biaya kuliah teknik sipil
Bercita-cita Kuliah di Jurusan Teknik Sipil? Berikut Ini Perkiraan Biayanya!
3 Mei 2021
pengalaman kuliah di new zealand
Pengalaman Seru Kuliah di Kampus No. 1 New Zealand, University of Auckland!
5 Mei 2021

5 Platform ‘Online’ untuk Latihan Tes IELTS Secara Mudah!

tes ielts online

Sumber: Unsplash

MeRaise your hand untuk siapapun yang sedang berencana mengambil IELTS! Bagi yang bersekolah di Tanah Air maupun yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, kamu pasti familiar banget dengan yang namanya IELTS. Sebelum terlalu jauh, kita kenalan sedikit dulu dengan IELTS ini! IELTS atau International English Language Testing System (IELTS™) merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Cambridge University dan British Council. Biasanya pelajar menyiapkan diri sebelum tes dengan belajar IELTS secara online ataupun mengambil kursus.

Dalam beberapa persyaratan aplikasi program studi atau perkuliahan luar negeri, kamu memang akan diminta untuk melampirkan sertifikat tes kemampuan berbahasa Inggris yang diakui secara internasional ini. Lembaga pendidikan memerlukan sertifikat IELTS sebagai bukti untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris cukup baik untuk mengikuti pembelajaran nantinya. Oleh karena itu, agar mendapatkan skor memuaskan kamu harus bisa menguasai kemampuan berbahasa Inggris di setiap indikator soal-soalnya!

tes ielts online

Dokumentasi artikel SUN Education Group.

Skor dari IELTS berkisar mulai dari 0-9. Untuk mendapatkan nilai yang termasuk dalam standar baik, kamu harus memperoleh skor minimal 5,5 sampai 7. Sementara itu, durasi pengerjaan IELTS sendiri akan memerlukan waktu selama 2 jam 45 menit. Kamu akan menemukan beberapa bagian soal yang diantaranya: Listening selama 30 menit, Writing dengan masing-masing 1 jam, Reading selama 60 menit, dan Speaking selama 14-15 menit dengan 3 bagian. Keempat bagian inilah yang menjadi serangkaian tantangan yang bakal kamu hadapi! 

Meskipun begitu, kamu akan memerlukan strategi pengerjaan yang berbeda di setiap soalnya. Kamu harus mampu mengerjakan secara seksama dan bisa memutuskan jawaban dengan cepat serta matang. Pastikan bahwa sebelum mengikuti tes kamu sudah memaksimalkan kemampuan listening, writing, reading, dan juga speaking yang baik ya!

Untungnya seiring berjalannya waktu semakin banyak inovasi yang membantu kita. Kamu gak perlu ribet lagi karena jaman sekarang ada banyak cara untuk mempelajari IELTS dengan mudah! Kamu bisa belajar melalui sumber kredibel yang ada di internet alias latihan tes IELTS lewat online. Metode ini punya banyak keunggulan—terlebih di masa pandemi yang masih berlangsung dimana kamu harus mengurangi mobilitas berisiko. Kamu tidak harus bepergian ke tempat ramai, bisa belajar sesuai jadwal dan rencana sendiri, serta hemat pengeluaran.

tes ielts online

Sumber: Unsplash

Yup, belajar tes IELTS lewat online bisa menghemat banyak biaya karena beberapa platform menyediakan bahan dan materi belajar dengan gratis! Terlebih, situs tersebut menyajikan persiapan ujian sesuai standar internasional. Jadi kualitasnya bisa membantumu secara efektif dalam meningkatkan pengetahuan serta memaksimalkan keterampilan yang dibutuhkan! Disamping itu, cara ini sangat fleksibel loh. Kamu bebas memilih waktu belajar yang kamu inginkan. Ketika nantinya ada waktu luang, kamu bisa menggunakannya untuk latihan IELTS secara virtual.

Nah, biar lebih siap, kamu bisa mencoba 5 rekomendasi platform untuk belajar tes IELTS secara online berikut ini!

1. British Council IELTS Practice Test
The British Council merupakan organisasi dengan spesialisasi budaya serta pendidikan internasional yang juga menjadi penyelenggara IELTS. IELTS Practice Test yang mereka miliki bersifat gratis dan menyajikan informasi lengkap mengenai bentuk tes IELTS, soal-soal, hingga webinar gratis untuk persiapan IELTS itu sendiri. Dengan mengikuti latihan gratis British Council, kamu bisa menguji tes dengan ketepatan kondisi waktu yang diberikan sekaligus meninjau jawaban yang kamu miliki dan membandingkannya dengan model jawaban yang sudah ada!

2. IELTS.org

tes ielts online

IELTS.org. Dokumentasi artikel SUN Education Group.

IELTS.org adalah pusat resmi IELTS yang menyediakan informasi dengan lengkap. Dalam situs tes latihannya, akan ada beberapa pilihan booklet yang terlihat persis seperti ujian. Kamu bisa langsung mengunduh jenis tes yang ingin dicoba beserta lembar jawaban kosongnya, lalu tinggal mengikuti tes latihannya deh! Khusus bagian listening, mereka menyediakan file berbentuk audio di setiap bagian soal. Tentunya, kamu akan diberikan durasi tertentu dalam menyelesaikan setiap jenis tes yang ada. Sangat bagus bukan sebagai ‘pemanasan’ IELTS nantinya?

3. IELTS Mentor
Yang satu ini dirancang sedemikian rupa dengan kedua jenis modul IELTS. Modul akademik untuk kamu yang ingin mendaftar di perguruan tinggi serta modul umum jika kamu ingin memulai dunia karir dan bekerja. IELTS Mentor menyajikan beragam template keterampilan IELTS, persiapan, dan juga tips menarik yang efektif. Mereka selalu memperbarui blog secara berkala dan latihannya sangat menyenangkan untuk kamu yang ingin belajar sekaligus mencapai skor band yang lebih tinggi!

4. IELTS.Exam
Dalam situs ini, kamu bisa menemukan banyak sekali pelajaran IELTS! Baik itu modul pembelajaran, mock test IELTS, tips, hingga online course. Sama seperti rekomendasi lainnya, IELTS.Exam termasuk komprehensif dan bisa kamu akses secara gratis. Mereka merancang seluruh aspek kemampuan IELTS untuk semirip mungkin dengan format tes IELTS yang sebenarnya. Dengan begitu, kamu bisa menghadapi tes IELTS dengan percaya diri dan tampil sebaik mungkin nantinya!

5. IELTS Buddy
IELTS Buddy termasuk populer dan lengkap. Didalamnya ada reading, speaking, listening, grammar, vocabulary, hingga general lesson. Situs ini menyediakan IELTS Forum dimana kamu berkesempatan untuk berdiskusi tentang tes IELTS dengan teman lainnya yang sedang mempersiapkan ujian. Selain itu, kamu juga bisa mencoba pelajaran untuk pemula sampai tingkatan tinggi, seperti 7.0 atau 8.0. Dengan IELTS Buddy, kamu nggak hanya menguasai setiap indikator kemampuan penting tes tersebut tetapi juga bisa mencapai hasil yang tinggi!

Sumber: Freepik

Sangat bervariasi dan mudah bukan pilihan platform diatas untuk belajar IELTS secara online? Kamu boleh loh mencoba lebih dari satu platform untuk memaksimalkan proses belajarmu sekaligus memperkaya sumber yang kamu dapatkan. Percayalah. Selain fleksibel dan hemat biaya, memanfaatkan teknologi internet untuk mempelajari sesuatu bisa mengasah kreativitas dan juga kemampuanmu! Namun jangan lupa, mengingat setiap bagian soal IELTS cukup padat, kamu harus atur strategi baik-baik dari jauh hari sebelum jadwal tes.

Evaluasi kembali kekurangan dan kelebihan kamu dalam menjawab soal. Nggak perlu ragu untuk meminta bantuan saat menghadapi kesulitan. Kamu bisa diskusi atau sharing dengan mentor ataupun teman-temanmu mengenai soal-soal IELTS. Maksimalkan diri dalam proses belajar dan baiknya seimbangkan dengan berdoa. Yakinkan dirimu bahwa kamu pasti bisa menjawab soal-soal dan meraih hasil yang terbaik! Afirmasi positif akan memberikan kekuatan yang mendorongmu untuk semangat dan menyalurkan energi percaya diri.

Lakukan. Maksimalkan. Tetap semangat selalu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.