daftar jurusan kuliah dan penjelasannya
Simak Daftar Jurusan Kuliah dan Penjelasannya Berikut Yuk!
1 Juli 2020
jurusan manajemen bisnis
Ingin Kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis? Ketahui Ini!
7 Juli 2020

7 Tips Belajar yang Baik Saat Kuliah di Luar Negeri

tips belajar yang baik

tips belajar yang baik

Menempuh pendidikan hingga di luar negeri merupakan target dan cita-cita bagi banyaknya orang di seluruh dunia. Pilihan tersebut pun memiliki banyak keunggulan—sebuah pengalaman yang bisa mengubah hidup. Karena perbedaan sistem pendidikan dan lingkungan yang ada, cara menghadapinya pasti berbeda. Bisa dilihat, para mahasiswa akhirnya selalu berusaha menciptakan ataupun mengikuti tips belajar yang baik namun juga bisa terasa menyenangkan.

Disamping itu, berkuliah di luar negeri memberikan masa pertumbuhan pribadi yang besar. Artinya, kamu sebagai mahasiswa perantau dipastikan dapat hidup menjadi lebih mandiri. Kamu akan belajar mengenai budaya lain. Bertemu dengan orang-orang dan teman baru, cara hidup baru, serta budaya baru. Terlebih, kamu berkesempatan untuk memperluas jaringan yang nantinya bisa memudahkanmu baik itu dalam studi, diluar studi, bahkan hingga saat memulai karir di masa mendatang.

Sumber: Freepik

Berbicara tentang belajar, kamu tentu pasti bertanya-tanya. “Bagaimana ya belajar di luar negeri yang efektif, seru, dan juga bisa sukses membuahkan hasil?”. Pertama-tama, kamu harus menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman terlebih dahulu sebelum belajar. Yes, ini adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan agar materi yang kamu pelajari bisa benar-benar mudah dipahami dan mudah untuk kamu ingat. Dengan keadaan yang tenang dan nyaman, kamu akan lebih mudah berkonsentrasi saat proses belajar.

Setelah itu, kamu harus memahami bahwa kesempatan belajar tidak hanya terbatas saat di kelas saja. Kamu harus rajin bereksplorasi. Dengan bereksplorasi, kamu akan diperkaya dengan pengetahuan serta pengalaman lainnya. Nah, untuk memudahkanmu mengemban studi saat di luar negeri, cobalah 7 tips belajar yang baik dan juga menyenangkan berikut ini:

Baca Juga : Ingin Kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis? Ketahui Ini!

Sungguh-sungguh dalam Belajar

Kumpulkan niat dan berdoa sebelum belajar. Kamu sudah melangkah sejauh ini. Selain bangga, kamu juga harus menghargai kemampuan dan usahamu hingga bisa berada di posisi ini. Salah satunya adalah dengan sungguh-sungguh dalam belajar! Jika kamu mengutamakan belajar, kamu akan lebih mudah dan merasa percaya diri nantinya saat menghadapi kelas dan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Usahakan untuk melakukannya dengan sepenuh hati ya. Kamu bisa membuat catatan agar lebih terorganisir dan mudah untuk me-review saat ingin dipelajari kembali.

Gunakan Banyak Sumber

Ini adalah salah satu tips belajar yang baik dan tidak boleh terlewatkan! Yup. Belajarmu tidak hanya terbatas dari kelas saat perkuliahan saja. Kamu harus rajin bereksplorasi dengan belajar dalam medium lain. Cobalah mengunjungi perpustakaan untuk meminjam dan membaca beberapa buku, mengikuti online learning maupun belajar dari sumber internet yang kredibel, menonton video dan berita, maupun menghadiri seminar atau workshop. Jendela pendidikan itu luas. Agar semakin berkembang, maksimalkanlah sumber pengetahuan yang bisa kamu dapatkan.

Latihan Soal

studi ke luar negeri

Sumber: Freepik

Latihan soal dan belajar mandiri juga penting. Saat di asrama atau rumah, kamu bisa menggunakan cara ini untuk melatih kemampuan berpikir, analitis, dan problem solving. Dengan belajar mandiri dan mengerjakan beberapa soal, kamu akan bisa memaksimalkan pemahaman yang kamu miliki dalam bidang/pelajaran tersebut. Seperti poin ke-2, gunakanlah banyak sumber. Latihan soal sekarang tidak perlu menggunakan cara yang membosankan lagi loh. Kamu bisa coba latihan soal dari internet, bahkan dari video yang ada di Youtube. Dengan begini, kamu pasti lebih semangat!

Baca Juga : 5 Cara Cepat Lulus Kuliah Jika Ingin Lulus Tepat Waktu

Diskusi

Diskusi bisa membuatmu mengasah perspektif yang kamu miliki. Catatlah dengan lengkap jika kamu menemukan kekurangan atau kelebihan dalam suatu studimu. Jika memiliki pertanyaan atau pembahasan yang sangat ingin kamu kupas, kamu bisa mendiskusikannya dengan teman, kolega, ataupun dosen berdasarkan catatan yang sudah kamu buat dan materi yang dipelajari sebelumnya. Dengan forum diskusi maupun belajar bersama (secara kelompok), kamu bisa mendapatkan sudut pandang yang berbeda, pengetahuan baru, dan juga mampu mengatasi kesulitan yang ditemukan disaat waktu perkuliahan.

Aktif dalam Klub atau Organisasi

Keterlibatan ini memberikan makna yang super positif. Kamu tidak hanya mendapatkan pengalaman berbeda, tetapi juga bisa meng-upgrade dirimu. Kenapa? Karena saat berpartisipasi dalam klub, organisasi, atau komunitas, kamu akan terjun langsung untuk belajar hal yang menjadi passionmu dan menjaring sebuah koneksi. Terlebih, disini posisinya kamu berkuliah di luar negeri. Hal ini membantu kamu bertemu dengan orang-orang baru. Melalui wadah tersebut kamu bisa belajar bagaimana cara bekerja bersama tim, komunikasi, kesempatan networking dimana kamu dapat membangun hubungan yang akan sangat berguna untuk jalan karir kedepannya, dan juga mengembangkan skill kepemimpinan.

Ciptakan Koneksi dan Pertemanan

Carilah teman-teman dari berbagai tempat dan berbagai lingkungan sebanyak mungkin. Coba pelajari dan beradaptasi dengan budaya mereka serta jangan lupa untuk menceritakan tentang budaya dan dirimu juga. Bertukar cerita dan pikiran adalah hal yang baik saat menjalani komunikasi. Kamu pasti akan takjub dengan semua persamaan dan perbedaan yang ada! Lakukan aktivitas yang seru dan menyenangkan seperti hangout saat di akhir pekan ataupun kegiatan sosial yang juga bisa dijadikan sarana belajar. Ingatlah, belajar memang penting, namun bergaul dan berkomunikasi juga memiliki peran penting yang sama. Buatlah semuanya seimbang. 

Baca Juga : Menjelajahi Serunya Kehidupan Kampus di Luar Negeri

Study and Health =  Harus Balance!

Sebagai siswa internasional yang belajar di luar negeri dan memiliki jadwal belajar serta aktivitas padat, kamu harus bisa menyeimbangkan waktu. Ada waktu untuk belajar, dan juga ada waktu untuk dirimu. Waktu untuk dirimu—waktu untuk memperhatikan kesehatan fisik, jiwa, dan mental. Otak yang sering bekerja juga perlu istirahat. Have a break, olahraga yang cukup, makan yang sehat dan bergizi, buat waktu untuk diri sendiri dimana kamu bisa melakukan sesuatu yang kamu sukai. Namun, rencanakan waktu luang secara tepat untuk waktu yang seimbang antara belajar dan bersantai ya.

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia rekomendasi beberapa cara agar kamu bisa belajar secara efektif dan juga menyenangkan! Jangan lupa, meskipun harus fokus belajar dan menghadapi kesulitan lainnya saat berkuliah, usahakan untuk kelola tingkat stress yang bisa saja kamu rasakan. Saat sudah melakukannya dan kamu masih menemukan kekurangan ataupun belum mencapai target, jangan patah semangat! Kamu akan selalu punya kesempatan untuk mencoba kembali dan melakukan yang terbaik.

Kuncinya: tetap percaya diri dan terus berusaha! Ingatlah motivasi dan carilah inspirasi. Hal tersebut bisa membantumu dalam memacu semangat belajar menempuh perkuliahan di luar negeri. Manfaatkan kesempatan yang kamu miliki. Dengan usaha keras, percayalah, kamu dapat menuai hasil akhir yang memuaskan dan juga membanggakan!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!