biaya kuliah di harvard university
Kamu Perlu Tahu! Ini Dia Biaya Kuliah di Harvard University
30 September 2020
university of adelaide
Ingin Kuliah di The University of Adelaide? Baca Informasinya di Sini!
1 Oktober 2020

Apakah Kuliah di Luar Negeri Susah? Tips Ini Akan Mengubah Perspektifmu!

Sumber: Freepik

Kuliah di luar negeri merupakan keputusan besar dan berani. Ada pelajar yang bersemangat dan sudah merencanakan dengan matang—ada juga lainnya yang masih ‘galau’ karena beberapa hal yang terpikirkan. Entah itu ragu melangkah, kurangnya kepercayaan diri, maupun pertimbangan aspek lainnya. Satu pertanyaan pun jadi muncul ke permukaan: apakah kuliah di luar negeri susah? Let me tell you, percayalah. Faktanya, menempuh studi hingga negeri luar justru memberikan banyak dampak positif dan perubahan baik dalam hidupmu! Khawatir dalam adaptasi tentu ada dan memang harus kamu hadapi. Tetapi, semua itu akan berubah menjadi terbiasa dan bahkan terasa menyenangkan setelah sering kamu lalui!

Alm. BJ Habibie. Sumber: timesindonesia.co.id

Kamu bisa melihat tokoh penting di Indonesia yang telah merampungkan studinya di luar negeri. Mulai dari Alm. BJ Habibie, Alm. Tan Malaka, Nadiem Makarim, Sri Mulyani, hingga aktris dan penyanyi Maudy Ayunda. Beberapa dari mereka adalah tokoh yang mengubah bangsa menjadi lebih baik dan bahkan menciptakan inovasi. Terbukti kan bahwa kuliah di luar negeri dapat membentuk kepribadian menjadi lebih baik, daya pikir yang berkembang, dan banyak manfaat lainnya?

Nah, berbicara mengenai ‘apakah kuliah di luar negeri susah’, semua itu juga memiliki andil dengan bagaimana cara kamu menghadapinya. Jika kamu bersungguh-sungguh dan selalu go extra miles, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ‘tidak’. Di awal masa studi, kamu memang akan merasakan culture shock ataupun homesick. Kamu juga akan menemukan perbedaan metode pembelajaran yang jauh lebih baik dan memerlukan penyesuaian. Namun, semua itu hanya bersifat sementara karena kamu akan semakin terbiasa setelah melewati semuanya.

Agar tidak terus-terusan memikirkan apakah kuliah di luar negeri akan susah bagimu atau tidak, beberapa hal yang dapat dilakukan dibawah ini bisa merubah perspektifmu!

Sungguh-sungguh dalam Belajar

Berdoa dan belajar itu sudah seharusnya sepaket. Cobalah lebih maksimal dalam melakukannya! Kamu bisa mengingat usahamu hingga berhasil melangkah sampai sejauh ini. Jangan sia-siakan kesempatanmu untuk menimba ilmu semaksimal mungkin. Dengan bersungguh-sungguh dalam belajar, kamu jadi lebih percaya diri dan memiliki pengetahuan luas saat nantinya menghadapi tugas-tugas ataupun perkuliahan.

Apresiasi dan Pelajari Budaya Baru

Sumber: Freepik

Kebudayaan baru akan memainkan peran dalam kehidupan kampusmu. Seiring berjalannya waktu, mempelajari hal tersebut dapat membantumu meluaskan pandangan global serta menghargai budaya lain. Coba deh, kapan lagi kamu menjumpai orang-orang dengan latar belakang budaya yang berbeda, tempat-tempat menarik, makanan khas, dan juga bertukar pikiran dengan mereka? Hal ini sangat baik untuk meningkatkan pengetahuan baru sekaligus membangun pemahamanmu akan apresiasi yang lebih baik.

Menjalin Koneksi Global

Tinggal di luar negeri mampu membuatmu membangun relasi dengan orang yang baru kamu temui. Kalau bicara soal manfaatnya, wah banyak banget! Kamu berkesempatan berkomunikasi secara lintas budaya, ikut aktivitas multicultural, belajar bahasa asing, atau bahkan ada proyek bareng dimana kamu berkolaborasi dengan teman baru. Menarik banget kan kalau koneksi ini punya power yang bisa menggiring kamu hingga jenjang karir nanti?

Aktif Berkegiatan dalam Klub atau Organisasi

Sumber: Freepik

Universitasmu pasti memiliki banyak klub ataupun organisasi. Kamu bisa mengembangkan dirimu dengan bergabung dalam platform yang sesuai dengan minatmu. Ketika sudah terjun dalam komunitas tersebut, kamu akan menjumpai banyak hal. Dari bagaimana cara bekerja bersama tim, kesempatan networking, ikut event seru, sampai mengembangkan berbagai macam skill.

Manfaatkan Kesempatan Travelling!

Bayangkan betapa banyaknya tempat menarik yang bisa kamu jelajahi. Mulai dari museum, creative hub/area, hingga destinasi wisata yang super keren; seperti gunung, pantai, bukit, dan juga hutan segar. Merantau jauh hingga ke luar negeri tidak akan cukup hanya dengan belajar di kelas saja. Kamu juga harus mengeksplor hal baru lainnya. Travelling punya banyak manfaat untukmu. Selain refreshing, kamu bisa mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan bahkan ide-ide baru yang gak akan kamu sangka!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.