cara mengurus paspor online
Anti Ribet-Ribet Club, Kamu Bisa Mengurus Paspor dengan Cara ‘Online’!
18 Mei 2021
beasiswa s2 psikologi luar negeri
Beasiswa Psikologi S2 di Kampus ‘Top’ Luar Negeri? Cari Tahu Disini!
20 Mei 2021

5 Tips dan Trik untuk Menaklukkan TOEFL: Kamu Siap?

tips dan trik TOEFL

Sumber: Freepik

Pelajar maupun pekerja, pasti nggak asing lagi dengan yang namanya TOEFL! Jika ingin berkuliah di luar negeri, mendaftar sebuah program, atau membutuhkan lampiran sebagai persyaratan—TOEFL menjadi salah satu sertifikat yang dibutuhkan. Persyaratan masuk kuliah untuk hampir seluruh universitas di luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, maupun Australia memang memerlukan hasil tes yang satu ini. TOEFL sendiri merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language yang dibuat oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Termasuk sebagai tes yang challenging, kamu pasti sering melihat kalau tips dan trik pengerjaan TOEFL jadi ‘wejangan’ esensial dalam pembelajaran.

Sebelum kita kupas lebih jauh bagaimana strategi dalam menaklukan nya, kamu perlu mengetahui bahwa jenis TOEFL ada berbagai macam. TOEFL ada tiga jenis dan semuanya memiliki nilai perhitungan serta skor yang berbeda. Ketiga jenis TOEFL tersebut yaitu PBT, CBT, dan iBT. Umumnya, TOEFL menghabiskan waktu sekitar tiga jam dan memiliki empat bagian pengerjaan. Mulai dari grammar structure and written expression, listening comprehension, reading comprehension, sampai writing

Nah, untuk mendapatkan skor impian dan lancar dalam mengerjakan, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan! Berikut ini tips dan trik TOEFL yang sangat jitu dan bisa kamu coba:

1. Sering Membaca Yuk!

tips dan trik TOEFL

Sumber: Unsplash

Membaca literatur berbahasa Inggris bisa bikin kamu familiar dan memperkaya kosakata baru loh. Cara ini melatih otak dan daya pikirmu dalam mengenal kata, struktur, dan makna konteks keseluruhan bacaan saat membaca teks tersebut. Nanti kalau ketemu soal reading, kamu bisa memahami secara luas bacaan serta arti yang terkandung dalam teks Bahasa Inggris dengan mudah!

2. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan

Ini juga nggak terpisahkan dari kegiatan ‘membaca’. Cobalah untuk membaca majalah, berita online, maupun konten sosial media berbahasa Inggris. Kamu juga bisa mengerjakan contoh soal TOEFL iBT yang ada di internet, membaca karya ilmiah, ataupun jenis tulisan formal lainnya. Dalam TOEFL iBT biasanya ada beberapa soal yang membahas topik pengetahuan umum. Sangat penting untuk memperluas wawasanmu dalam berbagai macam bidang seperti sains, budaya, politik, maupun ekonomi. Dengan begitu, pemahaman umum yang kamu miliki menjadi lebih kontekstual dan luas!

3. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Cara satu ini nggak bakal absen dari tips dan trik TOEFL. Selain efektif dan simpel, mendengarkan lagu termasuk kegiatan menyenangkan! Hayooo, sebutin genre  favoritmu. Pop, rock, r&b, rap, hip-hop, atau jazz? Apapun yang kamu sukai, cobalah untuk sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris tersebut. Sembari menikmati alunannya, kamu bisa belajar memahami lirik dan arti keseluruhannya. Terlebih, cara ini nggak hanya menambah kemampuan listening kamu. Kamu juga jadi bisa memperkaya pengetahuan lexical choices.

4. Prioritas Pengerjaan Bagian Soal

Merapat sedikit ke ‘strategi’ saat kamu harus menghadapi tesnya. Sering-seringlah mengerjakan soal latihan TOEFL agar kamu bisa tahu dimana titik lemah dan terkuatmu. Misalnya, kamu memerlukan effort lebih dalam memahami soal reading. Soal-soal yang menjadi titik lemahmu ini bisa membuatmu menghabiskan banyak waktu untuk berpikir dan berhenti di bagian tersebut. Kuncinya, lakukan prioritas pengerjaan soal. Jika cukup sulit, kamu bisa mengerjakan yang lain terlebih dahulu dan nantinya kembali ke soal tersebut. Usahakan tidak berkutat lama dan tetap ingat untuk mengasah kemampuan menjawabmu dalam kategori soal yang kurang dikuasai ya!

5. Jawab Seluruh Pertanyaan

tips dan trik TOEFL

Sumber: Freepik

Yang terakhir nggak kalah penting. Jangan biarkan lembar jawabanmu kosong. Pastikan menjawab seluruh soal yang ada meski setelah berusaha maksimal kamu masih nggak se-yakin itu dengan jawaban sendiri. Akan tetapi, bukan artinya kamu terus fokus dengan jawaban ‘nggak yakin’ tersebut. Kamu masih bisa mengusahakan dengan cara kok! Seperti menyaring pilihan-pilihan jawaban yang sudah pasti salah saat menemukan pertanyaan yang membuat kamu ragu. Setelah itu, coba membuat tebakan dan sudut pandang yang sekiranya masuk akal. Siapa yang tahu apa hasil kedepannya kan? Kamu sudah berusaha maksimal!

Itu dia lima tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar lancar dalam menaklukkan TOEFL!

Bagaimana? Sudah siap?

Semangat selalu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan