syarat masuk jurusan desain interior
Apa Saja Syarat Masuk Jurusan Desain Interior? Lihat di Sini!
20 Oktober 2021
Cohort Go, Solusi Pembayaran Pelajar Internasional Tanpa Biaya Pengiriman
Cohort Go, Solusi Pembayaran Pelajar Internasional Tanpa Biaya Pengiriman
21 Oktober 2021

5 Budaya Amerika Serikat yang Sering Bikin Pelajar Indonesia Culture Shock

5 Budaya Amerika Serikat yang Sering Bikin Pelajar Indonesia Culture Shock

Sumber: Pexels

Saat memutuskan kuliah di luar negeri, kamu harus menyiapkan diri untuk menghadapi culture shock atau kejutan budaya. Culture shock ini terjadi karena perbedaan kebudayaan antara kita dengan masyarakat di negara tujuan kita. Culture shock ini biasanya dialami saat kamu berkuliah di negara-negara barat, sedangkan kamu dibesarkan dengan budaya ketimuran. Contohnya saat berkuliah di negara Paman Sam, kamu akan tercengang dengan budaya Amerika Serikat yang sangat berbeda dengan budaya Indonesia. Terkadang saking shock- nya, sering kali dilanda dengan homesick. Buat kamu yang punya rencana kuliah di sana, simak 5 budaya Amerika Serikat yang sering bikin pelajar Indonesia culture shock berikut ini!

1.Jarang Ada Senioritas

5 Budaya Amerika Serikat yang Sering Bikin Pelajar Indonesia Culture Shock

Sumber: Pexels

Saat bersekolah di Indonesia, bahkan sejak SD saja kita sudah berkenalan dengan senioritas. Senioritas di sekolah biasanya dengan memanggil kakak kelas yang umurnya lebih tua dengan panggilan “kakak”. Namun, di Amerika Serikat, jarang ada senioritas bahkan tidak ada baik di sekolah maupun kampus.

Salah satu ciri khas orang Amerika Serikat adalah sikapnya yang casual, mereka menganggap orang yang lebih tua seperti teman sendiri. Jadi kamu nggak perlu memanggil “kakak” pada senior di kampus. Begitu juga di luar lingkungan kampus, kamu bahkan bisa memanggil orang tua teman kamu dengan nama mereka saja!

2. Prestasi Olahraga Sebanding dengan Prestasi Akademik

5 Budaya Amerika Serikat yang Sering Bikin Pelajar Indonesia Culture Shock

Sumber: Pexels

Mungkin di Indonesia atau di negara-negara Asia lainnya, prestasi akademik lebih diunggulkan. Orang Asia kebanyakan lebih memilih belajar untuk mendapatkan nilai yang bagus supaya masuk universitas unggulan. Di Amerika Serikat, prestasi olahraga ternyata sebanding dengan prestasi akademik, lho! Kamu bahkan bisa mendapatkan beasiswa di universitas unggulan dengan mengandalkan prestasi olahraga yang kamu kuasai. Jadi saat mendarat di Amerika Serikat jangan heran bila melihat kecintaan mereka pada olahraga seperti basket, baseball atau football, ya.

3. Budaya Tip

Budaya Amerika Serikat yang tak kalah mencengangkan adalah budaya tipnya. Hal ini dilakukan kalau kamu makan di diner atau di restoran mewah sekalipun. Tip ini sebagai wujud penghargaan jasa mereka saat melayani kamu makan. Jangan sampai lupa, para pelayan bisa menganggap kamu nggak sopan perkara lupa meninggalkan tip, lho! Kamu cukup meninggalkan kembalian atau uang kecil untuk memberikan tip kepada pelayannya. Pasti kalau kamu datang kembali, mereka akan sangat ramah saat melayani kamu.

4. Berbusana Lebih Casual

Sumber: Pexels

Perbedaan budaya timur dengan budaya Amerika Serikat juga bisa dilihat dari cara mereka berpakaian. Dari pada orang timur, orang Amerika Serikat lebih suka berbusana lebih casual. Bahkan ke kampus saja mereka akan lebih suka menggunakan jeans, t-shirt dengan sweater dari kampus. Banyak juga dari mereka yang menggunakan celana pendek saat kuliah, lho. Karena Amerika Serikat merupakan negara liberal, pakaian yang casual adalah sebuah kemerdekaan dalam mengekspresikan diri. Meskipun sekeliling kamu mengenakan pakaian casual, nggak apa-apa kok kalau kamu masih mau berpakaian sopan, yang penting kamu nyaman, ya.

5. Budaya Belajar Orang Amerika Serikat

Sumber: Pexels

Budaya Amerika Serikat terakhir yang perlu kamu ketahui adalah budaya belajar mereka. Mahasiswa di sana terkenal aktif saat belajar. Bagi mereka, belajar nggak hanya di ruang kelas saja, tapi juga di mana saja. Contoh saja Cinta Laura, alumni Columbia University ini mengaku sampai begadang hingga subuh untuk belajar di perpustakaan! Selain rasa saingan, kebebasan yang ada saat kuliah juga bisa menjadi toxic, lho. Jadi, kalau kamu nggak aktif untuk belajar sendiri, bisa-bisa tertinggal!

Budaya Amerika Serikat memang berbeda dengan budaya kita, namun kamu bisa mengantisipasi culture shock dengan banyak mencari informasi atau mengobrol dengan senior yang sudah kuliah di Amerika Serikat terlebih dulu. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan SUN Education mengenai budaya di sana juga membahas persyaratan akademik untuk bisa belajar di sana. Kalau bingung soal pengajuan visa atau mencari akomodasi, SUN Education juga bisa membantu, lho. Kamu tinggal datang ke cabang SUN Education terdekat di kotamu atau via Hotline di 0821 33 34 35 36. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan