Botany / Ilmu Tumbuh-tumbuhan
26 Agustus 2020
biaya kuliah s2 di luar negeri
Cari Tahu Biaya Kuliah S2 di Luar Negeri Yuk!
27 Agustus 2020

7 Cara Mendapatkan Beasiswa yang Penting Kamu Persiapkan!

cara mendapatkan beasiswa

cara mendapatkan beasiswa

Beasiswa merupakan tunjangan yang memberikan banyak manfaat bagi para penerimanya. Mulai dari fungsinya yang dapat menyiasati pengeluaran pendidikan, menjadi prestasi tersendiri, hingga ‘kekuatannya’ yang memberikan peluang akan pekerjaan setelah lulus nanti. Beasiswa pun bermacam-macam; ada yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak mampu secara ekonomi, beasiswa prestasi, beasiswa studi S2 dan S3, dan juga beasiswa studi di luar negeri. Cara mendapatkan beasiswa dan tingkat kesulitannya bisa dikatakan bervariasi, ada yang memiliki persyaratan mudah sampai dengan yang cukup menantangbelum lagi banyaknya saingan! 

Sumber: Freepik

Untuk mendapatkan beasiswa, kamu tentunya harus melewati setidaknya beberapa rangkaian persyaratan yang harus dipenuhi. Ada beasiswa yang mengharuskanmu untuk memiliki A atau B, ataupun kriteria lainnya. Hanya saja, terkadang beberapa pelajar kebingungan atau mungkin tidak mengetahui bagaimana cara mendapatkan beasiswa yang mereka incar. Padahal kamu harus mempersiapkan segala halnya dengan jitu dan matang agar berhasil meraihnya! Nah, biar lebih mudah, berikut ini rekomendasi 7 cara mendapatkan beasiswa yang penting untuk kamu persiapkan!

Cari Informasi Lengkap Beasiswa

Pertama, kamu harus mencari informasi beasiswa secara rinci dan lengkap. Tentukan seperti apa beasiswa yang kamu ingin dan butuhkan. Kamu bisa memperoleh informasi kredibel mengenai beasiswa di internet maupun media sosial. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi dengan teman, guru, ataupun konsultan pendidikan profesional loh! Berkomunikasi dengan orang yang lebih memahami betul mengenai topik beasiswa juga bisa memperluas informasi mu mengenai beasiswa itu sendiri sekaligus peluang yang ada.

Baca Juga : 7 Tips Belajar yang Baik Saat Kuliah di Luar Negeri

Pahami dan Penuhi Persyaratan

Sumber: Freepik

Ini sangat penting! Pastikan kamu mengetahui segala persyaratan yang diminta oleh beasiswa tersebut sebelum mendaftar. Setelah kamu pahami dengan seksama, apakah seluruh poinnya sesuai dengan yang kamu miliki? Misalnya beberapa beasiswa mengharuskan nilai standar yang mencapai angka sekian, nah kamu harus menyesuaikan dengan kriteria tersebut untuk menembus kualifikasi.

Kuasai Bahasa Internasional

Jika kamu berencana untuk melanjutkan studi di luar negeri, bahasa internasional adalah salah satu hal esensial yang harus kamu kuasai. Gak hanya berlaku untuk beasiswa saja, tetapi kemampuan bahasa internasional penting sebagai alat komunikasi nantinya. Kaitannya dengan beasiswa, kebanyakan universitas kancah internasional mewajibkanmu untuk melampirkan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris seperti IELTS (International English Language Testing System), TOEFL (Test of English as Foreign Language), atau PTE (Pearson Language Tests). Tentunya, dengan minimal skor yang telah mereka jadikan standar persyaratan.

Tekun Belajar dan Berdoa

Terkadang ada beberapa beasiswa yang mewajibkan pesertanya mengikuti tes kemampuan dasar ataupun jenis tes lainnya. Untuk berjaga-jaga, kamu juga harus rajin dan tekun belajar. Perbanyak membaca, berlatih soal-soal, serta tak lupa berdoa agar semakin lancar saat menghadapinya. 

Perbanyak Portfolio

Meski nilaimu memenuhi persyaratan beasiswa ataupun CV sudah dibuat sekreatif mungkin,  kamu juga perlu memaksimalkan aplikasi dengan portofolio yang kamu miliki. Mengapa? Agar yang nantinya menyeleksimu bisa mengetahui bahwa kamu aktif dalam melakukan berbagai kegiatan. So, ada baiknya sebelum kamu mengejar beasiswa yang kamu incar dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti organisasi, komunitas, klub, perlombaan, atau seminar. Pastikan kamu juga bisa balance dengan waktu studi kamu dengan membagi waktu saat mengikuti kegiatan tersebut.

Baca Juga : Bagaimana Sih Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi?

Meminta Rekomendasi Dosen

Sumber: Freepik

Gak kalah penting, yang satu ini bisa menambah peluang kamu! Mintalah rekomendasi dari dosen ataupun profesor. Pastikan kamu mencari rekomendasi dari tenaga pengajar yang berpengalaman dan memiliki kompetensi lebih dalam bidangnya. Kamu juga bisa coba untuk meminta rekomendasi kepada dosen yang menjabat posisi khusus di universitasmu. Semakin ‘berpengaruh’ posisi strukturalnya, maka rekomendasi yang kamu lampirkan akan semakin dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara beasiswa.

Bersiap untuk Wawancara!

Setelah berhasil lolos dalam tahap administrasi, kamu biasanya akan menghadapi tahap interview atau tes wawancara. Dalam tahapan ini, kamu akan berhadapanan langsung dengan banyak pihak. Agar proses wawancara lancar, kamu harus mempersiapkan dirimu untuk percaya diri saat menjawab pertanyaan nanti! Perbanyak latihan berbicara dengan benar, bekali dirimu dengan informasi bidang studi yang kamu pilih atau sedang jalankan, dan juga general knowledge agar aplikasi beasiswamu berhasil untuk diterima. Perlu diingat, apapun hasilnya, kamu harus berani, optimis, dan tetap semangat ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!