pengalaman belajar di china
8 Fakta Pengalaman Kuliah di China
7 Agustus 2020
Perbandingan Biaya Kuliah di Luar Negeri di 5 Negara dengan Edukasi Terbaik
8 Agustus 2020

8 Jurusan dengan Gaji Tertinggi yang Bisa Menjadi Pilihan Karirmu

Sumber: Freepik

Apa kamu seorang pelajar yang sedang mempertimbangkan jurusan kuliah sembari membayangkan bagaimana kehidupan berkarir nanti? If yes, kamu harus mempersiapkan banyak hal nih! Setelah merampungkan studi di bangku kuliah, dunia kerja adalah jenjang selanjutnya yang akan kamu hadapi. Beberapa siswa biasanya memiliki banyak pertimbangan ketika memilih sebuah jurusan. Mulai dari sisi bakat dan minat, tingkat persaingan, hingga masa depan dalam berkarir nantinya. Nah, berbicara tentang karir setelah berkuliah, peluang dan penghasilan kerja selalu termasuk sebagai bahan pertimbangan. Jurusan dengan gaji tertinggi pun tak luput dari riset serta pilihan para siswa.

Sumber: Freepik

Terlebih, penghasilan kerja sifatnya tidak menentubisa stabil ataupun meningkat. Kamu yang mempertimbangkan hal ini sangat penting untuk mengetahui setiap perubahannya. Gaji seseorang juga bisa sangat bergantung dengan peran apa yang dilakukan serta untuk perusahaan atau industri mana ia bekerja. Dan lagi, semakin besar tanggung jawab serta bobot yang kamu pegang, akan spektakuler juga penghasilan yang kamu dapatkan! Nah, untuk kamu yang memerlukan informasi berbagai pilihan pekerjaan dengan penghasilan banyak, berikut ini daftar pekerjaan dari jurusan dengan gaji tertinggi di tahun 2020:

Dokter

Dokter merupakan profesi mulia yang memberikan perawatan medis utama dan berkelanjutan bagi pasien. Sudah bukan rahasia lagi bahwa pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi. Hal tersebut pun juga terbilang wajar mengingat pengorbanan waktu dan mahalnya biaya pendidikan yang harus ditempuh. Terutama untuk menjadi dokter terbaik dan handal memerlukan pengalaman serta jam terbang yang tinggi. Pekerjaan sebagai dokter dapat menghasilkan sekitar 2 miliar rupiah setahun, terutama jika bekerja sebagai dokter di lebih dari satu instansi.

Arsitek

Arsitek bertugas dalam merancang, mendesain bangunan baru, ataupun merancang proyek renovasi bangunan yang sudah ada. Pekerjaan ini sangat menantang dan tidak bisa dianggap mudah. Tanggung jawab arsitek harus memastikan desainnya cocok, fungsional, aman serta memperhatikan penuh proyek yang digarap. Karena itu, arsitek termasuk dalam jurusan dengan gaji tertinggi. Mempelajari banyak ilmu dan menyerap pengalaman di masa perkuliahan memberikan mereka gaji yang sangat sebanding; bisa mencapai sebesar 1 miliar hingga 2 miliar rupiah per tahunnya. Gaji tersebut pun masih bisa meningkat, tergantung pada jenis dan berapa banyak proyek yang dikerjakan.

Computer Programmer

Seorang programmer komputer bekerja dengan merancang, mengembangkan, maupun menguji sebuah code, form, dan script untuk aplikasi komputer agar dapat dijalankan. Orang yang bekerja di posisi ini harus selalu up-to-date dengan program terbaru agar dapat bersaing dengan kompetitor. Yang artinya, kamu harus terus berinovasi dan tidak bosan untuk belajar berkembang. Computer Programmer harus mampu menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis, serta mampu menganalisis. FYI, untuk pekerjaan yang cukup rumit ini, mereka bisa mendapatkan sekitar 900 juta hingga 1,5 miliar rupiah per tahunnya!

Insinyur Penerbangan

Menembus universitas yang menyediakan jurusan teknik penerbangan tidaklah mudah, apalagi mengarungi pekerjaan menjadi seorang insinyur penerbangan. Materi pembelajarannya sangat menantang dan dibutuhkan bakat serta tekad besar dalam menjalaninya. Saat bekerja menyangkut kedirgantaraan nantinya, kamu tidak hanya merancang dan membuat, tetapi juga melakukan pengoperasian pesawat. Oleh karena itu, dengan tanggung jawab besar dan kerja keras, usaha kamu dijamin tidak akan sia-sia! Seorang insinyur penerbangan bisa meraih gaji awal sebesar 850 juta rupiah per tahun dan tentu akan terus meningkat seiring berdasarkan waktu, performa, dan pencapaian.

Ahli Konstruksi

Ahli konstruksi termasuk salah satu pekerjaan dengan gaji luar biasa mengingat industri infrastruktur yang kian berkembang pesat. Mulai dari Melaksanakan tugas yang melibatkan kerja fisik di lokasi konstruksi, mengkoordinasikan berbagai pekerjaan yang terkait dengan konstruksi dan perawatan struktur, fasilitas, dan sistem, sampai berpartisipasi dalam pengembangan konseptual sebuah proyek konstruksi. Seorang Project Manager di bidang konstruksi saja dapat digaji rata-rata 30 hingga 70 juta rupiah per bulannya dan ahli konstruksi dengan latar belakang “jam terbang” atau pengalaman lama dapat menghasilkan 60 rupiah juta per bulan.

Ahli Pertambangan

Ahli Pertambangan bekerja dengan melakukan survei lapisan permukaan untuk mengidentifikasi karakteristik tanah dan tambang potensial, merancang, menerapkan, dan mengawasi perkembangan tambang, fasilitas, sistem, dan juga peralatan. Resiko dan kesulitan pekerjaan ini cukup terbilang besar. Kamu harus benar-benar menguasai teknik, desain, teknologi, matematika, serta produksi dan pengolahan. Para fresh graduate yang bekerja di bidang ini dapat memperoleh penghasilan mulai 6 hingga 8 juta rupiah per bulan. Sementara jika kamu sudah memiliki banyak pengalaman dan mengisi posisi staf level menengah atau senior, kamu bisa digaji sebesar 30 juta rupiah per bulannya.

Desainer Produk

Pekerjaan yang satu ini diprediksi memiliki gaji yang cukup tinggi pada tahun 2020! Desainer Produk bekerja dengan melakukan perencanaan dan perancangan produk yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dalam desain produk, kamu tidak akan berfokus pada estetika saja, tetapi juga pada nilai kegunaan produk. Kamu harus bisa kreatif, detil, dan senang melakukan riset. Kamu juga bisa bekerja dengan menghasilkan sendiri hasil rancanganmu. Selain bekerja secara individu, kamu juga bisa bekerja di perusahaan berbagai industri; mulai dari kreatif, pariwisata, hingga teknologi. FYI, berdasarkan laporan World Economic Forum (WEF), gaji yang diterima oleh lulusan jurusan ini berkisar dari 6 hingga 30 juta rupiah per bulannya loh.

Human Resource Development

Human Resources Development atau yang lebih dikenal dengan HRD merupakan sebuah pekerjaan dimana kamu harus mengelola dan memberdayakan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Tanggung jawab yang dipikul oleh seorang HRD memang besar, karena akan langsung berhubungan dengan jajaran atas perusahaan. Bekerja dalam bidang HRD juga tidak hanya berurusan dengan rekrutmen saja. Kamu bisa mengisi bagian seperti kompensasi dan keuntungan, hubungan antar pegawai, hukum kepegawaian, keluhan, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, HRD biasanya terbagi dalam spesialisasi, seperti bidang pelatihan dan pengembangan, rekrutmen atau seleksi, maupun hubungan antar pegawai. Pendapatan yang diperoleh HRD sendiri bervariasi. Di sejumlah perusahaan kecil, gaji HRD sekitar 8 hingga 12 juta per bulan. Untuk posisi direktur bisnis lokal pada skala yang lebih kecil dapat meraih penghasilan sekitar 10 juta ke 15 juta per bulan. Sementara itu, gaji HRD di perusahaan multinasional rata-rata adalah bisa mencapai sekitar Rp 35 juta-45 juta/bulan.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!