curtin university malaysia
Curtin University Malaysia, Pendidikan ‘World-class’ dekat Indonesia!
14 Juli 2021
University of Liverpool
University of Liverpool Buka Program Master The Beatles, Minat Daftar?
15 Juli 2021

5 ‘Platform’ Virtual Gratis untuk Belajar Contoh Soal Tes GMAT, Siap?

contoh soal tes gmat

Sumber: Unsplash

Ada beragam jenis tes sertifikasi internasional yang seringkali dibutuhkan pelajar maupun pekerja. Mulai dari TOEFL, IELTS, SAT, GRE, hingga yang satu ini—GMAT! Siapapun kamu yang bercita-cita besar mengemban bidang manajemen atau program magister pasti sudah nggak asing lagi dengan jenis tes tersebut. FYI, sudah lebih dari ribuan program MBA menggunakan tes GMAT sebagai prediktor untuk kinerja siswa. Mengingat contoh soal tes GMAT termasuk challenging, sangat baik untuk latihan dan mempersiapkannya dari jauh hari. Untungnya saat ini ada cara yang asyik untuk belajar GMAT! Salah satu yang praktis yaitu belajar secara online!

Sebelum mencoba ‘platform’ virtual untuk latihan contoh soal tes GMAT, ketahui dulu seperti apa GMAT itu sendiri! GMAT atau The Graduate Management Admission Test adalah tes berbasis komputer dalam Bahasa Inggris yang menguji para pendaftar program studi MBA, bisnis, maupun manajemen. Tes ini sangat penting karena perannya sebagai tes bakat sekaligus ujian masuk ke sebagian besar program magister universitas di seluruh dunia. Hampir seluruh sekolah memantau skor GMAT sebelum meninjau aspek lainnya dari aplikasi kandidat lho. Seperti yang sempat disebutkan di atas, nilai GMAT memang menjadi indikator kemampuan pelamar untuk bekerja secara intensif dan profesional.

contoh soal tes gmat

Sumber: Pinterest

Soal-soal GMAT terdiri dari empat kemampuan esensial dalam menentukan pencapaian kompetensi akademis pascasarjana, khususnya pada bidang studi manajemen dan bisnis. Empat kemampuan yang perlu kamu kuasai adalah Penalaran Kuantitatif (Quantitative Reasoning), Penalaran Verbal (Verbal Reasoning), Penalaran Terintegrasi (Integrated Reasoning), serta Penulisan Analitik (Analytical Writing). Cukup kompleks… tapi kamu nggak perlu khawatir! Agar bisa menguasai indikator kemampuan secara maksimal, yuk coba latihan dengan contoh soal tes GMAT melalui aplikasi mobile maupun situs web! 

Seiring berjalannya waktu semakin banyak inovasi yang membantu kita. Sekarang kamu bisa belajar melalui sumber kredibel yang ada di internet. Metode ini punya banyak keunggulan, terlebih di masa pandemi yang masih berlangsung. Kamu jadi nggak harus bepergian ke tempat ramai untuk mengurangi mobilitas berisiko. Belum lagi, beberapa platform ini menyajikan persiapan ujian sesuai standar internasional. Jadi, kualitasnya bisa membantu secara efektif dalam meningkatkan pengetahuan serta memaksimalkan keterampilan yang kamu butuhkan! Beberapa rekomendasi yang bersifat gratis dan cukup lengkap untuk kamu akses, yaitu:

1. GMAT Prep & Practice Magoosh

GMAT Prep & Practice Magoosh bisa kamu unduh melalui App Store atau Play Store. Aplikasi ini berisi persiapan GMAT yang lengkap dan bisa membantumu sebelum ujian tiba! Ada latihan soal ujian Matematika dan Verbal beserta penjelasan interaktif berbentuk video dan teks hingga tutorial Matematika, Writing, dan Penalaran Terintegrasi, termasuk video pelajaran. Enaknya, kamu bisa memilih jadwal belajar sendiri dan meminta bantuan tutor jika menemukan kesulitan!

2. Manhattan Prep GMAT

contoh soal tes gmat

Manhattan Prep.

Aplikasi ini bisa kamu akses melalui App Store atau situs web. Manhattan menyajikan 1.100+ soal latihan termasuk feedback hasilnya sehingga kamu bisa merasa seperti ujian sungguhan sekaligus mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam indikator kemampuan. Manhattan menggunakan strategi ujian dan belajar yang telah terbukti komprehensif. Kamu pasti bakal lebih mudah dalam menghadapi GMAT nantinya!

3. GMAT ToolKit 2

Aplikasi GMAT ToolKit 2 bisa kamu unduh melalui App Store! Kamu ingin mencapai skor 700+ dalam GMAT? Contoh soal tes GMAT aplikasi ini bisa membantumu berlatih secara baik dan efektif. Konten mereka sendiri memang langsung berasal dari perusahaan atau badan persiapan ujian Bahasa Inggris. Ada total ribuan jenis soal dari Kaplan, Knewton, Manhattan GMAT, hingga Princeton Review. Kamu juga bisa menikmati fitur flashcard idiom GMAT, deck khusus, dan bahkan forum diskusi bersama GMAT Club dimana kamu bisa berkomunikasi dengan mereka yang berhasil mencetak skor tertinggi!

4. Test Guide – Free GMAT Practice Test

contoh soal tes gmat

Test Guide.

Media latihan GMAT yang satu ini hanya bisa kamu akses dengan mengunjungi situs webnya. Test Guide dibentuk oleh Trevor Klee—dimana ia menjalankan perusahaan bimbingan belajar sendiri dan sempat berhasil meraih skor 1% teratas dari yang lainnya. Test Guide – Free GMAT Practice Test bersifat gratis dan soal-soalnya sudah update hingga tahun ini lho! Kamu bisa menemukan berbagai jenis pertanyaan yang serupa dengan ujian GMAT sebenarnya termasuk penilaian otomatis dengan penjelasan jawaban. Dengan mengetahui materi mana saja yang paling kamu kuasai, kamu jadi bisa fokus untuk mempelajari soal lainnya!

5. VeritasPrep Free GMAT Practice Test

VeritasPrep GMAT bisa kamu akses melalui situs web! Isinya sangat lengkap. Ada soal-soal AWA, 12 Integrated Reasoning, 31 Quant, dan 36 Verbal. Kamu bisa mendapatkan satu tes latihan dengan laporan skor serta analisis kinerjanya secara gratis. Dalam artian, kamu bisa menelaah penjelasan mendalam dari setiap pertanyaan yang ada, letak kesalahan, dan bagaimana cara menghindarinya. Sangat bermanfaat dalam membantu menaklukkan kekurangan dan memaksimalkan kemampuanmu, bukan?

Sumber: Unsplash

Nah, itu dia 5 rekomendasi platform belajar GMAT secara virtual tanpa mengeluarkan biaya. Sangat bervariasi kan? Bisa belajar dimana saja dan kapan saja yang kamu inginkan. Super fleksibel! Kamu pun bisa memperkaya sumber latihan dengan mencoba lebih dari satu platform di atas. Satu hal penting yang perlu kamu ketahui, mempelajari GMAT memerlukan waktu dan proses ya. Semakin sering kamu berlatih, maka akan semakin ‘jago’ kamu dalam menyelesaikannya! Oleh karena itu, coba atur jadwal rutin dalam latihan soal-soal GMAT sebelum waktu ujian. 

Selain mempelajari soal-soal latihan, strategi lain yang bisa kamu lakukan adalah setidaknya menyediakan waktu enam bulan untuk kursus persiapan GMAT seperti di SUN English—salah satu English Test Prep terkenal. Yang terakhir, sempatkan untuk mengevaluasi kembali kekurangan dan kelebihan kamu dalam menjawab soal GMAT. Nggak perlu ragu untuk meminta bantuan saat menghadapi kesulitan! Kamu boleh diskusi atau sharing dengan mentor ataupun teman-temanmu mengenai soal-soal GMAT. Mana tahu kan kamu bisa mendapatkan ilmu baru dari teman yang membantu? Hihi.

Sisanya, lakukan semua dengan niat besar, usaha, dan ikhtiar. Seimbangkan juga dengan berdoa. Yakinlah bahwa kamu pasti bisa menyelesaikan GMAT dengan lancar dan meraih hasil yang memuaskan. Usaha yang keras nggak akan membohongi hasil kok! You’d definitely make it and score the best!

Tetap semangat dan semoga berhasil ya, teman-teman!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.