Yuk, Intip! Cara Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa
15 Agustus 2020
fakultas psikologi terbaik
Fakultas Psikologi Terbaik di Dunia 2020
17 Agustus 2020

5 Persiapan Kuliah di Luar Negeri Sebelum Mewujudkan Mimpimu!

Sumber: Freepik

Ketika mendengar kata ‘studi luar negeri’, siapa nih yang langsung mengingat passion, cita-cita, atau mungkin rencananya? Beberapa diantara kita pasti ada yang memiliki ketertarikan untuk menempuh studi hingga disisi lain dunia. Namun, karena perbedaan negara dan apa yang akan dihadapi membuat kalianalias para pelajar merasa deg-degan, khawatir, atau bahkan berpikir bahwa beradaptasi di luar mungkin terasa menakutkan! Padahal sebenarnya, kuliah di luar negeri selain memberikan kamu banyak sekali manfaat, kamu juga akan merasakan pengalaman super menyenangkan jika dijalani dengan kesiapan dan optimisme! Nah, agar perjalanan studi kamu lancar, kamu memang harus mempersiapkan serangkaian hal sebelum menghadapinya. Berikut 5 rekomendasi persiapan kuliah di luar negeri yang perlu kamu lakukan sebelum berangkat untuk mewujudkan mimpi nanti:

Sumber: Freepik

 

Niat dan Tekad

 

Pertama-tama, kamu sendiri harus yakin, niat, dan memiliki tekad besar untuk berani keluar dari zona nyaman. Kenapa diluar zona nyaman? Karena kamu akan berkuliah di luar negeri, dimana lingkungan, komunikasi, serta sistem pendidikannya berbeda jika dibandingkan dengan dalam negeri. Jika kamu sudah siap lahir dan batin, bertekad untuk hidup mandiri, dan betul-betul fokus untuk belajar saat disana, kamu pasti bisa melaluinya! Perlu diingat, kamu juga harus menjaga motivasi belajar untuk terus ada agar semakin semangat dan penuh niat dalam melakukannya. 

 

Menentukan Jurusan dan Universitas

 

Persiapan kuliah di luar negeri kedua yang harus kamu tahu adalah menentukan jurusan dan universitas. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Setelah kamu mengetahuinya, kamu harus riset baik-baik universitas yang kamu tuju. Carilah universitas dengan kualitas terbaik, yang menawarkan jurusan yang kamu pilih dengan akreditasi baik, serta fasilitas kampus yang mendukung performa belajarmu. Jangan lupa, pilihlah universitas tujuan yang juga sesuai dengan kemampuan finansialmu ya!

 

Mempersiapkan Biaya

 

Perencanaan biaya studi dan biaya hidup sangat penting bagi kamu yang ingin berkuliah di luar negeri. Kamu harus tahu besaran biaya yang harus dikeluarkan saat nantinya disana. Cari tahu universitas dengan biaya studi yang sesuai dengan finansial yang kamu miliki. Untuk meringankan biaya studimu, kamu juga bisa mencari bantuan finansial lain berupa beasiswa. Sementara itu untuk biaya hidup, kamu harus cari tahu terlebih dahulu berapa sekiranya pengeluaran perbulan atau pertahun di negara tersebut. Pastikan kamu mengetahui pengeluaranmu akan mencakup untuk kebutuhan apa saja. Untuk menekan biaya dan menambah penghasilan, kamu juga bisa loh memaksimalkan fasilitas kampusmu ataupun bekerja secara part-time maupun freelance!

 

Melengkapi Dokumen Persyaratan

 

Kelengkapan dokumen persyaratan termasuk dalam persiapan kuliah di luar negeri paling penting yang harus diperhatikan. Persiapkan berbagai dokumen yang akan dibutuhkan mulai dari paspor dan visa pelajar, ijazah, transkrip nilai, sertifikat kemampuan berbahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, laporan medis, motivation letter, dan juga letter of recommendation. Lengkapi berkas-berkas persyaratan pendaftaran sesuai yang diminta oleh pihak universitas yang kamu tuju. Beberapa pengurusan dokumen tersebut ada yang cukup memakan waktu. Oleh karena itu, ada baiknya kamu persiapkan dari jauh-jauh hari atau rentang beberapa bulan dari waktu pendaftaran.

 

Menguasai Bahasa Asing

 

Yang satu ini sih wajib teman-teman! Karena berkuliah di luar negeri, sudah pasti kamu harus menggunakan bahasa global atau Bahasa Inggrisdalam berkomunikasi dan saat proses belajar. Hampir seluruh universitas di luar negeri memerlukan bukti kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki. Jadi, asah kemampuan berbahasa Inggris kamu baik-baik mulai saat ini. Kamu bisa mencoba belajar melalui berbagai macam sumber, seperti internet, online class, ataupun ikut kelas persiapan yang digelar lembaga pendidikan non-formal.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.