Cosmetic Science
7 April 2020
negara dengan sistem pendidikan terbaik
5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia
9 April 2020

8 Tips Agar Siap dan Tidak Bingung Memilih Jurusan Kuliah

bingung memilih jurusan kuliah

bingung memilih jurusan kuliah

Bagi beberapa siswa yang sudah mulai memasuki fase tingkat pendidikan tinggi, memilih jurusan terasa sedikit seperti tantangan. Ada yang masih dilema memilih diantara dua, ada yang masih bingung ingin terjun ke bidang yang mana, dan bahkan masih ragu dengan satu pilihan yang dimiliki. Banyak dari mereka yang masih bingung memilih jurusan kuliah.

Sementara itu, jurusan kuliah sangat penting untuk kedepannya. Jurusan kuliah merupakan fondasi kamu untuk melewati langkah selanjutnya. Dengan belajar di jurusan yang tepat, kamu bisa fokus untuk mengembangkan potensimu dan juga memahami rencana karir untuk di masa depan. 

Sumber: Freepik

Karena diluar sana ada sangat banyak sekali jurusan, kamu perlu memilih secara baik-baik dengan pertimbangan yang matang. FYI, ada beberapa bidang studi yang memiliki jurusan atau spesialisasi berbeda. Disinilah kamu harus bisa memilih yang benar-benar sesuai denganmu dan dengan apa yang kamu butuhkan.

Untungnya, kamu dengan mudah bisa menjadikan beberapa indikator sebagai benchmark saat menentukan pilihan jurusan. Beberapa indikator tersebut tentunya punya kaitan erat dengan jurusan yang akan kamu pilih. Ada yang bisa kamu coba pertimbangkan dan ada juga yang benar-benar perlu kamu terapkan agar tidak menyesal dengan pilihan yang diambil nantinya.

Baca Juga : Cara Mudah Kuliah di Luar Negeri

Nah, untuk memudahkan pertimbanganmu, yuk simak 8 tips dibawah ini biar tidak bingung memilih jurusan kuliah

Memahami Minat dan Passion

Minat dan passion adalah dua poin esensial sebelum kamu menentukan jurusan kuliah. Dengan mengetahui kedua poin tersebut, kamu bisa lebih fokus dalam memilih bidang studi. Pilihlah jurusan dengan bidang yang sangat kamu sukaidimana kamu ingin berkarya dan tidak merasa lelah dalam melakukannya. Kalau kamu kuliah di jurusan yang tepat sesuai minat dan passion, dijamin kamu akan lebih berkembang saat mendalaminya.

Lakukan riset dalam mencari jurusan

Sumber: Freepik

Buatlah daftar beberapa jurusan yang menarik minatmu dan juga yang paling mendekati. Pertimbangkanlah setiap pilihan yang ada dalam daftar. Setelah kamu review baik-baik, kamu bisa mencoret jurusan yang sekiranya tidak sesuai denganmu. Nah, setelah itu, tersisalah jurusan yang mungkin sesuai dengan preferensimu. Jangan lupa, kamu juga harus mencari tahu kualitas jurusan tersebut di universitas yang akan kamu tuju.

 

Baca Juga : Serunya Liburan Bebas Visa di Negara Jepang Bagi Pengguna E Paspor

Ketahui Nilai Kemampuan di Sekolah

Periksa kembali nilai-nilai yang kamu dapatkan saat di sekolah. Nilai mata pelajaran manakah yang mendapatkan nilai paling baik dan juga selalu meningkat. Cara ini juga berguna untuk menemukan program studi yang berkaitan dengan nilai tersebut. Misalnya nilai yang paling baik adalah Matematika, kamu bisa memilih jurusan Matematika ataupun yang masih berhubungan.

Ketahui Keuntungan dan Konsekuensi Pilihan

Dalam memilih sebuah jurusan, pastikan kamu tahu secara jelas apa saja yang akan kamu hadapi saat perkuliahan nanti. Kalau kamu sudah siap dengan hal tersebut, kamu pasti mampu menerima konsekuensinya. Sebagai contoh, kamu mengambil jurusan Animal Husbandry dimana kamu pasti akan menemui kegiatan yang melibatkan kontak dengan berbagai binatang, ataupun Medical dimana kamu akan menjalani kegiatan praktik yang pastinya berbau medis! 

Poin ini sangat penting. Karena dengan mengetahui konsekuensi kamu akan lebih siap dalam menerima apapun pembelajaran yang akan diberikan nantinya. Selain itu, kamu juga bisa memikirkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memasuki jurusan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa semakin termotivasi dalam memilih jurusan kuliah.

Memilih Universitas

Sumber: Freepik

Nah ini dia yang juga harus kamu perhatikan! Pilihlah universitas yang menawarkan jurusan mu dengan kualitas atau akreditasi yang baik. Jika kualitasnya baik, kamu pasti akan diperlengkap dengan fasilitas serta program dengan konsep atau metode yang mampu meningkatkan kemampuanmu. Reputasi universitas juga perlu dipertimbangkan. Secara tidak langsung, reputasi yang dimiliki universitas dapat menggambarkan kualitas yang dimiliki dan juga punya pengaruh untuk prospek kerja maupun langkah selanjutmu.

Durasi Studi

Setiap program studi punya durasi yang berbeda-beda. Contohnya, untuk program Master di Inggris ada yang dapat diselesaikan hanya dalam kurun satu tahun. Selain itu, Australia juga punya beberapa universitas yang menawarkan program Bachelor dengan durasi satu hingga dua tahun. Kamu bisa menyesuaikan berapa lama kamu ingin menempuh studi di universitas tersebut.

Mempertimbangkan Biaya Kuliah

Biaya studi adalah salah satu hal yang selalu menjadi pertimbangan banyak pelajar. Jika kamu ingin merantau, tentu kamu harus mempertimbangkan biaya kuliah dan juga biaya hidup yang nantinya dikeluarkan. Namun, jangan biarkan hal ini menjadi halangan untukmu berkuliah di jurusan dan universitas impian. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar kamu bisa menekan pengeluaran! Kamu bisa mendaftar beasiswa dan juga bekerja part-time maupun freelance.

Berkonsultasi dengan orang terdekat atau yang berpengalaman

Agar tidak terpengaruh dengan hal lain, kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua ataupun yang lebih berpengalaman. Orang tua bisa mengetahui minat dan membantu menemukan yang tepat untukmu. Cobalah untuk meminta saran dan arahan agar kamu bisa yakin dalam menentukan pilihan jurusan. Sedangkan jika kamu ingin meminta pendapat dari orang yang lebih profesionalkamu bisa berbicara dengan konsultan pendidikan, salah satunya.

Baca Juga : Fakta Dibalik Universitas Terbaik Jerman

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia 8 tips yang bisa kamu lakukan agar lebih siap dan tidak bingung memilih jurusan kuliah! Kalau nantinya sudah menentukan jurusan yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah bersiap secara maksimal saat mendaftar! Mulai dari mengurus nilai-nilai sekolah, mengumpulkan sertifikat, mengirimkan form aplikasi, sampai mencari beasiswaintinya kamu akan mempersiapkan seluruh rangkaian kelengkapan saat dan setelah proses aplikasi.

Jangan lupa untuk mengalokasikan waktu belajar sebelum mengikuti apapun jenis tes masuk atau syarat perkuliahan nanti. Cobalah untuk konsisten belajar rutin selama 30 menit setiap hari agar hasilnya akan jauh lebih maksimal. Teruslah semangat dan memotivasi diri. Kamu bisa menggunakan cara membayangkan cita-cita atau impian kamu di masa depan agar semakin semangat dalam belajar!

Yang terakhir tidak kalah penting, perhatikanlah kesehatan tubuhmu. Kamu perlu mempersiapkan mental dan juga fisik! Kamu harus bisa istirahat yang cukup, menghindari stress, rajin olahraga, dan mengkonsumsi makanan bergizi. Dengan ini, kamu bisa menjaga kondisi fisik dan psikis tetap prima saat tes ataupun kuliah nanti. Kalau kondisi psikis dan fisik seimbang, kamu jadi bisa memperoleh hasil yang jauh lebih maksimal.

Tetap semangat dalam meraih impianmu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!