Ternyata Segini Biaya Hidup di Kanada, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!
Ternyata Segini Biaya Hidup di Kanada, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!
29 Agustus 2021
Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!
Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!
1 September 2021

6 Alasan Pengalaman Kuliah di Belanda yang Bikin Pelajar Indonesia Betah

Sumber: Pexels

Jika ditanya negara Eropa mana yang ingin dijadikan tujuan belajar, pasti banyak yang menjawab Belanda. Memang, karena adanya sejarah yang sama, Indonesia dan Belanda kini memiliki hubungan yang baik. Makanya, banyak sekali pelajar Indonesia yang berguru hingga ke Negeri Oranye ini. Banyak pula yang membagi pengalaman kuliah di Belanda sebagai pengalaman yang tak bisa dilupakan seumur hidup. Buat kamu yang juga ingin belajar ke Belanda, pasti jadi penasaran pengalaman kuliah di Belanda seperti apa, kenapa sampai membuat pelajar Indonesia begitu tertarik belajar di sana dan sebagainya. Penasaran? Simak 6 alasan pengalaman kuliah di Belanda berikut ini!

Negara Termurah di Eropa

6 Alasan Pengalaman Kuliah di Belanda yang Bikin Pelajar Indonesia Betah

Sumber: Pexels

Negara-negara di Eropa terkenal dengan biaya hidupnya yang tinggi. Namun, tidak dengan Belanda. Belanda justru dikenal dengan salah satu negara termurah di Eropa. Biaya hidup yang tidak terlalu tinggi juga membantu pelajar di Indonesia. Apalagi di sana banyak kampus yang tidak menyediakan akomodasi untuk pelajar internasionalnya. Pelajar Indonesia bisa menyewa apartemen bersama atau homestay. Namun, perlu diperhatikan lagi di kota mana kamu akan tinggal. Biaya hidup paling tinggi di Belanda jatuh di kota Amsterdam. Jadi sebaiknya kamu minggir ke kota lain sedikit jika ingin biaya hidupnya tidak terlalu tinggi.

Banyak Makanan Indonesia

6 Alasan Pengalaman Kuliah di Belanda yang Bikin Pelajar Indonesia Betah

Sumber: Pexels

Punya lidah orang Indonesia terkadang belum tentu cocok dengan masakan khas Eropa yang minim bumbu. Tenang, Belanda dikatakan surganya orang Indonesia di Eropa karena banyak restoran Indonesianya! Dibandingkan masyarakat Eropa lainnya orang Belanda menyukai makanan yang kaya rempah seperti makanan Indonesia. Makanya, banyak orang Indonesia di sana yang membuka restoran masakan Indonesia yang ramai pengunjung baik dari mahasiswa Indonesia dan orang lokalnya juga. Jadi nggak ada deh kangen makan makanan Indonesia kalau kuliah di Belanda.

Ladang Universitas Bergengsi

6 Alasan Pengalaman Kuliah di Belanda yang Bikin Pelajar Indonesia Betah

Sumber foto: University of Twente

Belanda juga dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan tinggi tertua yang terkemuka di dunia. Nggak heran, banyak universitas di Belanda yang mendapat peringkat tinggi di antara universitas-universitas di dunia. Tak hanya dari Indonesia saja, pelajar yang datang ke Belanda pun bahkan dari berbagai benua, lho! Apalagi biaya universitas di Belanda juga lebih murah dan banyak programnya yang menggunakan bahasa Inggris.

Sehat Karena Naik Sepeda Kemana-Mana

6 Alasan Pengalaman Kuliah di Belanda yang Bikin Pelajar Indonesia Betah

Sumber: Pexels

Pengalaman kuliah di Belanda yang tak pernah terlupakan adalah suasana kotanya yang penuh dengan sepeda. Belanda merupakan negara yang banyak kanal sehingga jalan-jalannya menjadi lebih kecil. Untuk menelusuri jalan-jalan kecil ini lah masyarakat Belanda banyak yang menggunakan sepeda untuk mobilitas sehari-hari, termasuk para pelajarnya. Dengan kebiasaan bersepeda, tak heran kesehatan fisik jadi lebih terjaga, kan? 

Makanan Sehat dengan Harga Murah

Sumber: Pixabay

Banyak sekali orang yang berpikiran kalau makanan sehat itu bisa menguras kantong. Kalau kamu tinggal di Belanda, pasti terkejut dengan harga bahan makanan sehatnya yang ramah kantong. Selain harganya murah, bahan makanannya juga variatif. Kamu bisa membelinya di supermarket atau farmers market yang harganya bisa lebih murah lagi.  Selain bahan makanan yang sehat dan banyak pilihan, di supermarket Belanda juga banyak yang menjual bahan-bahan dan bumbu masakan Indonesia, lho. Kamu jadi bisa memasak masakan Indonesia sendiri langsung dari dapurmu!

Pemandangan Kota yang Spektakuler

Sumber: Pexels

Pemandangan kota Belanda yang dikelilingi kanal membuat siapapun seperti nggak bisa move on. Kanal yang indah dengan bangunan-bangunan berarsitektur kuno hingga modern menambah kegiatan bersepeda di kota menjadi lebih menyenangkan. Penat dengan suasana kota yang padat, kamu bisa mengunjungi pedesaan Belanda. Siap-siap menemukan padang tulip yang indah dan membuat kamu semakin betah tinggal di sana.

Itulah pengalaman kuliah di Belanda yang membuat pelajar Indonesia betah dan ingin kembali lagi. Kamu mau kuliah di Belanda? Jangan lupa konsultasikan dulu dengan SUN Education supaya pengalaman kuliah di Belanda menjadi lebih nyaman dan berkesan.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan