transportasi di australia
Sudah Tahu Belum? Ini Opsi Konsesi Transportasi di Australia bagi Mahasiswa Internasional!
29 Oktober 2021
Macquarie_IntakePromotion
Macquarie 2022 Intake Promotion 02 – 23 November 2021
2 November 2021

6 Fakta Menarik Singapura yang Wajib Kamu Tahu

6 Fakta Menarik Singapura yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: Pexels

Singapura adalah negara tetangga yang memiliki perkembangan pesat pada sistem pendidikan, perekonomian, kesehatan hingga teknologi. Bahkan orang-orang menjuluki negara kecil ini sebagai negara nomor 1 di Asia Tenggara! Nggak heran, banyak mahasiswa dari negara-negara luar yang ingin melanjutkan pendidikan tingkat tingginya di sana. Apakah kamu juga ingin kuliah di Singapura? Sebelum kamu berangkat kesana, kamu wajib tahu 6 fakta menarik Singapura yang wajib kamu ketahui. Apa saja, ya?

1. Warga Singapura adalah Pejalan Kaki Tercepat di Dunia

6 Fakta Menarik Singapura yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: Pexels

Warga Singapura memiliki kebiasaan jalan kaki yang lebih tinggi dibandingkan negara-negara di Asia Tenggara. Meskipun sistem transportasinya sudah bagus ditambah dengan kehadiran ojek online sekalipun, warganya lebih suka jalan kaki. Berdasarkan penelitian, warga Negara Singa ini mampu menempuh jarak 18 meter dalam 10,5 detik saja! 

2. Pernah Menjadi Bagian dari Indonesia dan Malaysia

6 Fakta Menarik Singapura yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: Pexels

Sebelum menjadi negara yang berdiri sendiri pada 1965 silam, faktanya Singapura pernah menjadi bagian dari Indonesia dan Malaysia, lho. Dahulu nama Singapura saat bergabung dengan Indonesia adalah Temasek. Wilayah ini pernah tercatat sebagai kekuasaan Majapahit dengan Adityawarman sebagai panglima militernya waktu itu. Singapura juga pernah menjadi salah satu negara bagian Malaysia dalam waktu 2 tahun yakni 1963 sampai 1965. Singapura resmi menjadi negara sendiri dengan hari kemerdekaan pada  9 Agustus 1965.

3. Alasan Singapura Menjadi Negara Termahal di Asia Tenggara

6 Fakta Menarik Singapura yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: Wikimedia

Meski negara kecil, Singapura merupakan negara dengan biaya hidup termahal di Asia Tenggara. Bukan tanpa sebab, negara dengan luas 718 kilometer persegi ini memiliki sumber daya alam yang terbatas. Salah satu fakta menarik Singapura, banyak komoditasnya yang diimpor dari negara tetangga seperti Indonesia maupun Malaysia. Meski begitu, pemerintah memberikan subsidi untuk rakyatnya, seperti apartemen, pendidikan hingga kesehatan. Dengan adanya subsidi ini justru membuat harga properti di sana lebih tinggi.

4. Pelajar Internasional Terbanyak di Asia Tenggara

6 Fakta Menarik Singapura yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: Pexels

Fakta menarik Singapura selanjutnya adalah banyaknya pelajar internasional yang melanjutkan pendidikannya di sana. Bukan tanpa alasan, sistem pendidikan Singapura dikatakan paling maju di Asia Tenggara. Hal ini dikarenakan fakultas dan infrastruktur yang dimiliki sungguh mutakhir. Bahkan beberapa universitas di Singapura bekerja sama dengan universitas-universitas di luar negeri supaya siswanya bisa kuliah dulu di Singapura namun bisa lulus di negara lain. Setidaknya ada ratusan ribu pelajar internasional yang sedang belajar di sana.

5. Satu-Satunya Negara di Asia dengan Kasus Korupsi Terendah

Sumber: Art For All

Warga Singapura patut berbangga hati, pasalnya negara mereka ternyata menjadi satu-satunya negara yang paling tidak korup berdasarkan survey dari Transparency International 2020 silam. Hampir tak adanya kasus korupsi di Singapura terlihat dengan penurunan laporan maupun pengaduan korupsi disertai dengan tingkat kasus korupsi yang rendah di sektor publik beberapa tahun belakangan ini. Bahkan di tengah pandemi Covid-19, pengawasan akan kasus korupsi tetap berjalan dengan ketat!

6. Ada Wajib Militer untuk Laki-Laki

Sumber: Pexels

Fakta menarik Singapura yang belum banyak orang tahu adalah begini-begini Singapura juga tetap insecure, lho. Karena negaranya kecil dan berada di tengah-tengah negara-negara besar, Singapura pun meningkatkan pertahanan negaranya dengan memerintahkan wajib militer untuk warga negara laki-laki yang berusia 18 tahun. Berdurasi selama 2 tahun, saat mereka berumur 40 tahun mereka harus kembali untuk berlatih lagi.

Itulah fakta menarik Singapura yang masih banyak belum orang tahu bahkan ada yang lupa juga. Fakta-fakta ini menjadi bekal untuk kamu agar semakin kenal dengan negara tetangga kita satu ini. Apalagi buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah di sana, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan. 

Biar pengalaman kuliah di luar negeri kamu lebih berkesan, ada baiknya konsultasi dulu dengan SUN Education. SUN Education siap membantu kamu menyiapkan persiapan persyaratan masuk kuliah, membeli asuransi kesehatan di sana, mengajukan paspor hingga mencari akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan