Sekolah Kuliner Terbaik di Indonesia Tahun 2020
30 Oktober 2020
Acsenda School of Management: Kuliah Manajemen dengan ‘Vibes’ Menyenangkan di Kanada
3 November 2020

3 Universitas Swasta Inovatif di Malaysia dengan Ranking Terbaik Global

Sumber: Unsplash

Malaysia adalah salah satu negara di Asia dengan kualitas pendidikan bernilai tinggi. Pemerintahnya memang sangat aktif dalam menginvestasi dan memantau perkembangan pendidikan. Negara yang lokasinya gak terlalu jauh dengan Indonesia ini juga memiliki penelitian yang inovatif serta akademik berstandar internasional! That’s why, ada banyak universitas di Malaysia yang rankingnya menghiasi posisi terbaik di dunia.

“Kok bisa sih program studi di Malaysia dikatakan berstandar internasional?”. Jawabannya adalah karena kebanyakan universitas menggunakan kurikulum yang juga mengacu pada program di negara lain dengan pendidikan terkemuka. As a fact, Malaysia bekerjasama dengan berbagai universitas unggul luar negeri! Mulai dari Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jerman, Perancis, hingga Selandia Baru. Kebayang kan seperti apa metode pembelajaran dan pengajaran yang bisa kamu dapatkan?

Sumber: Unsplash

Disamping itu, Malaysia punya banyak sekali pilihan jurusan yang mengikuti perkembangan era saat ini. Kamu bahkan bisa menemukan jurusan yang eksistensinya masih jarang ada di Indonesia; seperti Ilmu Aktuaria, Game Development, ataupun Human Development! Menarik bukan? Kamu jadi berkesempatan menggali lebih dalam mengenai ‘sisi lain’ teknologi dan sains.

Nah, berbicara tentang universitas di Malaysia dengan ranking terbaik global, bukan hanya universitas negeri saja loh yang jadi team player. Di luar negeri, banyak universitas swasta yang punya kedudukan highly qualified dan itu gak terkecuali Malaysia. Bahkan, universitas swasta dikenal kompetitif dalam gebrakan baru—alias sering punya inovasi yang gak biasa! 

Beberapa contohnya bisa kamu lihat dalam tiga universitas swasta di Malaysia dengan ranking mendunia ini. Good thing, mereka berhasil membuktikan inovasi dan dedikasi penuhnya!

Taylor’s University

Taylor’s University. Sumber: The Star

Taylor’s University adalah salah satu universitas terkemuka di Malaysia. Mereka menyajikan siswa kurikulum dan metode pengajaran yang relevan, networking dengan industri yang kuat, serta fasilitas yang terkini di kampusnya. Disini, kamu akan menemukan berbagai macam bidang studi seperti Kedokteran, Farmasi, Biosains, Arsitektur, Teknik, Hukum, Bisnis, Komunikasi, Psikologi, Desain, dan masih banyak lagi. 

Program bisnisnya yang terkenal baik—Taylor’s Business School, berdiri sejak tahun 1993 dan telah telah berkembang menjadi salah satu sekolah bisnis terbesar dan paling dinamis di Malaysia. Selain itu, penelitian di Taylor’s University juga terhitung aktif. Taylor’s bahkan akan menginvestasikan lebih dari 130 juta selama 5 tahun untuk penelitian dan perusahaan. Universitas ini memiliki program penelitian pascasarjana yang mencakup berbagai topik dengan tujuan membantu membentuk masa depan dalam aspek masyarakat, teknologi, ekonomi, dan lingkungan.

UCSI Malaysia

Sumber: UCSI Malaysia

UCSI adalah lembaga pendidikan tinggi terkemuka Malaysia yang menjalin jaringan luas dengan universitas top Ivy League maupun Russell Group! Mereka dikenal menyediakan lingkungan dan fasilitas canggih untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa. Di UCSI, kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler serta workshop yang sering diadakan dan sangat impactful untuk pengembangan diri. 

Universitas swasta ini menawarkan program akademik sains dengan reputasi sangat bagus; mulai dari Biomedical Science, Applied Science, hingga Kedokteran. Dengan keunggulan akademik serta tenaga profesional yang dimiliki, UCSI berhasil meraih peringkat tertinggi dalam Rating System for Malaysia Higher Education Institutions 2013. Bahkan, sudah ada beberapa mahasiswa dan staf UCSI yang terpilih untuk mengejar program penelitian selingan di Harvard dan Imperial College. That’s impressive, right?

Sunway University

Sumber: Sunway University

Sunway University adalah universitas swasta yang berada dalam peringkat 2% teratas universitas di Asia dan meraih bintang 5 berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS). Kalau soal riset, universitas yang satu ini gak perlu diragukan lagi! Sunway berkomitmen untuk mengembangkan teknologi baru dan mengatasi beberapa tantangan melalui upaya penelitiannya. Peneliti Sunway sendiri termasuk yang paling banyak dijadikan inspirasi di dunia dan juga terlibat secara global. Selain penelitian yang inovatif,  pengajaran di kampus ini juga komprehensif. Culinary merupakan salah satu program Sunway yang menjadi andalan di kampus tersebut. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.