manfaat online learning
8 Manfaat Online Learning Sebagai Metode Pembelajaran Terkini
30 Maret 2020
platform online learning
Rekomendasi Platform Online Learning
1 April 2020

5 Tips Mengisi Kegiatan #DiRumahAja

Business female freelancer at home.Casual dressed woman take care of her face and hair while work on laptop. Woman using laptop in livingroom. Woman wearing facial mask enjoying at home and using her laptop

Saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan wabah virus Corona atau Covid-19. Dalam situasi ini, diambil lah langkah penting untuk mencegah penyebaran. Negara menghimbau masyarakat Indonesia untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah, menjauhi keramaian, serta tetap mengisolasi diri dalam rumah.

Sumber: Freepik

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir membayangkan rasa bosan berhari-hari! Melakukan social distancing dengan berada di rumah sangat bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan berbagai macam hal. Kamu bisa mengerjakan tugas rumah maupun melakukan hobi kesukaanmu. Biar aktifitas lebih beragam dan seru, dibawah ini ada 5 tips mengisi kegiatan #DiRumahAja!

Membaca

Buku adalah jendela dunia yang kaya akan manfaat. Dengan membaca berbagai macam buku, kamu bisa menambah pengetahuan baru dan mengasah imajinasi. Kamu bisa membaca buku pengetahuan, sejarah, biografi, buku self-development, novel-novel fiksi atau non-fiksi, majalah, ataupun lainnya. Dengan membaca teks-teks, kamu bisa mengembangkan imajinasi sekaligus mengasah pikiran. 

Kalaupun tidak menemukan buku kesukaan, kamu bisa membacanya dari internet. Di era teknologi modern ini, kamu bisa mendapatkan akses mudah membaca buku gratis lewat media tersebut. Kamu juga bisa membaca melalui aplikasi yang ada di smartphone seperti aplikasi SUN Education contohnya. Dalam SUN Education Mobile App, kamu bisa membaca mengenai apapun tentang pendidikan luar negeri. Bagusnyakamu tetap tidak perlu keluar rumah.

Nah, dengan kegiatan membaca, kamu jadi memiliki kegiatan produktif dan tidak akan merasa kalau waktu berlalu dengan cepat. 

Belajar Bahasa Asing

Dalam era globalisasi modern saat ini, dunia global menjadikan bahasa asing merupakan salah satu hal super penting dalam berkomunikasi. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan yang akan datang di depan mata adalah dengan mempelajari Bahasa Inggris—salah satu contohnya. Kenapa Bahasa Inggris? Seperti yang kita ketahui, Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang digunakan oleh seluruh manusia di dunia. Dengan kata lain, Bahasa Inggris adalah bahasa global. Karena itu, jika kita menguasai bahasa tersebut, tentu saja kita akan lebih  mudah beradaptasi dengan siapa saja nantinya dari penjuru dunia.

Kamu bisa mempelajari Bahasa Inggris melalui buku ataupun online. Kamu bisa mencoba situs SUN English untuk belajar Bahasa Inggris. Apalagi, Bahasa Inggris sekarang merupakan syarat penting untuk studi di luar negeri. Buat kamu yang bercita-cita melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, coba maksimalkan waktu kamu ini dengan mempelajari bahasa. Percayalah, dengan mempelajari bahasa Inggris, kamu menjejakkan satu langkah menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Manfaatkan Media Pembelajaran Online

dirumahaja

Sumber: Freepik

Zaman sekarang sudah canggih dan serba dimudahkan! Kamu mau mempelajari bidang studi apa saja? Kamu bisa melakukannya secara online! Baik itu menyimak blog, situs web, maupun menonton tayangan video learning atau tutorial dari Youtube atau media lainnya. Yang pasti semuanya berbasis internet.

Baca Juga: 8 Manfaat Online Learning Sebagai Metode Pembelajaran Terkini

Hingga saat ini sudah banyak sekali platform yang menyediakan online learning. Mulai dari kelas pelajaran umum SMP atau SMA, bahasa, bahkan kelas-kelas dengan bidang perkuliahan juga ada! Kamu bisa tinggal pilih sesuai kebutuhanmu. Dengan memanfaatkan media online yang saat ini sudah mulai menarik dan efisien, kegiatan pembelajaran bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Bersih-bersih

Yang ini sih wajib rutin! Jangankan karena masa-masa social distancing, di saat hari biasa saja bersih-bersih rumah itu sudah pasti penting. Kalau rumah dan lingkungan bersih, kamu jadi bisa menjaga kesehatan keluarga. Mumpung momen ini ada dan banyak, coba untuk jadwalkan waktu beberes rumah.

Lakukan pembersihan secara menyeluruh. Usahakan untuk membersihkan sudut-sudut rumah yang biasa terlewatkan. Biar seru, ajak seluruh keluarga bersih-bersih bersama supaya lebih semangat! Kalau dilakukan bersama, pekerjaan ini akan bisa cepat tuntas dan juga terasa ringan.

Merencanakan Studi

Selain belajar dan bersih-bersih, kamu juga bisa mempersiapkan pendidikan untuk tahap selanjutnya! Untuk kamu yang sebentar lagi menyelesaikan bangku SMA dan akan melanjutkan kuliahterlebih kuliah di luar negeri, kamu bisa mempersiapkannya di momen ini.

Lakukan riset untuk mencari informasi terkini dan terpercaya seputar studi ke luar negeri. Pertimbangkanlah jurusan yang ingin kamu ambil, kualitas universitas, dan bahkan informasi beasiswa yang dapat membantumu. Agar sumber informasi kredibel, kamu bisa mencari informasi tersebut melalui aplikasi atau website SUN Education! Didalamnya sudah ada informasi lengkap universitas top dunia yang bisa membantu menentukan pilihanmu.

dirumahaja

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia 5 tips mengisi kegiatan #DiRumahAja dalam mencegah penyebaran Covid-19! Jangan lupa, selain berkegiatan, perhatikan juga kesehatanmu ya. Konsumsi buah, sayur-sayuran, dan perbanyak minum. Olahraga juga bisa menjadi ide bagus saat di pagi ataupun sore hari. Selain membuat tetap produktif, kamu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan segala penyakit yang mencoba untuk masuk. Tetap semangat ya!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!