SunEnglish_PPKMPromo
PPKM Promo SUN English 1 – 17 Agustus 2021
2 Agustus 2021
kehidupan di singapura
Kehidupan Kuliah yang Seru di Singapura
10 Agustus 2021

10 Kegiatan ‘Asik’ yang Mewarnai Pengalaman Kuliah di Amerika!

pengalaman kuliah di amerika

Sumber: Unsplash

Amerika memang termasuk sebagai negara yang populer di kalangan pelajar! Faktornya beragam. Pendidikan dan riset mereka sangat terjaga dan dijunjung tinggi. Teknologi serta inovasi pun sudah jadi rahasia umum kalau sering mengeluarkan terobosan yang bombastis. Hmm.. belum lagi, lingkungan dan budayanya yang ramah dan menarik. Pengalaman kuliah di Amerika pastinya seru dan extraordinary. No wonder banyak pelajar internasional yang bersaing untuk merebut kursi perguruan tinggi unggulan di negara ini! 

pengalaman kuliah di amerika

Sumber: Unsplash

Sementara itu, masih ada hal menarik lainnya yang hanya bisa kamu temukan dan lakukan di negara ini. Setiap negara punya ciri khas maupun kebiasaan masing-masing. Agar pengalaman kuliah di Amerika makin seru, kamu harus mencoba aktivitas lainnya di luar pembelajaran kuliahmu. Kamu bisa rehat sejenak dari tumpukan kertas tugas sekaligus menambah pengalaman baru yang bermanfaat. Sebagai rekomendasi, berikut ini 10 aktivitas asik dan unik yang bisa kamu lakukan saat merantau di Amerika:

1. Aktif dalam Aktivitas Penelitian

pengalaman kuliah di amerika

Inovasi yang bergerak pesat di Amerika mendorong terciptanya ruang yang membuatmu berkesempatan untuk mengasah potensi dan melakukan penelitian. Banyak universitas-universitas di Amerika yang menawarkan kegiatan penelitian serta pelatihan bagi mahasiswa internasional. Kamu jadi bisa terlibat dalam penelitian dengan fakultas dan bekerja dalam proyek bersama mitra bisnis, atau bahkan melakukan studi independen di bawah bimbingan seorang penasihat yang berpengalaman. Selain menambah pengalaman, hasil penelitian yang kamu ciptakan bisa memaksimalkan ilmu pengetahuan dan menjadi portofolio profesional yang bagus kedepannya!

2. Ikut Club dan Societies

 

Seperti perkumpulan ‘kece’ di film-film yang kompak sesama anggotanya! Club dan Societies ataupun komunitas merupakan wadah yang ideal untuk kamu memperluas networking dan menambah pengetahuan. Kamu akan mampu meningkatkan skill leadership, problem-solving, sekaligus bersenang-senang.  Setiap kampus memiliki klub yang bervariasi kok. Kamu bisa bergabung dengan kelompok yang berminat sama atau mencoba yang berbeda. Ada berbagai klub yang bisa menjadi pilihan mulai dari community service, media & publication, political & multicultural, hingga olahraga.

3. Nonton ‘Baseball Game’

pengalaman kuliah di amerika

Sumber: Unsplash

Amerika sangat dikenal dengan olahraga baseballnya! Selain sepakbola dan basket, baseball adalah salah satu olahraga paling populer di negara ini yang menarik ribuan orang untuk menonton pertandingan langsung dan jutaan televisi yang meliput di sepanjang musim. Kalau kamu pernah dengar—beberapa tim terbesar di Amerika adalah New York Yankees, Boston Red Sox, dan Baltimore Orioles. Menonton pertandingan langsung bisa jadi aktivitas seru dimana kamu bisa menyaksikan secara realtime, menyanyi atau yel-yel bareng teman atau penonton lainnya, menikmati hot dog dari vendor, dan bisa saja menangkap bola yang mungkin mengarah kepadamu saat itu! 

4. ‘BBQ and Chill’

Nggak afdol tinggal di Amerika kalau kamu belum barbekuan! Makanan yang nikmat ini merupakan tradisi kuliner di Amerika lho. Barbekyu sendiri termasuk menu wajib saat Hari Kemerdekaan Amerika atau yang akrab disebut dengan ‘4th of July’. Setelah parade selesai dan matahari mulai terbenam, kamu bisa mulai memotong daging, mengolesnya dengan saus ataupun menambah bumbu, dan memasaknya di atas panggangan. Sedap! Nggak cuma di hari besar, kamu bebas barbekuan kapan saja. Baik itu di halaman rumah, taman, atau tempat yang aman dan nyaman lainnya.

5. Bikin ‘Homemade Coffee’

pengalaman kuliah di amerika

Sumber: Unsplash

Jaman sekarang kalau nggak ngeteh, ngejus, ya ngopi—iya nggak? Hihi. Apalagi kalau butuh senjata perang buat begadang karena ngerjain tugas.. kopi bisa menjadi penyelamat untuk sekali-sekali. Meskipun kopi di cafe Amerika cukup pricey, kamu nggak perlu berkecil hati. Kamu masih bisa menikmati kopi dengan bikin sendiri! Cukup punya beans atau kopi bubuknya dan beli krimer yang enak di supermarket. Krimer di Amerika cukup unik dan bervariasi. Ada Pumpkin yang sangat jarang kamu temukan di Indonesia, Cookies and Cream, Vanilla Latte, dan berbagai rasa lainnya. Sajikan kopi di mug atau gelas dan slurrrp! Mood dan semangat kamu langsung naik deh.

6. ‘Manggang’ Red Apples

Menu baked red apples dianggap sebagai hidangan klasik New England, tetapi kamu juga bisa membuat ini di mana saja di Amerika. Pilih apel sendiri jika ada kebun favorit di dekatmu atau beli di pasar maupun toko lokal. Setelah memotong apel, tambahkan kayu manis, tutupi dengan kertas timah, lalu panggang deh. Setelah selesai, kamu bisa menambahkan es krim di atasnya sebagai toping dan rasa ekstra. Hmm.. segar sebagai cemilan di kala senggang maupun nugas di rumah!

7. Mencoba Bioskop Drive-in

Sumber: Riverfront Times

Drive-in Theatre bisa menambah daftar pengalaman kuliah di Amerika yang menyenangkan. Hiburan ini mengusung konsep klasik seperti peninggalan masa lalu. Menonton film dengan cara seperti ini tentunya memberikan kesan yang berbeda jika dibandingkan dengan nonton di bioskop. Kamu bisa menonton film klasik yang sesuai dengan suasana masa lalu dari dalam mobil bersama teman atau keluargamu.

8. Mengadakan ‘Potluck’!

 

Meskipun nanti kamu tinggal di dorm ataupun flat yang tidak sebesar ruangan rumah, kamu masih bisa menikmati kegiatan potluck. Undanglah beberapa teman dekatmu atau bertemu di pusat komunitas. Setiap orang bisa membawa hidangan ‘tradisional’ atau apa saja—sesuai tema acara, saat datang ke tempat pertemuan nanti. Sambil makan bersama dan mencoba hidangan lainnya, kamu dan teman-teman bisa sembari berbagi cerita menarik dan juga berdiskusi. Mirip seperti piknik ya!

9. Menjadi Relawan Komunitas Lokal

Sumber: Trip Savvy

Menjadi relawan sungguhlah mulia! Kamu senang dengan kegiatan mengajak anjing berjalan-jalan di tempat penampungan hewan, menyajikan makanan di dapur umum, atau menanam pohon dengan kelompok konservasi? Ada banyak cara untuk menjadi sukarelawan di komunitas lokal di Amerika. Pilihlah kegiatan yang kamu senangi dan daftarkan dirimu dalam komunitas tersebut. Selain mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat, kamu jadi membantu mereka yang membutuhkan!

10. Menjelajahi Tempat Magis

Destinasi menarik sampai hidden gem bertebaran di negara ini. Dari yang penuh sejarah, interior dan eksteriornya mengagumkan, bahkan yang juga menjadi hiburan menyenangkan. Maksimalkan pengalaman kuliah di Amerika dengan mengeksplorasi berbagai tempat historis dan unik yang belum pernah kamu datangi! Kamu bisa coba hiking di bukit hijau dengan matahari cerah, mengunjungi pantai dengan air biru jernih, bangunan tua bersejarah, museum yang edukatif, sampai cafe-cafe lucu dimana kamu bisa menikmati hidangan kopi dan sarapan yang lezat.

Wuih.. banyak yah aktivitas asik yang bisa kamu lakukan di Amerika selagi kuliah! Selain membuat pengalaman studi jadi lebih berwarna dan penuh manfaat, berharga juga kan sebagai kenang-kenangan yang bisa ‘dibawa pulang’ ke Tanah Air nanti?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Comments are closed.