10 Kota Paling Nyaman Untuk Dihuni di Dunia
10 Kota Paling Nyaman Untuk Dihuni di Dunia
26 Agustus 2014
Daftar 10 Kota Ramah di Dunia
Daftar 10 Kota Ramah di Dunia
1 September 2014

9 Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri Bag 3

9 Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

9 Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri memang terlihat lebih menjanjikan dalam dunia kerja kedepannya. Biaya pendidikan yang tergolong mahal pun kerap kali menjadi kendala banyak orang. Biasanya, kebanyakan orang mencari jalur lain untuk dapat menempuh pendidikan di luar negeri. Salah satunya adalah lewat perolehan beasiswa. Nah berikut ini adalah 9 tips mendapatkan beasiswa luar negeri.

1. Cari info sebanyak mungkin

Buatlah daftar penyelenggara beasiswa baik nasional maupun international sebanyak – banyaknya karena rotasi beasiswa hanya ada setahun sekali. Bacalah dengan detail segala persyaratan yang harus dipenuhi dan pertimbangkan lagi apakah sudah cocok dengan latar belakang pendidikan atau hobby dan minat Anda. Kemudian mintalah petunjuk orang lain yang pernah mendapatkan beasiswa.


2. Persiapkan sertifikat bahasa asing

Belajar dinegara manapun, Anda pasti memerlukan sertifikat kelancaran berbahasa Inggris seperti IELTS ataupun TOEFL. Setelah memiliki sertifikat tersebut pastikan persyaratan bahasa lain di Negara yang Anda tuju. Karena beberapa Negara seperti Jerman dan Prancis mengharuskan Anda untuk memiliki sertifikat standart bahasa mereka.


3. Persiapkan surat rekomendasi dari dosen atau guru

Hampir semua beasiswa meminta surat rekomendasi tersebut. Hal ini dapat menjadi kunci diterima atau tidaknya Anda dalam sebuah beasiswa. Akan lebih baik jika Anda meminta surat rekomendasi dari dosen yang sudah Professor atau dosen yang telah menerbitkan karya tulis. Hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri.


4. Perhatikan tenggat waktu

Persiapan harus matang dan terjadwal. Kapan Anda harus meminta surat rekomendasi. Kapan surat aplikasi harus dikirim, dst. Batas waktu pengajuan harus benar – benar diperhatikan karena mendapatkan beasiswa merupakan sebuah kompetisi. Dan aplikasi yang terlambat dikirimkan tidak akan dipertimbangkan sama sekali.


5. Perhatikan persyaratan beasiswa sebelum mengirim aplikasi

Pastikan Anda sudah menyertakan semua dokumen persyaratan dengan lengkap dan dalam format yang sesuai. Cek pula perjanjian dalam beasiswa tersebut misalnya hal seputar jumlah uang yang diterima tiap bulan, ongkos tiket, dll.


6. Ikuti arah petunjuk

Perhatikan petunjuk yang diberikan oleh panitia. Pastikan kamu sudah menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan memuaskan. Jangan pernah mencantumkan informasi yang tidak lengkap.


7. Buat CV yang meyakinkan dan berkualitas

CV yang berkualitas akan sangat membantu Anda. Belajarlah membuat CV dengan format yang baik dan pastikan Anda memilih foto yang terlihat meyakinkan serta percaya diri. Sebutkan pula prestasi – prestasi yang pernah Anda raih.


8. Pastikan Anda melamar beasiswa dibidang yang paling Anda kuasai

Kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa akan lebih besar jika Anda melamar di bidang yang telah Anda kuasai sebelumnya. Misalnya jika Anda lulusan ilmu komunikasi akan lebih mudah untuk mendapatkan beasiswa S2 dalam bidang media & journalism atau public relation.


9. Berdoa

Setelah Anda berusaha hal yang paling tidak dapat dihindari adalah doa. People said pray so that God will helps.


That’s all..bagi Kamu yang sedang mencari beasiswa, mudah2an tips2 beasiswa luar negeri diatas bermanfaat. (SUN)

Comments are closed.

Chat di WhatsApp