biaya kuliah s2 di luar negeri
Cari Tahu Biaya Kuliah S2 di Luar Negeri Yuk!
27 Agustus 2020
Kualitas diatas Popularitas, Ini Alasan Universitas di Arab Saudi Tepat Dijadikan Destinasi Studi!
30 Agustus 2020

5 Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Termurah Untuk Pelajar Internasional!

SUN Education

Sumber: Freepik

Berkuliah di luar negeri sudah menjadi banyak impian dan rencana para pelajar dari seluruh dunia. Mereka yang ingin terjun dalam pengalaman baru hingga memperdalam ilmu yang diminatinya—semua mengetahui bahwa menorehkan pengalaman studi di luar negeri bisa memberikan citra dan juga pengalaman yang luar biasa berbeda dan bermanfaatnya. Meskipun begitu, masih ada beberapa pelajar yang ragu untuk melangkah jauh karena pertimbangan biaya kuliah yang nantinya harus dikeluarkan. FYI, kamu gak perlu khawatir karena faktanya, di dunia ini masih ada banyak negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah yang bisa kamu jadikan pilihan.

Sumber: Freepik

Menariknya lagi, negara-negara tersebut masih termasuk dalam deretan negara dengan pendidikan terbaik berkelas dunia. So, kamu yang bertekad untuk kuliah di luar negeri dengan budget murah bisa mempertimbangkan untuk memilih dan menamatkan studi di negara tersebut! Nah, biar lebih jelasnya, berikut ini rekomendasi 5 negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah:

Jerman

Jerman dikenal memiliki kualitas pendidikan dan universitas-universitas terbaik dunia. Sudah menjadi rahasia umum jika biaya kuliah di negara ini terhitung murah dan bahkan ada yang gratis! Jerman sendiri memang meyakini bahwa pendidikan tinggi harus bersifat terjangkau dan mudah diakses.

Biaya pendidikan di negara ini dapat merogoh sekitar 7 hingga 8,5 juta rupiah per tahun yang diperuntukkan bagi para mahasiswa lokal maupun internasional. Bahkan, beberapa universitas menawarkan program kuliah gratis khusus mahasiswa undergraduate atau S1.

Untuk biaya hidup, kamu perlu menyiapkan setidaknya €8,400 atau sekitar 130 juta rupiah per tahun. Kamu dapat menggunakannya untuk membeli kebutuhan harian, pangan, keperluan lain, termasuk mengunjungi destinasi menarik yang ada di negara ini.

Belanda

Sumber: Freepik

Belanda adalah tempat lahirnya para filsuf, ilmuwan, dan para peraih nobel. Pendidikan tinggi di negara ini memiliki reputasi di seluruh dunia karena kualitasnya yang tinggi. Termasuk sebagai negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah, negara ini memiliki standar biaya yang tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara berbahasa Inggris lainnya.

Kamu bisa mengeluarkan sekitar 1900 hingga EUR 15.000 atau 33 hingga 264 juta setiap tahunnya, tergantung pada universitas dan program studi. Untuk kebutuhan sehari-hari yang mencakup makanan, transportasi umum, buku, biaya akomodasi, umumnya pelajar dapat menghabiskan sekitar EUR 800 hingga 1.100 atau 13,8 hingga 19 juta rupiah perbulannya. Selain itu, kamu bisa menggunakan keuntungan diskon pelajar dengan student card untuk makanan di bar dan restoran maupun tiket masuk museum.

Swedia

Swedia dikenal dengan inovasi di negaranya yang dapat melatih para pelajar untuk berpikir mandiri, kreatif dan kritis. Sama halnya dengan Jerman, negara ini menawarkan kesempatan untuk belajar secara gratis dengan syarat tertentu dan juga memiliki biaya studi yang cukup terjangkau.

Biaya internasional di tingkat sarjana dan master bervariasi. Pertahunnya, biaya yang kamu perlu keluarkan dapat berkisar antara USD 9,400 hingga 16,500 atau 137 hingga 241 juta rupiah. Sementara itu, rata-rata biaya hidup seorang siswa bisa mencapai 10.000 SEK yang sudah termasuk makan, akomodasi, transportasi, dan kebutuhan lain-lain.

Malaysia

Sumber: Freepik

Malaysia adalah salah satu negara di Asia yang sering dipilih sebagai negara tujuan untuk menempuh pendidikan tinggi. Negara ini menjadi favorit karena reputasi pendidikan yang berkualitas dan biaya studi yang terjangkau bagi para pelajar. Disini, kamu hanya perlu mengeluarkan dana sekitar RM 20.000 hingga RM 25.000 atau 67 juta rupiah per tahun. Biasanya biaya tersebut sudah mencakup banyak hal seperti biaya pendaftaran, uang pendidikan, premi kesehatan, biaya laboratorium, serta biaya lainnya. Meskipun begitu, tetap ada beberapa program jurusan yang menawarkan biaya yang lebih murah. Untuk biaya hidup, Malaysia memiliki range pengeluaran yang sangat bersahabat! Kamu hanya perlu merogoh kocek dengan rata-rata total 4 juta rupiah tiap bulannya.

Polandia

Polandia mendapatkan popularitas sebagai salah satu negara termurah untuk pendidikan berkualitas di Eropa. Selain menawarkan pendidikan tinggi gratis kepada warganya, siswa internasional tetap diharuskan membayar biaya sekolah namun dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk siswa internasional, universitas negeri dapat mengenakan biaya antara $2230 hingga $4180 per tahun, sementara universitas swasta dapat mengenakan biaya hingga $6600 per tahun. Biaya hidup di Polandia jauh lebih murah daripada di negara-negara Eropa lainnya. Kamu hanya perlu menghabiskan sekitar $650 per bulan untuk berbagai keperluan harian.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!