kehidupan di singapura
Kehidupan Kuliah yang Seru di Singapura
10 Agustus 2021
pengalaman toefl ibt
Mau Pengalaman TOEFL iBT dengan Skor Tinggi? Intip 5 Tips Ini!
12 Agustus 2021

Berapa Lama Ya Sebaiknya Mempersiapkan Tes TOEFL?

lama tes toefl

Sumber: Freepik

Yang masih jadi pelajar ataupun sudah bekerja, pasti sejak dari sekolah menengah sudah familiar dengan TOEFL! Sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris ini akan kamu butuhkan jika ingin berkuliah di luar negeri, mendaftar sebuah program, atau sebagai lampiran persyaratan. TOEFL sendiri merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language yang dibuat oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Jenisnya beragam dan lama tes TOEFL bergantung pada jenis tes itu juga. Sebagai fakta, sertifikasi ini memang termasuk lumayan menantang. Bener nggak? Hihi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkannya dengan baik agar mendapatkan hasil semaksimal mungkin!

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, TOEFL ada berbagai macam. Jenisnya ada tiga dan semuanya memiliki nilai perhitungan serta skor yang berbeda. Ketiga jenis TOEFL tersebut yaitu PBT, CBT, dan iBT. Lama tes TOEFL berkisar antara 2 sampai 4 jam. TOEFL PBT menggunakan kertas dan lembar jawaban dengan durasi uji 2 hingga 2,5 jam. TOEFL CBT menggantikan PBT-TOEFL dengan menggunakan komputer dan durasi uji nya 2 hingga 2,5 jam. Yang terakhir, TOEFL iBT berlaku se-internasional dengan menggunakan komputer dan jaringan internet serta berdurasi selama 4 jam. 

lama tes toefl

Sumber: Freepik

Umumnya, TOEFL memiliki empat bagian pengerjaan. Mulai dari grammar structure and written expression, listening comprehension, reading comprehension, sampai writing. Untuk menyelesaikan TOEFL secara lancar dengan hasil memuaskan, sudah jelas kamu harus meningkatkan indikator kemampuan penting dalam Bahasa Inggris! Pastikan bahwa kamu menguasai writing, reading, dan juga listening. Kamu mungkin akan bertanya-tanya, “Bagaimana ya caranya mempersiapkan TOEFL?” atau “Berapa lama waktu yang harus kita punya untuk siap menghadapi TOEFL?”. Sebenarnya rentang waktu itu bisa menjadi sangat relatif lho. Pada akhirnya akan bergantung pada metode dan bagaimana progress kamu saat belajar.

Lama tes TOEFL hanya berjam-jam tetapi persiapan yang kalian lakukan bisa memakan waktu lebih dari sebulan. Hal ini dilakukan agar kamu siap mental dalam menghadapi tes dan mudah dalam mengerjakan. Jika belum memahami Bahasa Inggris secara umum, sebaiknya lakukan persiapan sejauh mungkin dari waktu penyelenggaraan tes! Waktu lebih dari 3 bulan sudah cukup baik untuk adaptasi dan membiasakan diri dengan tes TOEFL. Sementara jika kamu sudah memahami bahasa Inggris secara umum, ini bisa jadi bekal pemahaman Bahasa Inggris yang sangat baik. Kamu bisa meluangkan waktu hingga tiga bulan. Tiga bulan adalah jumlah waktu yang lumayan dalam mempersiapkan indikator penting kemampuan TOEFL. Kamu juga bisa sekaligus mengenal format tes TOEFL lengkap dengan struktur serta detailnya.

Nah, apa saja sih strategi belajar yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan TOEFL? Berikut ini cara efektif yang bisa membantumu menaklukkan TOEFL nantinya!

1. Perbanyak Membaca

Membaca literatur berbahasa Inggris bisa bikin kamu familiar dan memperkaya kosakata baru. Daya pikirmu akan terlatih dalam mengenal kata, struktur, dan makna keseluruhan bacaan. Kalau ketemu soal reading dalam TOEFL, kamu jadi bisa memahami bacaan Bahasa Inggris secara luas dengan mudah!

2. Memperluas Ilmu Pengetahuan

lama tes toefl

Sumber: Unsplash

Coba deh sering-sering ‘ngulik’ majalah, berita online, atau konten sosial media berbahasa Inggris. Kamu juga bisa membaca karya ilmiah dan jenis tulisan formal lainnya. Dalam TOEFL iBT biasanya ada beberapa soal yang membahas topik pengetahuan umum. Strategi belajar ini penting untuk memperluas wawasanmu dalam berbagai macam bidang pengetahuan seperti sains, budaya, politik, maupun ekonomi. Dengan begitu, pemahaman umum yang kamu miliki menjadi lebih kontekstual dan luas!

3. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Selain efektif dan simpel, mendengarkan lagu termasuk kegiatan seru dan menyenangkan! Kamu bisa melakukannya dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Apapun genre favorit lagu Bahasa Inggrismu—dari pop, rock, r&b, hip-hop, atau jazz, kamu bisa menikmati alunannya sembari memahami lirik dan arti keseluruhannya. Nggak hanya mengasah kemampuan listening, mendengarkan lagu juga akan membantumu memperkaya pengetahuan kosa kata.

4. Latihan Soal TOEFL

lama tes toefl

ELSA.

Metode belajar ini penting agar kamu bisa mengetahui seperti apa gambaran TOEFL sebenarnya! Kamu bisa coba mengerjakan soal-soal TOEFL gratis di internet atau yang lebih gampangnya—aplikasi belajar TOEFL yang bisa diunduh dalam smartphonemu. Saat ini pilihan aplikasi belajar TOEFL banyak yang gratis dan nggak kalah berkualitas. Ada yang pembelajarannya lengkap, fiturnya beragam, dan bahkan punya tampilan UI yang eye-pleasing. Seperti ELSA: Learn and Speak English, Practice for TOEFL® Test Pro 2021, dan TOEFL Prep & Practice from Magoosh.

5. Prioritas Pengerjaan Bagian Soal

Latihan soal TOEFL sebelumnya akan membantu ‘memetakan’ dimana titik lemah dan terkuatmu. Misalnya, kamu memerlukan effort lebih dalam memahami soal listening. Soal-soal yang menjadi titik lemahmu ini bisa membuatmu menghabiskan banyak waktu untuk berpikir dan berhenti di bagian tersebut. Kuncinya, lakukan prioritas pengerjaan soal. Jika cukup sulit, kamu bisa mengerjakan yang lain terlebih dahulu lalu kembali ke soal tersebut. Jangan sampai durasi lama tes TOEFL habis karena kamu berkutat disitu saja. Setelahnya, baru kamu coba asah kembali kemampuan menjawab dalam kategori soal yang kurang dikuasai.

6. Jawab Seluruh Pertanyaan

Sumber: Freepik

Merapat sedikit ke ‘strategi’ saat kamu harus menghadapi tes nanti. Yang terakhir ini nggak kalah penting ya! Jangan biarkan lembar jawabanmu kosong. Pastikan menjawab seluruh soal yang ada meski sudah berusaha 10000% kamu masih nggak se-yakin itu dengan jawaban sendiri. Namun, bukan artinya kamu terus fokus dengan jawaban ‘nggak yakin’ tersebut. Kamu masih bisa mengusahakan dengan cara menyaring pilihan-pilihan jawaban yang sudah pasti salah saat menemukan pertanyaan yang membuat kamu ragu. Setelah itu, coba membuat tebakan dan sudut pandang yang sekiranya masuk akal. Siapa yang tahu apa hasil kedepannya kan? Yang pasti kamu sudah berusaha semaksimal mungkin!

Well, itu dia beberapa strategi penting yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan TOEFL. Kira-kira yang mana saja nih sudah kamu aplikasikan? Usahakan untuk menyusun waktu dan memaksimalkan kesempatan belajar yang ada ya. Biar kalau lihat skor TOEFL nanti kamu bisa jejingkrakan karena senang dan bangga! Hihi. Terakhir, jangan lupa untuk mendaftar TOEFL dari jauh-jauh hari karena antriannya nggak menentu. Bisa saja kamu akan memulai tes paling cepat 1-2 bulan kemudian atau bahkan mendapatkan slot di minggu depan jika sedang nggak padat. So, segera persiapkan dari sekarang dan terus semangat ya! Semoga hasilnya sesuai dengan yang kamu harapkan dan usahakan.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.