biasanya adalah:


A: ”Yes, I like watching TV because …”


yang hanya mengulangi kosakata yang digunakan dalam pertanyaan. Untuk mendapatkan skor yang lebih baik, kandidat bisa menjawab:


A1: “Yes I really enjoy watching TV, especially …”;

A2: “I guess I’m quite fond of watching TV …”;

A3: “For the most part, I would probably say that watching TV is no longer exciting for me..”;

A4: “Well, I wouldn’t say that I hate watching TV. It’s just that these days the programs they show…”; dan lainnya.


Kandidat disarankan untuk menghindari pengulangan kata sifat yang kurang jelas seperti good, bad, like, dislike, atau kata benda seperti people, things, stuff, dan berusaha untuk memberi jawaban yang lebih spesifik.


Masalah lain yang dihadapi oleh banyak kandidat adalah bahwa ada banyak cara yang baik untuk menjawab pertanyaan namun mereka tidak dapat menemukan kosakata yang tepat untuk mengekspresikan gagasan tersebut.


Hal ini biasa terjadi akibat cara mereka memperoleh kosakata baru dengan mempelajari kata demi kata sehingga sulit untuk mengombinasikan kata yang tepat untuk konteks yang berbeda. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mempelajari kosakata atau frasa baru dalam kolokasi (kombinasi yang umum digunakan) mereka dan berlatih menggunakan kolokasi tersebut dalam konteks yang berbeda baik untuk berbicara ataupun menulis.


Figure 2. Penggunaan dan keakuratan tata bahasa. Sumebr: everydayfeminism.com

Figure 2. Penggunaan dan keakuratan tata bahasa. Sumebr: everydayfeminism.com

Tata Bahasa dan Akurasi

Setelah mempelajari bahasa Inggris selama bertahun-tahun, kandidat IELTS™ tentunya sudah akrab dengan sebagian besar aturan dan struktur tata bahasa, namun mereka sering kurang konsisten dalam menerapkan aturan ini dalm berbicara seperti mengganti tenses atau bentuk kata. Cara terbaik untuk menghadapi hal ini adalah melatih konsistensi dengan menggunakan satu bentuk kata dalam satu hari:


  • Dalam satu hari, cobalah untuk berbicara, berkomunikasi, berpikir, dan menulis hanya tentang masa lalu sampai Anda terbiasa dan konsisten
  • Pada hari lain, Anda bisa mencoba hanya berbicara tentang masa depan, rencana, prediksi, atau spekulasi.


Setelah hal ini menjadi kebiasaan dan kandidat dapat mengontrol penggunaan aturan tata bahasa ini, mereka bisa mencoba berlatih menggunakan parts-of-speech lain (kata sifat-kata benda, kata kerja-kata keterangan), penggunaan kalimat pasif, articles (kata yang digunakan untuk memodifikasi kata benda), dan lainnya.


Penasaran dengan tips dan trik lainnya? Simak bagian ke-3 dari artikel ini. Ingin belajar bahasa Inggris & memperlancar kemampuan bahasa Inggris Anda? Hubungi kantor SUN English di (62-21) 4585 5238. (Disadur dari How to Get Band 7.0 and above in IELTS Speaking Module oleh tim SUN English) (NRK)

Once this become a habit and they can control the use of this grammatical rules, the candidate shall try to practice different area, such as combinations of parts-of-speech (adjective-noun, verb-adverb), the use of passive voice, articles, etc.


Curious about the rest of the criteria? Read Part 3 of this article. Want to improve your English skills? Please contact our SUN English staff at (62-21) 4585 5238. (Adapted from How to Get Band 7.0 and above in IELTS™ Speaking Module written by SUN English team) (NRK)

Tinggalkan Balasan