Testimonial Manchester University
Albert Arron Pramono
19 Agustus 2011
Testimonial Management Development Institute of Singapore
Richard Kusumo
22 Agustus 2011

Banyak Cara Biayai Kuliah

Banyak Cara Biayai Kuliah

Banyak Cara Biayai Kuliah

Meski banyak kampus asing menawarkan beasiswa, tapi banyak cara biayai kuliah. Tidak jarang juga kampus yang memiliki keterbatasan dalam program bantuan keuangan bagi mahasiswanya. Jangan khawatir, banyak yang bisa kamu lakukan untuk meringankan beban biaya kuliahmu.

Associate Dean dari Iowa State University (IUS) Linda Serra Hagedorn dalam kunjungannya ke Indonesia baru-baru ini menjelaskan, bantuan keuangan dalam bentuk pinjaman biasanya diberikan untuk mahasiswa warga negara Amerika.
Ketika ditemui usai presentasi tentang kehidupan perkuliahan di kampusnya, di Gedung Aminef, Jakarta, Hagedorn menjelaskan, beasiswa bagi pelajar internasional memang tersedia, namun terkadang sulit dicari dan itu pun tidak bersifat beasiswa penuh.

Hagedorn memaparkan, melakukan riset di internet tentang beasiswa memang penting, tapi calon mahasiswa sebaiknya tidak berhenti sampai di situ. “Anda harus lebih proaktif, bicaralah dengan orang-orang di kampus. Tanyakan secara spesifik bantuan beasiswa yang Anda butuhkan. Mendapatkan beasiswa penuh memang agak sulit, tapi beasiswa parsial akan lebih mudah didapatkan,” kata Hagedorn kepada okezone.

Pengampu berbagai mata kuliah sains ini menambahkan, salah satu cara yang bisa kamu tempuh adalah, bekerja di kampus. Dengan bekerja di kampus, kamu akan mendapatkan bayaran yang bisa kamu pergunakan untuk biaya hidup sehari-hari atau untuk kebutuhan lainnya.

“Selain itu, dengan bekerja di kampus, kamu akan bertemu banyak orang dan membuka kemungkinan akses informasi untuk mendapatkan beasiswa atau bantuan keuangan yang kamu butuhkan,” Hagedorn mengimbuhkan.

Dia menjelaskan, mencari pekerjaan di kampus bukanlah kompetisi mahasiswa domestik atau asing, tapi kompetisi kemampuan tiap mahasiswa. Hagedorn meyakinkan, pihak kampus akan mempekerjakanmu jika kamu memenuhi kualifikasi mereka. Biasanya, mahasiswa yang bekerja di kampus membantu dalam bidang administrasi, penelitian, dan berbagai pekerjaan lainnya.

“Komunikasi yang baik juga akan menjadi nilai lebih di mata perekrut pegawai kampus. Tunjukkan ke mereka bahwa bahasa Inggris bukanlah penghalang Anda untuk bekerja. Anda bisa juga mengirimkan contoh tulisan kepada mereka sebagai bahan pertimbangan,” imbuhnya.

Bekerja di luar kampus, kata wanita bermata coklat ini, tidak diperbolehkan bagi mahasiswa asing. “Sebab, visa yang mereka miliki adalah visa pelajar,” imbuhnya.

Sumber : kampus okezone

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!