Mau Skor IELTS Speaking 7.0? Ini Tips dan Trik yang Bisa Kamu Ikuti (Bagian 2)
15 September 2016
Promosi SUN English[:en]SUN English Promotion
29 September 2016

Mau Skor IELTS Speaking 7.0? Ini Tips dan Trik yang Bisa Kamu Ikuti (Bagian 3)

Sama seperti tes IELTS™ lainnya, untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam Speaking kandidat harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Dengan mengikuti kriteria ini, kandidat mendapat panduan yang jelas untuk mencapai nilai speaking tertinggi. Inilah bagian ke-3 (terakhir) dari trik dan tips yang disusun oleh tim SUN English untuk membantu siswa mendapatkan nilai 7.0 untuk speaking di tes IELTS.

Figure 1. Pengucapan yang benar serta memperhatikan tekanan dan irama. Sumber: fluentu.com

Figure 1. Pengucapan yang benar serta memperhatikan tekanan dan irama. Sumber: fluentu.com

Pengucapan

Banyak kandidat yang tidak menyadari bahwa pengucapan tidak hanya mengukur seberapa baik seseorang mengucapkan sesuatu namun juga dalam menggunakan tekanan dan irama, mengendalikan kecepatan, turun dan naiknya intonasi. Seberapapun baiknya tata bahasa dan kosakata seseorang, jika pengucapannya tidak jelas dan tidak dapat dipahami dengan baik, kemampuan tata bahasa dan kosakatanya menjadi tidak terlalu berguna. Bayangkan saat kandidat menjawab pertanyaan wawancara dengan nada datar, tergagap, tanpa tekanan, jawaban mereka tidak akan memberik kesan pada pewawancara. Jadi jangan cemas, dan buat diri Anda merasa nyaman dan santai.


Strategi Umum Meningkatkan Kualitas Wawancara

Secara keseluruhan, kandidat IELTS™ harus selalu mengingat bahwa IELTS™ merupakan tes BAHASA. Tidak ada jawaban yang benar atau salah selama kandidat dapat mengekspresikan ide mereka dengan baik. Cobalah untuk tidak memaksa otak untuk memberi jawaban yang terkesan rumit. Kandidat dapat memberikan rincian yang cukup untuk mendukung jawaban mereka dan tidak harus dalam bentuk alasan, penjelasan, atau contoh. Kandidat bisa menggunakan analogi, perbandingan/kontras, atau bahkan skenario imajiner. Berikut adalah contoh naskah wawancara yang dapat menggambarkan penggunaan strategi, tips, dan trik yang diulas dalam artikel ini:


Figure 2. Wawancara yang sukses. Sumber: internationalenglishexamstips.blogspot.com

Figure 2. Wawancara yang sukses. Sumber: internationalenglishexamstips.blogspot.com


  1. Q: How different are the clothes you wear now from those you wore 10 years ago?

A:  Well, I’m afraid I’m not that fashionable. You see, to be honest I don’t really care about my appearance, except when I have to attend an important occasion at school or with my family. So I’d say what I wear now is not much different from my favorite outfit back then when I was in elementary school… mostly t-shirts and jeans.. yeah. When it comes to buying formal or fancy clothes, I would leave it to my mum’s taste.


  1. Q: Describe an important achievement that you are really proud of.

A: Ok, I’m going to tell you about my best achievement in playing a monster collection game called Pokemon Go. Firstly, the widespread news about this trending app made me curious about the game, so I decided to download and install it on my smartphone…


Seperti yang dapat dilihat dari contoh tersebut, ide tidak harus kompleks. Fokus pada ide-ide sederhana yang Anda tahu dan senangi, tambahkan dengan pengalaman Anda, atau bahkan imajinasi, apapun yang dapat membantu Anda. Tentunya hal ini membutuhkan banyak latihan terutama latihan dengan teman atau guru yang dapat memberikan komentar dan masukan yang berguna. Singkatnya, untuk berhasil mencapai skor tinggi dalam IELTS™ speaking, Anda harus terus berlatih hingga terbiasa.


Itu dia tips dan triknya. Semoga Anda semakin percaya diri dalam meningkatkan nilai tes IELTS™ Anda. Ingin belajar bahasa Inggris & memperlancar kemampuan bahasa Inggris Anda? Hubungi kantor SUN English di (62-21) 4585 5238. (Disadur dari How to Get Band 7.0 and above in IELTS ™Speaking Module oleh tim SUN English) (NRK)

 

Tinggalkan Balasan