9 Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri Bag 1
9 Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri Bag 1
8 Agustus 2014
10 Kota Paling Nyaman Untuk Dihuni di Dunia
10 Kota Paling Nyaman Untuk Dihuni di Dunia
26 Agustus 2014

9 Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri Bag 2

Tips Mendapatkan Beasiswa Keluar Negeri Bag 2

Bisa kuliah di negara maju adalah impian setiap pelajar. Apalagi jika mampu kuliah di luar negeri dengan beasiswa; selain membanggakan, beban biaya yang dikeluarkanpun jadi lebih ringan. Jika kamu adalah pelajar SMA (Sekolah Menengah Atas) dan sedang mengincar beasiswa kuliah Sarjana S-1, hal-hal yang bisa kamu persiapkan mulai dari sekarang. Berikut ini adalah 9 Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri Bag 2

(BAGIAN 2-AKHIR)

Tips Mendapatkan Beasiswa Keluar Negeri Bag 2

5. Siapkan CV yang menarik

Hal terpenting lainnya adalah menyiapkan CV yang menarik dari segi tampilan dan juga konten/isinya. Universitas tentu akan tertarik dengan pelajar  yang mempunyai banyak prestasi dan pengalaman yang tertulis di CV-nya dibandingkan dengan pelajar yang CV-nya minim prestasi dan pengalaman.

6. Menulis Personal Statement

Personal statement adalah pernyataan tertulis tentang alasan mengapa kamu berhak mendapatkan sebuah beasiswa. Dalam personal statement berupa karangan sepanjang 1.000 kata, kamu harus dapat memberikan informasi yaitu kontribusi yang bisa kamu berikan kepada institusi penyandang beasiswa/universitas tersebut serta dampak positif yang kamu berikan untuk negaramu. Untuk ini, galilah potensi diri dan perluaslah wawasanmu.

7. Siap untuk tes wawancara

Salah satu tahap terpenting dalam penentuan beasiswa adalah tes wawancara. Kamu harus tetap tenang, meyakinkan, dan menunjukkan kemampuan terbaik tanpa terkesan sombong. Bekali dirimu dengan pengetahuan soal bidang studi yang kamu pilih. Untuk persiapan, 2 (dua) hari sebelum wawancara, kamu bisa berlatih dengan kaca dan berbicara dengan bahasa Inggris (atau bahasa lain yang digunakan dalam wawancara). Dengan demikian, lidahmu akan terbiasa dan kamu siap dengan perbendaharaan kata yang pas.

8. Kesehatan yang prima

Kesehatan juga merupakan faktor penting bagi universitas sebelum memberikan beasiswa kepada pelajar. Pihak universitas tentunya tidak ingin memberikan dukungan pada orang yang salah. Berolah raga secara teratur, menghindari rokok dan minuman beralkohol, serta tidak menggunakan narkoba merupakan beberapa cara untuk menjaga kesehatan kamu.

9. Pantang menyerah

Terakhir, jika kamu tidak lolos seleksi beasiswa, jangan menyerah, coba lagi di institusi lain dan coba terus sampai kamu berhasil. Kadang, kita perlu beberapa kali gagal sebelum berhasil.

Kontributor: Nunik Eka Sari (guru SUN English)

Comments are closed.