Coventry University Terima Penghargaan Queen’s Anniversary Prize
27 Februari 2020
creative writing
Creative Writing/Penulisan Kreatif
28 Februari 2020

5 Alasan Kenapa Pelajar Internasional Mengincar Singapura

pengalaman kuliah di Singapura

pengalaman kuliah di Singapura

Meskipun memiliki luas yang tergolong kecil, Singapura adalah negara yang terkenal di dunia sebagai salah satu negara dengan riset unggul. Banyak para peneliti dari berbagai universitas atau proyek yang sudah melakukan riset di berbagai bidang. Berkaitan dengan hal tersebutSingapura sendiri memiliki kualitas pendidikan serta institusi yang berkualitas tinggi. Hal inilah yang menjadikan para pelajar Indonesia maupun seluruh dunia datang untuk memiliki pengalaman kuliah di Singapura.

pengalaman kuliah di Singapura

Sumber: Freepik

Hingga saat ini, jumlah siswa yang terdaftar di perguruan tinggi Singapura mencapai ratusan ribu. Universitas yang ada di negara ini konsisten berada dalam peringkat teratas Asia dan memang menarik banyak siswa internasional. Selain karena kualitas pendidikan, Singapura adalah salah satu negara Asia yang tergolong paling modern dan inovatif. Kamu bisa melihat 5 alasan berikut mengapa pelajar internasional mengincar negara Singapura sebagai destinasi studinya:

 

Sistem Edukasi yang Global

 

Singapura memiliki ruang yang sangat luas untuk pendidikan tinggi. Hal tersebut dikarenakan akademiknya yang diakui dan juga fakultas serta infrastruktur yang mutakhir. Banyak universitas mereka yang mengusung konsep edukasi global seperti pengajaran standar internasional dan bahkan bekerja sama dengan universitas top yang ada di Amerika, Australia, dan Eropa. Beberapa universitas kelas dunia yang menjalin kerjasama dengan universitas top dunia seperti  Curtin University, James Cook University Singapore, East Asia of Institute Management, PSB Academy, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Seperti Apa Rasanya Kuliah di Inggris? 

 

Institusi yang Berkualitas

 

Sudah terdengar dimana-mana jika negara ini dikenal di kancah internasional dengan banyaknya universitas yang berhasil menduduki peringkat tinggi. Peringkat tersebut tak lain berhasil diperoleh karena kualitas pengajaran dan pendidikannya yang semakin meningkat. Beberapa program atau course yang ditawarkan biasanya sudah mendapatkan akreditasi tingkat tinggi dan institusinya mendapatkan penghargaan dari kelompok ternama. Banyak alumni dari perguruan tinggi di negara ini yang merasa bahwa pengalaman kuliah di Singapura sangat efektif sekaligus menyenangkan.

 

Biaya Kuliah Terjangkau

 

Banyak dari kita ingin belajar di luar negeri namun menjadi ragu karena biaya pendidikan di negara asing tinggi. Selain biaya pendidikan, pelajar juga perlu mempertimbangkan biaya kuliah & hidup serta pengeluaran lainnya. Sementara itu di Singapura, biaya  kuliah di singapura masih dapat dijangkau. Di negara ini, kamu bisa memperoleh standar pendidikan berkualitas yang sama baiknya dengan negara lain dengan harga yang jauh lebih murah. Biaya studi beberapa program dapat berkisar antara SGD 31,200 hingga 67,000.

 

Banyak Beasiswa

 

Selain pemerintah, banyak universitas di Singapura yang menawarkan beasiswa terutama bagi para mahasiswa internasional. Beberapa beasiswa ada yang diberikan setahun, full, ataupun per semester. Beasiswa tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda karena setiap program dan universitas di Singapura memiliki peraturan yang belum tentu sama. Nah, dengan banyaknya banyaknya kesempatan beasiswa ini, kamu jadi bisa semakin menghemat biaya saat berkuliah nantinya.

Baca Juga : Kuliah Bisnis di Malaysia, Kenapa Tidak?

 

Negara yang Aman

 

Singapura adalah salah satu kota teraman di dunia. Kebijakannya dalam non-toleransi terhadap pelecehan fisik dan mental, baik di dalam maupun di luar kampus akan memberikan kehidupan yang aman dalam lingkungan belajar bagi siswa internasional. Selain itu, kamu akan dikelilingi dengan lingkungan yang positif karena orang-orang di negara ini peduli dan hangat terhadap orang-orang dari negara lain. Terlebih, kamu akan berkesempatan untuk mempelajari budaya serta perspektif baru yang pastinya menyenangkan.

pengalaman kuliah di Singapura

Sumber: Freepik

Itulah dia 5 alasan mengapa pelajar dari seluruh dunia datang untuk memiliki pengalaman kuliah di Singapura! Buat kamu yang juga bercita-cita kuliah di luar negeri, inilah waktumu! Studi di luar negeri punya banyak sekali manfaat loh. Kamu tidak hanya sekadar mendapatkan gelar internasional saja, teman-teman. Kamu akan belajar bagaimana hidup mandiri, melihat sudut pandang warga negara asing dengan latar belakang yang berbeda, sekaligus mempelajari budaya baru. Tapi jangan lupa, siapkanlah seluruh kelengkapannya agar proses pendaftaran kamu ke universitas bisa berjalan dengan lancar ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.