buku yang wajib dibaca mahasiswa
10 Rekomendasi Buku yang Wajib Dibaca Oleh Mahasiswa
20 Oktober 2020
biaya kuliah s2 di prancis
Mengintip Biaya Kuliah S2 di Prancis, Mahal Nggak Ya?
22 Oktober 2020

Berapa Lama Mengurus Visa Pelajar Italy?

Sumber: Freepik

Italia memegang peranan penting dalam pendidikan tinggi di Eropa. Negara ini termasuk sebagai salah satu dari empat (4) negara yang mencetuskan “European Area of Higher Education” dan memiliki riset ilmiah yang selalu aktif. Terutama penelitian yang berkaitan dengan energi, lingkungan, dan transportasi. No wonder ada banyak universitas di Italia yang menduduki peringkat terbaik dunia! Pelajar se-internasional pun jadi banyak yang mengincar negara ini dan mempersiapkan segala studinya—mulai dari pertimbangan pilihan jurusan, persiapan pendaftaran, sampai menghadapi berapa lama proses mengurus visa Italy.

Sumber: Freepik

Di Italia, kamu bakal menemukan keragaman dan budaya berkarakteristik yang bisa memberikan pengalaman studi menarik. Setiap kota punya ceritanya masing-masing, tetapi di setiap sudutnya kamu berkesempatan menyaksikan budaya unik, kuliner, gaya hidup Mediterania, seni Italia, sejarah kuno Roma, serta mengunjungi tempat-tempat ikonik dan berkesan! Menarik bukan? Kamu bisa memaksimalkan waktu studi di Italia sekaligus mengeksplor banyak hal. Namun, jangan lupa, kamu harus mempersiapkan visa dulu sebelum memulai seluruh kegiatan ini!

Berbicara mengenai visa, yes, ini adalah hal penting yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat studi. Untuk calon pelajar asal Tanah Air yang bertanya-tanya, “berapa lama mengurus visa Italy untuk kuliah?”, jawabannya adalah tergantung durasi studi yang kamu jalani! Biar lebih jelasnya, yuk simak poin-poin penting mengenai visa di negara ini:

1. Student Visa

Pertama, mahasiswa luar Uni Eropa terbagi menjadi dua kategori:

a. Mahasiswa Program Pendek 

Hanya memerlukan waktu kurang dari 90 hari.

b. Mahasiswa Program Studi Jangka Panjang

Menjalani program perkuliahan yang lebih dari 90 hari seperti sarjana, pascasarjana dan program lainnya. 

Kamu yang menjalani program kurang dari 90 hari tidak memerlukan visa tetapi harus mengisi pengajuan untuk Presence Declare dalam waktu 8 hari setelah ketibaan di Italia yang membutuhkan biaya. Sementara Student Visa diperuntukkan bagi siswa yang menjalani perkuliahan lebih dari 90 hari dan berlaku selama masa studi berlangsung. 

2. Proses Pengurusan Visa

Sumber: Freepik

Nah, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus visa Italy bagi pelajar internasional? Umumnya, proses tersebut memerlukan waktu antara 4-7 hari kerja untuk mendapatkan keputusan atas pengajuan aplikasi visa dan dapat diperpanjang sesuai dengan tipe visa yang diminta. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengajukan permohonan visa paling tidak 2 minggu sebelum tanggal perjalanan yang direncanakan. 

Jika bingung dengan pengurusan visa, kamu bisa mempercayakannya kepada Konsultan Pendidikan Internasional ataupun langsung menghubungi kedutaan Italia terdekat. Begitu kamu menerima surat penerimaan dari universitas yang kamu tuju, segeralah membuat janji untuk pembuatan visa! 

3. Dokumen Penting yang Diperlukan

Persiapkan dengan baik segala jenis dokumen yang diperlukan saat berencana mengajukan visa Italia. Mulai dari formulir lengkap pendaftaran visa yang telah ditandatangani, paspor yang masih berlaku selama jangka waktu kuliah nanti di Italia, foto dengan ukuran paspor, dua halaman kosong paspor, dan surat pernyataan kesanggupan finansial selama tinggal di Italia. 

Kamu juga bisa melengkapi pengajuan visa dengan dokumen tambahan lainnya. Seperti asuransi kesehatan, bukti pembayaran program kuliah, offer letter dari universitas, dan juga bukti akomodasi di Italia. Selain itu, harga visa yang kamu ajukan dan persyaratan dokumennya bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dari kedutaan. So, pastikan kamu mencari informasi yang paling update dan kredibel agar tidak ada ketentuan yang tertinggal ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.