SUNEnglish_BackToSchool
SUN English Promo Back To School
7 Juli 2021
Cari IELTS Preparation Course di Jakarta? Ini rekomendasinya!
10 Juli 2021

Apa Saja Syarat Masuk Jurusan Psikologi? Cari Tahu Di Sini!

jurusan psikologi ada di mana aja

Sumber: Freepik

Jurusan Psikologi adalah salah satu jurusan yang tak pernah sepi peminat. Tak heran, karena jurusan ini memang punya banyak sekali keunggulan. Nah, jika kamu salah satu peminatnya, tentunya kamu wajib tahu apa saja syarat masuk jurusan Psikologi. 

Setiap jurusan punya syarat-syarat khusus dalam proses seleksi calon mahasiswa baru, begitu juga dengan jurusan Psikologi yang ditawarkan oleh kampus negeri maupun swasta. Namun, sebelum mempersiapkan persyaratannya, tentunya kamu harus paham apa itu ilmu psikologi. 

 

Apa Itu Ilmu Psikologi?

Definisi Psikologi

Sumber: Freepik

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku mental, pikiran, dan perilaku manusia secara mendalam. Ilmu ini juga mempelajari alasan yang melatarbelakangi perilaku atau sikap seseorang. Teori-teori dalam ilmu psikologi juga banyak digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam suatu peristiwa yang berhubungan dengan aktivitas manusia.

Jika kamu merasa tertarik dengan jurusan Psikologi, maka kamu juga perlu memiliki rasa ingin tahu tentang ilmu yang akan kamu pelajari. Cakupan bidang ilmu psikologi sendiri memiliki ruang lingkup yang sangat luas. 

Secara umum berikut 6 spesialisasi ilmu psikologi yang bisa kamu pilih saat kuliah di jurusan Psikologi: 

  1. Psikologi Klinis; inti dari psikologi yang menganalisis perilaku manusia secara mendalam, khususnya kondisi mental manusia mulai dari yang paling ringan, seperti kurang rasa percaya diri, hingga kondisi yang ekstrem seperti gangguan bipolar dan depresi.
  2. Psikologi Industri dan Organisasi; spesialisasi psikologi dan penerapannya di lingkungan industri, organisasi dan perusahaan. Secara umum, spesialisasi ini berkaitan dengan interaksi sumber daya manusia dalam lingkup industri dan organisasi yang begitu kompleks.
  3. Psikologi Pendidikan; spesialis psikologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, mencakup pendekatan yang tepat untuk pendidikan anak, pemberian motivasi untuk belajar, hingga pendidikan informal seperti pelatihan karyawan.
  4. Psikologi Sosial; bidang spesialisasi psikologi ini membahas perilaku manusia dalam lingkungan sosial, serta interaksi antarindividu maupun antarkelompok.
  5. Psikologi Perkembangan; membahas psikologis manusia mulai dari bayi hingga lanjut usia. 
  6. Psikologi Umum dan Eksperimental; merupakan spesialisasi psikologi yang berhubungan dengan penelitian mengenai pola perilaku manusia dengan menggunakan metodologi yang benar, alat tes akurat, dan responden yang kredibel. 
Spesialisasi jurusan Psikologi

Sumber: Freepik

Nah, sudah terbayang kan apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan Psikologi? Kamu memang perlu mengetahuinya sebelum mendaftar agar bisa mempertimbangkannya terlebih dulu seberapa cocokkah kamu dengan jurusan ini. Lalu, apa saja sih syarat wajib masuk kuliah jurusan Psikologi? 

 

 

7 Syarat Masuk Jurusan Psikologi 

Lulus SMA/sederajat

Ini adalah syarat utama ketika kamu mendaftarkan kuliah. Lulusan SMA/MA/SMK/SMF bisa mendaftar kuliah jurusan Psikologi. Bagi yang baru lulus dari SMA, kamu dapat mendaftar dengan mengikuti seleksi yang ada. Selain lulusan SMA/sederajat, kamu yang dari program vokasi pun bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru. 

Berasal dari jurusan IPA atau IPS

Pada umumnya, universitas akan menerima calon mahasiswa jurusan Psikologi yang berasal dari jurusan IPA atau IPS. Namun, karena jurusan Psikologi bisa dipelajari oleh semua jurusan, ada juga universitas yang menerima calon mahasiswa dengan latar pendidikan jurusan Bahasa maupun SMK. Hal ini tergantung pada kebijakan masing-masing kampus. 

 

Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru

Tes masuk universitas

Sumber: Freepik

Untuk kuliah di jurusan Psikologi, tentu saja kamu wajib lolos tes seleksi masuk perguruan tinggi, misalnya lewat jalur SNMPTN, UTBK, SBMPTN, Ujian Mandiri, dan lainnya. 

 

Melengkapi berkas pendaftaran 

Berkas-berkas yang harus disiapkan oleh calon mahasiswa baru ditentukan oleh kebijakan masing-masing kampus. Terkadang kebijakannya berbeda tergantung jalur pendaftaran atau jalur masuk universitas.

 

Bebas NAPZA

Calon mahasiswa baru biasanya wajib menyertakan surat keterangan bebas NAPZA atau bebas dari Narkoba, Alkohol, Psikotropika dan Zat adiktif yang menjadi salah satu syarat wajib untuk masuk sebuah perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

 

Sehat jasmani dan rohani

Syarat masuk jurusan psikologi

Sumber: Freepik

Kesehatan adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa untuk menjalani perkuliahan sampai selesai. Oleh karena itu, universitas umumnya akan mensyaratkan mahasiswa yang sehat jasmani dan rohani. Surat keterangan sehat bisa dilampirkan bersama berkas pendaftaran, tetapi ada juga universitas yang mewajibkan tes kesehatan ketika sudah lolos seleksi mahasiswa baru. Beberapa tes kesehatan yang harus diikuti mahasiswa baru di antaranya tes kesehatan mata, tes darah, tidak punya penyakit menular, dan masih banyak lagi. 

 

Berkas tambahan untuk mahasiswa alih jurusan

Jurusan Psikologi terbuka tidak hanya untuk calon mahasiswa baru yang baru lulus SMA saja, tetapi juga bagi mahasiswa yang sudah kuliah dan ingin pindah jurusan. Beberapa universitas menerima mahasiswa pindahan, baik dari jurusan lainnya maupun dari D3. Mahasiswa alih jurusan perlu menyertakan berkas tambahan yang membuktikan kalau kamu sedang menjalani perkuliahan. 

 

Nah, untuk kamu yang berminat kuliah S1 atau S2 di luar negeri dan mengambil jurusan Psikologi, ada beberapa syarat nih yang perlu kamu ketahui.

 

Syarat Kuliah Jurusan Psikologi di Luar Negeri 

Kuliah di luar negeri

Sumber: Freepik

Program Sarjana

Jika kamu ingin kuliah S1 jurusan Psikologi di kampus luar negeri impianmu, kamu wajib punya nilai ijazah minimum yang ditetapkan setiap kampus. Namun, persyaratan nilai bisa juga berbeda-beda di setiap universitas. Sejumlah kampus luar negeri ada yang mengharuskan calon mahasiswanya mengikuti program khusus selama setidaknya satu tahun sebagai syarat pendaftaran. 

 

Program Pascasarjana

Bagi yang ingin melanjutkan S2 psikologi di luar negeri, ada banyak negara yang menetapkan persyaratan maupun ujian masuk tersendiri. Namun, setidaknya kamu harus sudah melakukan penelitian ataupun memiliki pengalaman di bidang psikologi sebelum mendaftar. Selain itu, kamu juga harus menunjukkan surat rekomendasi dari universitas ataupun tempat bekerja.

 

Kemampuan bahasa

Salah satu persyaratan penting bagi calon mahasiswa yang akan kuliah di luar negeri adalah kemampuan bahasa yang mumpuni. Tergantung negara mana yang dituju, sertifikasi kemampuan bahasa pengantar adalah syarat wajib yang harus kamu miliki.

Jika ingin melanjutkan kuliah ke negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah, sertifikat TOEFL dan IELTS pun jadi syarat mutlak. Bagi kamu yang ingin lanjut kuliah ke China, kamu wajib mengantongi sertifikat HSK.

Syarat Masuk jurusan Psikologi

Sumber: Freepik

 

Itulah beberapa syarat untuk kuliah di jurusan Psikologi. Kamu bisa mulai memenuhi persyaratan di atas dengan menyiapkan berkas-berkasnya mulai dari sekarang. Jangan lupa ya bagikan informasi ini ke teman-temanmu yang berminat masuk jurusan Psikologi!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

 

Comments are closed.