Belajar Mengelola Proyek Secara Profesional di Sekolah Bisnis Terkemuka Inggris
29 Januari 2018
Preparation at Its Best for Successful Study in UK
Persiapan Terbaik Agar Studi Sukses Di Inggris
1 Februari 2018

10 Universitas Terindah di Inggris

Royal Holloway building. Source Royal Holloway

10 Universitas Terindah di Inggris. Keindahan bangunan dan lingkungan kampus menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa dalam memilih universitas. Tentu saja aspek ini mendukung siswa agar lebih nyaman dan betah selama di kampus. Tak hanya itu, bangunan kampus yang cantik merupakan sesuatu yang bisa dibanggakan siswa.

Bicara soal keindahan kampus, Inggris tak luput dari daftar negara yang memiliki kampus-kampus cantik nan klasik. Dengan perhatian pada ruang hijau dan gedung gothic yang modern, berikut 10 universitas terindah di Inggris berdasarkan Times Higher Education 2017:

 

  1. Royal Holloway

Berlokasi di Egham, Surrey, kampus Royal Holloway, University of London menciptakan lingkungan yang asri dan penuh dedaunan yang menjadikannya universitas terindah urutan pertama. Terdapat ruang belajar-mengajar, bar, kafe, akomodasi, dan fasilitas olahraga yang semuanya terletak di area seluas 135 hektar. Selain itu, taman di sekitar kampus menjadi rumah bagi 200 spesies semak belukar, 150 jenis pohon, dan beragam tanaman berbunga.

Gedung Pendiri (Founder’s Building) utama merupakan galeri foto yang menampilkan koleksi lukisan Victoria dan Thomas Holloway. Bangunan kampus ini sering muncul di berbagai film, di antaranya Downton Abbey dan Avengers: Age of Ultron.

universitas terindah

Kampus Royal Holloway. Sumber: Royal Holloway

 

  1. University of Edinburgh

Georgian Old College universitas ini menjadi salah satu bangunan ikonik dengan desain arsitektur klasik yang mulai dibangun pada 1789. Dengan kubah gedung yang sangat eye-catching, kampus ini adalah rumah bagi Sekolah Hukum universitas dan galeri seni kontemporer, Talbot Rice Gallery. Tak hanya pada bangunannya, keindahan kampus ini ditambah dengan adanya pemandangan alam gunung berapi Arthur’s Seat setinggi 823 kaki yang menghadap ke kota, sehingga siswa tidak jenuh hanya memandang perkotaan saja.

 

Kampus University of Edinburgh. Sumber: University of Edinburgh

 

  1. University of Oxford

Posisi ketiga ditempati oleh universitas ternama Inggris, University of Oxford. Siapa yang tidak tahu dengan gaya bangunan kampus tua yang sangat bersejarah ini? Ada 38 kampus, bangunan, dan fasilitas tersebar di seluruh kota. Salah satu landmark-nya adalah Radcliffe Camera, perpustakaan neoklasik yang merupakan salah satu perpustakaan tertua di Eropa, Bodleian, yang memuat buku-buku tua bersejarah. Selain itu, terdapat Christ Church Meadow dan 30-acre Harcourt Arboretum untuk siswa yang ingin belajar dengan tenang atau hanya sekedar piknik musim panas.

University of Oxford. Sumber: Times Higher Education

 

  1. University of Cambridge

Selain Oxford, University of Cambridge juga menjadi universitas tertua kedua di dunia. Universitas unggulan Inggris yang berdiri sejak abad ke-13 ini memiliki delapan museum, sebuah taman botani, dan 31 fakultas. Kampus ini dikenal dengan struktur yang megah, arsitektur yang unik, dan masing-masing bangunan yang bersejarah dari Tudor tradisional sampai abad kontemporer. Bangunan yang terkenal lainnya adalah Kapel King’s College dan Bridge of Sighs. Beberapa bangunan kampus yang menghadap ke River Cam juga terlihat lebih asri.

 

University of Cambridge. Sumber: University of Cambridge

 

  1. Keele University

Nuansa pedesaan yang tenang dan indah sangat lekat ketika melihat lingkungan kampus Keele University. Kampus ini terdiri dari taman, danau, sungai, trotoar tersembunyi dan arboretum, rumah bagi berbagai tanaman indah yang menghiasi kampus Keele. Gedung kampus ini berbentuk rumah bata merah yang megah dengan ciri khas bangunan kuno abad ke-19.

Terletak tiga mil dari Newcastle-under-Lyme di Staffordshire, kampus Keele luasnya sekitar 625 hektar. Ada fasilitas yang mendukung mahasiswa dan staff kampus, seperti toko, fasilitas kesehatan, akomodasi, dan fasilitas olahraga di kampus.

Kampus Keele University. Sumber: Times Higher Education

 

  1. University of Glasgow

Universitas terindah keenam ini bisa jadi salah satu universitas yang paling instagram-able. Arsitektur yang megah menjadi ciri khas University of Glasgow yang mengusung perpaduan Gothic Revival dan Brutalism. Siswa dapat menemukan tempat indah dan menarik di universitas ini. Sebut saja Gedung Gilbert Scott yang menjadi contoh terbesar kedua arsitektur kebangkitan gothic di Inggris, setelah Istana Westminster. Tak kalah menakjubkan, siswa dapat terpesona dengan Hunterian Museum and Art Gallery yang bangunannya cukup modern, namun tetap antik. Selain bangunan, mata siswa juga akan dimanjakan dengan pemandangan hijau di Gaelik dan 90 taman lainnya yang bisa dijelajahi.

 

University of Glasgow. Sumber: University of Glasgow

 

  1. Queen’s University Belfast

Mencakup 300 bangunan, setiap gedung di universitas ini memiliki keindahannya sendiri. Gedung Lanyon, inti dari simbol abadi Queen’s University, didesain dengan konsep  Gothic dan Tudor dari universitas pertengahan abad yang agung. Letak depan Gedung Lanyon sangat populer dan sering terlihat pada uang kertas, papan reklame, dan poster turis. Sang arsitek, Sir Charles Lanyon, juga bertanggung jawab untuk merancang landmark Belfast lainnya, seperti Kastil Belfast, Crumlin Road Gaol, dan Customs House.

 


Queen’s University Belfast. Sumber: Queen’s University Belfast

 

  1. University of Greenwich

University of Greenwich merupakan universitas yang juga sangat bersejarah. Kampus utama Greenwich dengan gedung tua berwarna putih ini merupakan situs Warisan Dunia UNESCO yang dirancang oleh Sir Christopher Wren pada abad ke-17. Berada di tepi Sungai Thames, keunikan bangunan dari universitas ini juga kerap menjadikannya sebagai situs yang populer untuk lokasi syuting film, seperti Four Weddings and a Funeral, Gulliver’s Travels, The Queen, Les Misérables dan The King’s Speech. Di universitas ini, siswa dapat menemukan berbagai hiburan, seperti atraksi terkenal kapal Cutty Sark dan National Maritime Museum (yang gratis), bar, teater, klub komedi dan restoran.

University of Greenwich. Sumber: University of Greenwhich

 

  1. University of Bristol

Selain mengusung karakter Gothic, University of Bristol juga memadukan arsitektur kontemporer dan warisan yang menakjubkan. Terdapat taman dan ruang terbuka untuk siswa bisa leluasa bersantai atau sekadar jalan-jalan. Desain berkonsep gothic juga dapat dilihat dari bangunan Perpustakaan Hukum Bristol.

Kampus universitas besar terletak di Georgia dan blok kontemporer lainnya di Clifton. Kota ini juga dikenal kreatif (Mural Banksy yang lahir di Bristol dapat ditemukan di seluruh penjuru kota), dan latar belakang jalan-jalan pedesaan dan jembatan gantung Brunel.

 

University of Bristol. Sumber: University of Bristol

  1. Cardiff University

Dibanding universitas lainnya yang tercantum di atas, Cardiff University termasuk universitas yang paling muda. Namun, bangunan kampus ini tak kalah menarik dengan yang lain. Universitas yang menempati posisi ke-10 sebagai universitas terindah ini mempunyai gaya bangunan yang klasik dan unik, jalan-jalan pepohonan yang luas, dan bangunan batu Portland yang elegan membuat kampus ini terlihat sangat menawan. Banyak fasilitas akademik menghadap ke Taman Cathays di Cardiff pusat sehingga siswa dapat melihat pemandangan yang menarik untuk menyegarkan mata.

 

Cardiff University. Sumber: Times Higher Education

 

Tertarik?  Untuk bantuan dalam mendaftar dan pengurusan keperluan studi di luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (SJV)

Tinggalkan Balasan