biaya tes ielts jakarta
Persiapan Tes IELTS dengan Biaya Terjangkau di Jakarta! Sudah Coba?
18 Juni 2021
visa pelajar malaysia
Intip 7 Fakta Seru Kuliah di Malaysia Plus Peraturan Visa Pelajar!
21 Juni 2021

Sebelum Masuk Fakultasnya, Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Hukum?

apa saja yang dipelajari di fakultas hukum

Tanpa harus menyaksikan berita dan hanya melihat beberapa keadaan yang ada di sekitar, kamu pasti bisa menilai kalau hukum di Indonesia masih jauh dari ideal. Entah itu pelanggaran dan bahkan penyelewengan yang masih banyak yang terjadi. Apa saja yang dipelajari di fakultas hukum tentunya penting—namun pengaruh praktek hukum itu juga bergantung pada individunya. Nah, untuk kamu yang memiliki kepedulian di dunia hukum, jurusan Ilmu Hukum bisa menjadi pilihan yang tepat! Ini akan menjadi kesempatan dan waktu kamu sebagai lulusan profesional yang mengabdi dengan baik, bijak, dan adil.

Sebelum jadi mahasiswa fakultas dan mengetahui apa saja yang dipelajari di jurusan Ilmu Hukum, yuk pahami dulu seluk beluk bidang tersebut! FYI, jurusan ini sejak dulu selalu termasuk sebagai salah satu incaran banyak pelajar. Persaingannya cukup ketat. Kamu harus benar-benar memiliki nilai dan prestasi akademik yang memenuhi syarat. Ilmu Hukum adalah bidang studi yang mempelajari berbagai sistem hukum dengan kaitannya terhadap masyarakat dan juga bisnis. Cukup kompleks dan menantang—dalam bidang ini ada banyak yang hal yang harus kamu pelajari.

apa saja yang dipelajari di fakultas hukum

Sumber: Unsplash

Well, apa saja yang dipelajari dalam fakultas dan jurusan Ilmu Hukum ini? Selama 4 tahun studi kamu menghadapi pembelajaran mengenai undang-undang hingga hukum internasional. Segala jenis hukum bakal kamu kupas mendalam saat perkuliahan nanti! Dari yang dasar sampai yang sangat esensial. Kamu akan sering bertemu dengan kajian terhadap berbagai kasus hukum, baik secara yuridis maupun normatif. Beberapa mata kuliahnya seperti Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Internasional, Hukum Ekonomi, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum dan Perkembangan Masyarakat, hingga Hukum dan Teknologi.

Seiring berjalannya proses perkuliahan, kamu akan dibimbing hingga memiliki keberanian. Kamu jadi terbiasa menyelesaikan berbagai macam kasus sampai pembawaan mu berkembang menjadi tegas, intuitif, dan berpikir luas. Kalau merasa sering berpikir kritis, observan, dan senang menganalisis—jurusan Ilmu Hukum bisa kamu coba pertimbangkan. Akan sangat baik kalau kemampuan kamu semakin terasah saat berkuliah di jurusan ini. Kebayang kan kalau nantinya kamu bisa menegakkan hukum secara bijak dan adil? Waah, cakupan dampak positifnya sih bakalan luas! Eitsss.. tetapi sebelum itu, kamu juga harus siap menghadapi hal lainnya selain perkuliahan hukum itu sendiri, seperti: 

1. Siap ‘Partneran’ Sama Buku

apa saja yang dipelajari di fakultas hukum

Sumber: Unsplash

Artinya adalah kamu harus tertarik dan doyan baca buku! Seperti pembahasan beberapa judul mata kuliah diatas, jurusan Ilmu Hukum memang banyak yang harus kamu pelajari. Jangan heran kalau nantinya ada dosen atau profesor yang menyodorkan tumpukan kitab-kitab UU dan pasal KUHP! Kamu harus siap mental, siap pikiran, dan siap belajar. Soalnya berkuliah di jurusan ini mengharuskanmu membaca buku-buku yang pembahasannya relevan dengan hukum.

2. Berbagi Informasi Pengetahuan yang Benar

Ketika lingkungan sekitar mengenal kamu sebagai anak Ilmu Hukum, nggak jarang ada yang suka bertanya ataupun mengajak berbicara mengenai hukum. Mau itu sebagai insight mereka, saran, atau bahkan sudut pandang hukum dari kamu tentang topik tertentu. Bahkan kasus-kasus yang lagi hangat, bisa jadi bahan obrolan saat kalian bertemu! “Kamu anak Hukum kan? Hafal pasal XXX dong!” atau “Eh jelasin dong tentang Hukum Teknologi, bingung nih,”. Padahal hukum kan luas dan bisa jadi kamu memilih konsentrasi hukum tertentu. Hehehe.. Nggak perlu khawatir atau ‘bete’. Keadaan kamu bisa termasuk maklum kok. Cukup berbagi informasi pengetahuan yang kamu tahu dalam batas kemampuan kamu saja!

3. Prospek Kerjanya Nggak Cuma Satu Dunia

apa saja yang dipelajari di fakultas hukum

Sumber: Unsplash

Siapa bilang lulusan hukum cuma bisa kerja jadi pengacara? No-no! Prospek kerja lulusan hukum sangatlah luas dan banyak pilihan. Contoh gampangnya, Najwa Shihab. Dulunya mahasiswa Ilmu Hukum, tetapi sepanjang perjalanan karirnya ia merangkap jadi jurnalis dan pembawa acara terkenal! Seperti Najwa, kamu juga bisa berkarir dalam profesi selain pengacara ataupun notaris. 

Kamu bisa memilih untuk bekerja sebagai analis intelijen, detektif dan investigator swasta, sampai manajer keuangan. Apa saja yang sudah dipelajari di fakultas hukum sebenarnya masih bisa membuatmu menjalani berbagai jenis pekerjaan lain. Namun perlu kamu ingat, semakin spesifik profesi yang kamu pilih, maka kamu harus bisa menentukan konsentrasi jurusan ketika semester akhir nanti agar pengetahuan yang kamu dapatkan sejalan dengan dunia kerja tujuan.

Seperti itulah singkatnya dunia yang akan kamu hadapi sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Hukum! Harapannya biar nanti kamu siap sedia dan nggak terlalu kaget saat masuk kelas. Oleh karena itu, lebih baik persiapkan semuanya dari sekarang. Mulai dari nilai sekolah, bahkan seperti apa kampus pilihan dan negara tujuan yang kamu inginkan. Memilih sekolah pun harus masih harus menimbang-nimbang. Kamu harus memilih yang tepat; dimana itu adalah yang terbaik dan sesuai dengan kemampuanmu. Pertimbangannya mulai dari reputasi, akreditasi program, akademik, fasilitas kampus, bahkan hingga bentuk aktivitas maupun visi yang dimiliki oleh sebuah universitas.

Sumber: Unsplash

Sebagai rekomendasi, mengemban studi Ilmu Hukum di luar negeri juga boleh banget loh! Sudah banyak pelajar Tanah Air yang merantau ke beberapa negara dengan pendidikan terkemuka dunia seperti Inggris, Australia, Amerika, hingga Singapura. Negara-negara tersebut terkenal dengan kualitas pengajaran dan pembelajaran terbaik, khususnya untuk belajar Ilmu Hukum! Pas banget buat kamu yang ingin keluar dari ‘zona nyaman’ dan merasakan pengalaman baru yang berbeda.

Inggris, Australia, Amerika, dan Singapura juga menawarkan lingkungan yang sangat nyaman dan inspiratif untuk mahasiswa internasional. Ini bisa menjadi situasi menguntungkan yang mendukung pembelajaran—membuatmu jadi semangat dalam menggali pengetahuan dan keterampilan saat berkuliah. Terlebih, biasanya universitas unggulan di negara tersebut punya karakteristik lain yang pastinya jauh berbeda jika kamu bandingkan dengan yang ada di Indonesia.

Sumber: Unsplash

Metode pengajaran yang mereka sajikan dinilai interaktif, hands-on, dan variatif. Kelas perkuliahannya kecil dengan tujuan agar lebih personal, fasilitasnya hi-tech (udah pasti!), dan banyak komunitas atau klub untuk pengembangan diri serta karir. Kamu nggak bakal kesulitan dalam menemukan media yang menginspirasi untuk berkembang lebih baik. Pihak universitas akan memastikan bahwa kamu mendapatkan dukungan penuh dalam memaksimalkan pengalaman studi. Waaah, dijamin banget kehidupanmu sebagai mahasiswa Ilmu Hukum disana bakal sangat di-support dan extraordinary!

Bagaimana? Sudah mantap untuk memilih Ilmu Hukum sebagai jurusan kuliah?

Terus semangat dan semoga persiapannya lancar ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.