CHALLENGE YOURSELF AND WIN UP TO 6 MILLION RUPIAHS
23 Juli 2019
Oprah Winfrey, Pengusaha Sukses Asal Amerika
26 Juli 2019

Belajar di “Best Robotics Engineering School”: Oregon State University

Sumber: hercampus.com

Grad School Hub menempatkan Oregon State University sebagai salah satu sekolah teknik robotika terbaik di Amerika Serikat. Penilaian ini dilakukan pada program pascasarjana yang ditawarkan oleh sekolah-sekolah yang terdapat dalam Daftar Sekolah dengan Program Robotika oleh NASA. Oregon State University berada di peringkat keempat dalam daftar yang terdiri dari 20 sekolah robotika terbaik tersebut.

Robotics at Oregon State University

Sumber: gazettetimes.com

Universitas yang berdiri sejak tahun 1868 tersebut dinilai memiliki program gelar untuk bidang robotika yang spesifik di tingkat pascasarjana. Di banyak universitas, bidang robotika seringkali tidak berada di program gelar spesifik, melainkan hanya menjadi bagian dari program teknik lainnya. Ada pula program gelar teknik yang memuat robotika bersama beberapa bidang lain seperti automasi dan desain.

Robotics at Oregon State University

Sumber: mime.oregonstate.edu

Oregon State University memiliki institusi khusus dalam bidang robotika yaitu Collaborative Robotics and Intelligent Systems Institute (CoRIS) yang berada dalam naungan College of Engineering. Dibentuknya CoRIS adalah sebagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang “masa depan” dan bagaimana robot dapat diberdayaan untuk kehidupan manusia. CoRIS juga menjadi rumah bagi program-program serta riset dalam bidang robotika di Oregon State University.

Roboticas at Oregon State University

Sumber: mime.oregonstate.edu

Program gelar pascasarjana robotika yang ditawarkan di sini terdiri dari tingkat master dan doktoral. Masing-masing dari program tersebut spesifik hanya pada bidang robotika yaitu MS in Robotics dan Ph.D in Robotics. Untuk mengambil program pascasarjana dalam bidang robotika, siswa harus telah menyelesaikan program gelar empat tahun dengan IPK minimal 3.00. Persyaratan lainnya yang harus dipenuhi adalah keterampilan berbahasa Inggris dengan TOEFL PBT 550/IBT 80 atau IELTS 6.5.

Robotics at Oregon State University

Sumber: mime.oregonstate.edu

Pada tahun 2016, Agility Robotics bekerjasama dengan Oregon State University untuk membuat sebuah robot bernama Cassie. Cassie merupakan sebuah robot yang dapat berjalan dan berlari layaknya manusia dan hewan. Robot ini mampu berjalanan di medan yang kompleks dan berbeda-beda sehingga cocok untuk pencarian dan penyelamatan serta pengiriman barang. Sebelum Cassie diciptakan, Dynamic Robotcs Laboratry di OSU juga telah menciptakan prototipenya yang dinamai ATRIAS.

Comments are closed.